Beberapa Geja kerusakan Pada Mobil Menurut Umur Kendaraan

0
332
Beberapa Geja kerusakan Pada Mobil Menurut Umur Kendaraan
Beberapa Geja kerusakan Pada Mobil Menurut Umur Kendaraan

Mobil menjadi semakin kompleks selama bertahun-tahun, dan dengan itu semakin banyak gejala yang dapat berarti banyak hal. Untungnya, banyak dari gejala ini dapat didiagnosis dan diatasi tanpa peralatan khusus.

Jika mobil Anda tersentak saat berakselerasi, itu bisa menjadi indikasi beberapa masalah saat ini atau potensial. Di sini kita akan membahas penyebab paling umum dan cara mengatasi masalah tersebut.

Mengapa Mobil Anda Tersentak, Lurches, atau Stutters Ketika Anda Mempercepat
Ketika mobil terasa seperti tersentak, bergelombang, bucking, atau gagap setelah Anda menginjak pedal gas, biasanya itu disebabkan oleh bahan bakar, udara, atau percikan yang tidak mencukupi selama proses pembakaran.

Namun, ada hal lain yang bisa menjadi penyebabnya. Anda ingin mencari dan memperbaiki masalah sesegera mungkin sebelum menjadi lebih buruk dan lebih mahal untuk diperbaiki.

1 – Injektor Bahan Bakar Kotor
biaya penggantian injektor bahan bakar
Ini adalah masalah umum dan menjengkelkan yang dapat bertanggung jawab atas berbagai masalah. Injektor kotor dapat menyebabkan mobil Anda kehilangan daya dan membuat mobil Anda tersentak saat mengemudi dengan kecepatan konstan atau dari berhenti karena sering terjadi kebakaran mesin. Anda juga dapat mendengar saat mesin berhenti karena asupan bahan bakar yang tidak konsisten.

Pembersihan injektor harus dilakukan secara teratur untuk menghindari masalah ini. Untungnya, proses ini cukup mudah menggunakan injektor bahan bakar atau pembersih sistem bahan bakar.

Namun, injektor dapat begitu kotor dengan endapan karbon sehingga bahkan pembersih injektor bahan bakar terbaik pun tidak dapat melakukannya. Dalam kasus tersebut, Anda harus mengeluarkan injektor untuk mencoba membersihkan secara manual atau hanya menggantinya.

2 – Konverter katalitik yang diblokir

Konverter katalitik bertanggung jawab untuk mengurangi jumlah polutan yang keluar dari knalpot mobil. Ketika campuran udara / bahan bakar di mesin Anda terlalu kaya, penyumbatan dapat berkembang di catalytic converter dari waktu ke waktu yang mengganggu aliran udara dari sistem pembuangan.

Hal ini dapat mengakibatkan gagap, menyentak, dan keterlambatan responsif secara keseluruhan setiap kali Anda menginjak gas. Selain menyentak, gejala lain mungkin termasuk bau telur busuk (hidrogen sulfida), penurunan efisiensi bahan bakar mobil, dan lampu mesin cek mungkin menyala.

Anda mungkin dapat menghilangkan sumbatan kecil dengan terlebih dahulu menggunakan pembersih konverter katalitik yang baik. Jika itu tidak berhasil, Anda harus membawanya ke bengkel otomatis untuk memperbaiki masalah yang kemungkinan termasuk penggantian catalytic converter.

3 – Kerusakan Sensor Aliran Udara Massal
sensor aliran udara massal yang buruk
Jika Anda melihat mobil Anda melaju ke depan atau menyentak pada kecepatan tinggi, itu mungkin karena sensor aliran udara massal (MAF) yang gagal. Tugasnya adalah mengukur jumlah udara yang masuk ke mesin sehingga dapat menyampaikan informasi ini ke komputer mobil.

Komputer kemudian menginstruksikan injektor bahan bakar untuk memberikan jumlah bahan bakar yang tepat pada waktu yang tepat untuk campuran udara / bahan bakar yang tepat.

Dengan sensor MAF yang rusak, Anda mungkin mengalami mobil Anda tiba-tiba menyentak atau melaju ke depan saat mengemudi pada kecepatan yang lebih tinggi seperti di jalan raya di mana ia akan paling terlihat.

Lampu mesin periksa harus hadir ketika sensor aliran udara massal buruk tetapi Anda dapat dengan mudah mengonfirmasi melalui pemindai OBD2.

4 – Pompa Bahan Bakar atau Filter yang Buruk
pompa bahan bakar yang buruk
Penyebab mobil Anda menyentak saat berakselerasi sering kali adalah masalah pasokan bahan bakar. Ketika jumlah bahan bakar yang benar tidak dikirimkan ke mesin, seringkali yang terbaik adalah memulai dari awal.

