Lampu Peringatan Baterai Menyala di Dashboard Mobil

0
549
Lampu Peringatan Baterai Menyala di Dashboard Mobil
Lampu Peringatan Baterai Menyala di Dashboard Mobil

Saat mengemudi, selalu penting untuk memperhatikan sinyal yang dikirimkan mobil kepada sopir. Banyak dari ini dapat dilihat sebagai simbol kecil yang menyala di dashboard. Tetapi apa yang harus Anda lakukan jika lampu peringatan baterai menyala?

Sebagian besar kendaraan modern memiliki baterai 12 volt. Kendaraan listrik biasanya memiliki salah satu baterai ini serta baterai kendaraan listrik khusus, agar kendaraan dapat menggunakan aksesori konvensional yang dibuat untuk digunakan dengan baterai 12 volt.

Jika tegangan yang diciptakan oleh sistem pengisian listrik terlalu rendah, lampu peringatan baterai menyala untuk menunjukkan bahwa baterai tidak dapat diisi dengan benar. Tanpa baterai pengisian, kendaraan tidak akan berjalan lama.

Cara Kerja Baterai Kendaraan
bagaimana aki mobil bekerja
Baterai digunakan untuk menyimpan energi agar kendaraan dan aksesorinya berfungsi. Energi kimia yang disimpan dalam baterai adalah bagaimana kendaraan dapat dimulai pada awalnya dan kemudian saat dijalankan, baterai diisi ulang.

Pengisian daya terjadi ketika dinamo jalan memutar sabuk alternator (juga dikenal sebagai sabuk serpentine atau sabuk aksesori) yang memutar rotor di dalam alternator (yang kadang-kadang disebut sebagai generator).

Alternator mengambil energi kinetik dari katrol yang berputar dan mengubah sebagian energi ini menjadi daya AC, yang kemudian diubah menjadi arus DC dan disimpan dalam baterai. Energi ini kemudian digunakan untuk menyalakan hal-hal seperti lampu depan, jendela listrik, kursi berpemanas, radio, AC, pemutar DVD, dan pengisi daya ponsel.

Regulator tegangan mempertahankan voltase yang diinginkan saat mengisi baterai. Ini sering merupakan komponen dari unit kontrol mesin (ECU).

Arus (terbuat dari elektron) mengalir dari satu pos baterai, melalui aksesori, lalu ke pos baterai lainnya. Berbagai kabel di sekitar ruang engine yang disebut ground strap menghubungkan bagian-bagian kabel harness ke sasis, yang membantu menyelesaikan berbagai sirkuit.

Alasan Utama Lampu Baterai Menyala
Setiap kali kendaraan dinyalakan, lampu peringatan baterai harus menyala sebentar, lalu mundur setelah beberapa detik. Ini adalah uji sistem yang menunjukkan lampu baterai di dasbor, bersama dengan komponen yang dipantau dari sistem pengisian daya, berfungsi seperti yang diharapkan.

Lampu peringatan untuk baterai akan tetap hidup jika ada kesalahan terdeteksi dalam sistem pengisian. Jika ini terjadi, ada sejumlah penyebab potensial untuk diperiksa saat pemecahan masalah.

Keselamatan penting setiap kali bekerja dengan sistem kelistrikan, jadi periksalah manual pemilik Anda untuk kiat umum. Sebaiknya kenakan sarung tangan atau kacamata untuk melindungi mata Anda jika asam baterai terciprat, dan sarung tangan karet untuk melindungi Anda dari kejut. Putuskan sambungan baterai sebelum membersihkan atau memeriksanya dengan cermat.

Jika baterai mengalami masalah pengisian, Anda harus melihat gejala lain seperti lampu redup, jam berjalan lambat, atau hal-hal seperti AC atau radio tidak berfungsi.

1 – Baterai Buruk
tegangan baterai
Baterai 12 volt normal memiliki umur 3 hingga 5 tahun. Beberapa produsen menggembar-gemborkan umur yang lebih panjang, tetapi baterai tidak diharapkan untuk bertahan selama itu.

Baterai konvensional ini masing-masing memiliki pelat timah dioksida dan pelat timah yang terendam dalam larutan elektrolit asam sulfat di masing-masing dari enam sel. Dengan bertambahnya usia, sel-sel atau pelat bisa pecah dan larutan elektrolit bisa bocor. Jika ini terjadi maka baterai perlu diganti.

Kabel yang buruk atau alasan yang buruk juga dapat menyebabkan baterai tidak menerima atau menahan daya.

2 – Alternator Buruk
alternator tidak mengisi baterai
Relatif mudah untuk memeriksa fungsi alternator dengan multimeter. Tegangan harus antara 13,6 volt dan 14,6 volt. Jika tegangannya kurang dari 12 volt, lampu baterai terpicu dan Anda kemungkinan harus mengganti alternator.

Regulator tegangan, komponen yang membatasi output hingga batas aman 14,5 volt, juga bisa menjadi penyebabnya jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3 – Belt Alternator Buruk
sabuk rusak
Sabuk alternator sangat penting karena menghubungkan alternator, mesin, dan aksesori bersama. Sabuk bisa retak seiring bertambahnya usia atau bahkan benar-benar putus. Mereka juga bisa tidak selaras, terlalu ketat, atau terlalu longgar.

