Fungsi Sabuk Pengaman dan Airbag Dalam Keselamatan Berkendara

0
141
Pungsi Sabuk Pengaman dan Airbag Dalam Keselamatan Berkendara
Pungsi Sabuk Pengaman dan Airbag Dalam Keselamatan Berkendara

Airbag adalah salah satu inovasi keselamatan kendaraan terpenting sepanjang masa. Dari 1987 hingga 2020, airbag menyelamatkan banyak orang yang kecelakaan hingga airbag bisa menyelamat banyak orang. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu sampai mereka terlibat dalam tabrakan.

Jika mobil mengalami kecelakaan yang menyebabkan penyebaran kantong udara atau  mempunyai kendaraan yang menggunakan airbagnya, penggantian kantong udara akan diperlukan untuk melindungi agar tidak terluka saat guncangan.

Ada berbagai bagian untuk dievaluasi tergantung pada airbag yang digunakan seperti: sensor airbag depan, airbag ECU, airbag pengemudi, airbag penumpang, sabuk pengaman pretensioner depan, dashboard (pada beberapa model, airbag penumpang dipasang di dashboard , dan bagi pengemudi mobil airbag dipasang di setir mobil.

Untuk mengetahui total biaya penggantian airbag untuk menghindari  Sebelum kita masuk ke biaya penggantian airbag rata-rata.

Apa itu Airbag?
Airbag kendaraan adalah bentuk pengaman keselamatan yang digunakan bersama dengan sabuk pengaman untuk melindungi kepala dan tubuh pengemudi dan penumpang kendaraan jika terjadi kecelakaan di bagian depan atau samping. Airbag lebih akurat dikenal sebagai Sistem Pengendalian Tambahan, atau SRS.

Mobil penumpang telah diproduksi sejak tahun 1998, dan pickup, SUV, dan van sudah memilikinya sejak 1999. Airbag samping masih tidak memilikinya di beberapa kendaraan yang diproduksi saat ini, meskipun banyak produsen memasukkannya dalam paket standar.

Bagaimana Airbag Bekerja?
Airbag dengan cepat dipompa oleh ledakan yang terkendali jika kecelakaan cukup parah, kemudian mengempis saat bersentuhan dengan kepala atau tubuh pengemudi.

Tabrakan dideteksi oleh sensor tumbukan, yang mengubah penurunan akselerasi menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU airbag. Komputer ini kemudian menginstruksikan airbag untuk digunakan.

Selama tumbukan, berhenti mendadak dapat menyebabkan cedera parah pada pengemudi atau penumpang karena inersia (resistensi terhadap perubahan gerakan, seperti perubahan arah gerakan atau kecepatan).

Sabuk pengaman membantu menahan tubuh pengemudi atau penumpang, tetapi kepala memerlukan sesuatu agar tidak bertabrakan dengan dashboard atau kaca depan – di situlah kantung udara depan masuk. Kantung udara sekunder di lokasi lain membantu melindungi berbagai bagian tubuh.

Komponen Sistem Airbag
Airbag pengemudi dan penumpang (setir, dash, dan terkadang di pintu dan atau kursi)
Sensor dampak
Alat penyala
Lampu peringatan SRS
Sakelar kursi penumpang
Inflator kembang api
ECU
Pretensioner sabuk pengaman

Semua komponen ini terhubung dalam sistem airbag.seperti: sensor tabrakan, spring jam, dan pretensioner sabuk pengaman. Bahkan ECU perlu penggantian atau jika mungkin, diatur ulang.

Meskipun belum tentu bagian dari sistem SRS, setir, bagian dasbor, atau kursi mungkin perlu diganti atau diperbaiki pada saat ini tergantung pada airbag yang digunakan.

Biaya Rata-Rata Penggantian Airbag
biaya untuk mengganti kantong udara
Dengan begitu banyak komponen yang perlu diperbaiki atau diganti, total biaya untuk penggantian airbag dari orang yang  profesional tergantung Biaya tenaga kerja mencakup sekitar sepertiga dari total.

Jumlah aktual tergantung pada banyak faktor termasuk komponen, pembuatan, dan model kendaraan, lokasi , jumlah airbag, dan jenis bagian terkait lainnya yang mungkin perlu diganti (seperti dasbor, komputer airbag, pegas , sensor, panel instrumen, kaca depan, dan setir).

Airbag lutut dan gorden samping tidak seperti biasa pada kantung udara depan tetapi juga perlu diganti jika dipasang. Berharap untuk menghabiskan hampir sama dengan airbag sisi penumpang meskipun angka-angka ini dapat bervariasi tergantung pada desain dan ukuran airbag.

Setelah penyebaran, kendaraan dengan sabuk pengaman sabuk pengaman juga akan membutuhkan yang diperbaiki atau diganti. Berharap untuk memperbaiki pretensioner dan bahkan lebih banyak untuk mengganti dengan komponen baru.