Dalam hal ini akan menjadi pompa bahan bakar mobil. Pompa bahan bakar yang gagal akan berjuang untuk mengikuti permintaan bahan bakar dan menyebabkan mobil Anda menyentak atau melaju ke depan saat mengemudi.

Atau, Anda mungkin memiliki filter bahan bakar tersumbat yang membatasi aliran bahan bakar yang juga dapat menyebabkan masalah karena pengiriman bahan bakar tidak konsisten. Mengganti filter bahan bakar adalah proses yang cukup sederhana dan murah.

5 – Filter Udara Kotor
filter udara kotor
Saat Anda membaca artikel ini, Anda akan melihat campuran udara / bahan bakar yang tidak tepat sering menjadi penyebabnya jika mobil Anda tersentak atau berdecit saat berakselerasi. Di seberang sisi bahan bakar, adalah asupan udara yang tepat.

Ketika tidak cukup udara yang masuk ke ruang bakar, Anda akan sering mendapatkan masalah yang sama ketika tidak cukup bahan bakar.

Filter udara mobil Anda adalah garis pertahanan pertama terhadap kotoran dan partikel asing lainnya. Filter udara yang kotor akan memungkinkan beberapa partikel masuk ke mesin, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kinerja dan menyebabkan menyentak.

Filter bersih dapat secara drastis meningkatkan masa pakai mesin mobil Anda, termasuk mengurangi atau menghilangkan sentakan percepatan.

6 – Busi rusak
busi busuk
Salah satu penyebab paling umum juga salah satu yang paling mudah diidentifikasi dan diperbaiki. Selama proses pembakaran, percikan yang baik diperlukan untuk menyalakan bahan bakar di setiap silinder dengan benar.

Busi yang buruk atau kotor dapat mencegah penyalaan yang benar dan akan menyebabkan mesin macet. Saat mengemudi, rasanya seperti kendaraan Anda tersentak atau rana saat berakselerasi.

Memperbaiki masalah ini semudah mengganti steker yang buruk. Jika Anda tidak ingat kapan terakhir kali Anda mengganti busi Anda, mungkin ide yang baik untuk mengganti semuanya. Ini adalah perbaikan cepat dan murah.

7 – Penumpukan Kelembaban
tutup distributor
Pada hari-hari yang lebih dingin, kondensasi dapat terbentuk di bawah batas distributor. Ini terutama terjadi ketika mobil Anda diparkir di luar semalaman. Kelembaban ini akan menyebabkan mesin macet, sehingga mobil Anda akan tersentak saat berakselerasi pada kecepatan rendah.

Untungnya, masalahnya akan hilang begitu air hilang, tetapi penumpukan uap air yang berulang dapat membuat mesin Anda kena pajak seiring waktu.

Anda dapat menghindari masalah ini sama sekali dengan memastikan mobil Anda diparkir di garasi atau lokasi terlindung lainnya. Penutup termal juga dapat membantu mengurangi risiko kondensasi saat berteduh bukan merupakan pilihan dan Anda mengharapkan cuaca yang lebih dingin.

8 – Kabel Akselerator Usang
kabel throttle
Sementara sebagian besar mobil di jalan menggunakan kontrol throttle elektronik drive-by-wire untuk berakselerasi, kabel akselerator fisik (atau kabel throttle) masih ditemukan di banyak kendaraan. Karena berfungsi sebagai penghubung mekanis antara pedal gas dan pelat throttle.

Seiring waktu, kabel akselerator ini bisa aus. Ini akan menyebabkan mobil merespons lebih lambat ketika Anda menekan gas dan meluncur bukannya memberikan akselerasi yang mulus. Anda biasanya dapat melihat kerusakan pada lapisan luar kabel saat memeriksanya, membuat masalah ini mudah didiagnosis.

Kabel yang rusak membutuhkan perhatian segera, karena mobil dapat berhenti berfungsi ketika kabel putus. Pastikan untuk membawanya ke mekanik tepercaya untuk memastikan penggantian dilakukan dengan benar.

9 – Modul Kontrol Transmisi Buruk
biaya penggantian modul kontrol transmisi
Jika Anda mengendarai mobil transmisi otomatis dan melihat mobil Anda tersentak atau terbentur tepat pada saat transmisi Anda berubah, Anda mungkin memiliki modul kontrol transmisi yang salah (atau solenoida).

Mediavine
Bagian ini bertanggung jawab untuk perubahan gigi saat Anda berakselerasi. Perpindahan gigi mungkin tertunda atau tidak dapat diprediksi dan seringkali keras dan mungkin terasa seperti tersentak.