Jika sabuk alternator yang buruk adalah penyebab lampu peringatan baterai, itu juga dapat menyebabkan decitan dari kap mobil saat kendaraan berjalan.

4 – Terminal Baterai Yang Berkarat
korosi aki mobil
Terminal baterai positif dan negatif adalah saluran untuk listrik, jadi penting untuk tidak meningkatkan daya tahan dengan menutupinya dengan zat lain yang merupakan konduktor yang buruk. Komponen listrik yang terkorosi adalah konduktor yang buruk. Ini sering menjadi sumber koneksi buruk dalam sistem yang sehat.

Korosi adalah produk putih, biru, atau hijau dari reaksi yang terjadi dengan penggunaan normal dan dipercepat oleh panas yang terus-menerus, sehingga iklim panas dikaitkan dengan lebih banyak korosi.

Ini adalah zat asam dan akan menghilangkan cat kendaraan dan mengiritasi kulit Anda, jadi berhati-hatilah. Karat khas memiliki warna kemerahan dan juga dapat mempengaruhi konduktivitas komponen listrik.

Jika Anda melihat korosi pada terminal baterai Anda, jangan gunakan alat pengaman yang sesuai dan bersihkan terminal dengan sikat berbulu kaku dan larutan 1 sendok makan baking soda yang dilarutkan dalam 1 gelas air. Larutan ini bersifat basa sehingga akan menetralkan asam dalam korosi.

Pembersih terminal baterai adalah sikat khusus yang dirancang khusus untuk membersihkan pos baterai dan bagian dalam terminal. Mereka murah dan mungkin membuat pekerjaan sedikit lebih mudah.

5 – Kabel Baterai Longgar
aki mobil lemah
Kabel baterai harus pas di sekitar terminal baterai untuk memberikan koneksi yang baik. Anda seharusnya tidak dapat memutar ujung kabel dengan tangan di sekitar pos baterai.

Jika tampaknya tidak ada koneksi yang baik, kencangkan dengan kunci pas atau tang sehingga pas. Beberapa baut baterai dapat terlepas jika terlalu kencang, jadi pastikan untuk tidak berlebihan.

6 – Kabel Baterai Buruk
aki mobil buruk
Kabel baterai menyalurkan daya dari baterai ke kendaraan itu sendiri. Jika daya tidak dapat mencapai kendaraan, itu tidak dapat digunakan, jadi kabel ini kecil tapi kuat.

7 – Bad Ground Strap
gejala kawat tanah engine buruk
Tali arde, atau kabel arde, melengkapi sirkuit berbagai komponen di sekitar kendaraan sehingga listrik dapat mengalir sebagaimana mestinya. Jika tali pengardean rusak atau terlepas, baterai mungkin tidak dapat mengisi daya.

Kemungkinan besar, Anda akan melihat subset komponen tertentu di area lokal mulai bertindak jika tali pengikat longgar atau terkorosi.

8 – Kabel Rusak
kabel alternator
Ada banyak kabel yang terlibat dalam sistem pengisian listrik sehingga jika ada yang rusak atau terputus maka lampu peringatan baterai bisa menyala.

Kabel biasanya rusak di sekitar konektor daripada lebih jauh memanfaatkan kabel. Kabel dan konektor mungkin menjadi kaku dan rapuh dengan bertambahnya usia.

9 – Terlalu Banyak Asesoris yang Digunakan
terlalu banyak aksesori listrik di mobil
Karena aksesori kendaraan lepas dari sabuk alternator, yang juga merupakan cara baterai diisi, menggunakannya secara berlebihan dapat menyedot terlalu banyak listrik, membuat baterai “lapar”.

Ini kadang-kadang dapat terjadi dengan sistem suara aftermarket yang menggunakan amplifier yang mengkonsumsi lebih banyak daya daripada yang bisa ditangani oleh alternator. Biasanya ini adalah kasus ketika menambahkan subwoofer yang besar dan haus daya.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Lampu Peringatan Baterai Menyala
Jika Anda mengemudi dan lampu peringatan baterai menyala, ketahuilah bahwa Anda mungkin tidak punya banyak waktu lagi untuk mengemudi sebelum kendaraan Anda mati. Cobalah pulang atau ke mekanik sesegera mungkin.

Untuk memaksimalkan jus yang tersisa di baterai, kurangi beban aksesori hingga yang paling penting – matikan sistem HVAC, jangan gunakan power windows, lepaskan ponsel Anda dari charger, dan bernyanyi untuk diri sendiri alih-alih menggunakan radio (Anda mungkin ingin agar jendela tetap terbuka).

Apa pun yang Anda lakukan, jangan matikan mesin sampai Anda mencapai tujuan! Motor starter membutuhkan banyak listrik dan jika tidak ada cukup daya baterai maka kendaraan tidak akan mulai.

Perhatikan pengukur suhu Anda, karena terlalu panas dapat menjadi masalah terkait dengan masalah pengisian daya.