Gejala Oli Transmisi Kurang atau rendah

0
57
Gejala Oli Transmisi Kurang atau rendah
Gejala Oli Transmisi Kurang atau rendah

Saat oli transmisi kendaraan kurang, tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ini karena oli transmisi melumasi permukaan dan komponen sistem transmisi untuk mengurangi gesekan dan mencegahnya aus.

Seperti oli, ketika cairan transmisi berkurang atau buruk, itu dapat menyebabkan masalah serius pada transmisi mobil Anda. Berikut adalah beberapa gejala umum dari cairan transmisi rendah. Jika Anda tidak menambah atau mengganti cairan Anda, Anda mungkin memiliki perbaikan mahal untuk ditangani di masa depan.

Gejala Cairan Transmisi Rendah atau kurang
Anda akan menemukan bahwa hampir semua tanda-tanda fluida transmisi rendah menunjukkan kebocoran cairan transmisi sebagai penyebabnya. Jika salah satu dari gejala berikut muncul, hal pertama yang harus di lakukan adalah memeriksa level cairan transmisi untuk mengonfirmasi.

Saat melakukannya, periksa kondisi cairan. Cairan transmisi baru akan tampak merah dan hampir transparan. Jika warnanya cokelat atau lebih gelap, mungkin memiliki masalah internal. Lihat bagian warna fluida transmisi kami untuk melihat apa yang dikatakan warna fluida tentang kondisinya.

1 – Cairan Transmisi di Lantai Garasi atau Jalan Mobil
biaya untuk memperbaiki kebocoran cairan transmisi
Tanda ini bahwa Anda kehabisan cairan transmisi cukup jelas tetapi sering diabaikan. Ketika Anda melihat genangan kecil atau bercak-bercak cairan merah atau coklat di bawah kendaraan Anda di mana mesin dan transmisi Anda berada, Anda mungkin mengalami kebocoran transmisi.

Ini biasanya karena segel atau gasket yang gagal, sumbat saluran pembuangan yang longgar, atau bahkan kerusakan pada panci transmisi itu sendiri. Beberapa kebocoran sangat kecil, dan sementara Anda akhirnya ingin memperbaikinya, mengawasi tingkat cairan transmisi Anda dan topping off saat dibutuhkan akan membantu Anda. Tetapi untuk sebagian besar kebocoran, Anda ingin segera menyelesaikan masalah ini.

2 – Pertunangan Gigi Lambat
setel peralatan ke taman
Dengan cairan transmisi rendah di kendaraan Anda, Anda akan memiliki penundaan sementara setelah Anda memindahkan tuas persneling ke mundur atau mengemudi. Alasannya adalah bahwa perpindahan gigi tidak dapat terjadi segera jika tidak ada tekanan fluida transmisi yang cukup.

Dengan fluida rendah, perlu waktu hingga 2 atau 3 detik untuk menghasilkan tekanan yang cukup untuk pergantian gigi. Gejala yang sama ini akan muncul jika ada masalah dengan badan katup transmisi Anda jadi jika Anda mengonfirmasi level ATF baik-baik saja, itu kemungkinan penyebab lain.

3 – Trouble Shifting Gear
transmisi manual sulit digeser
Kendaraan transmisi manual dan otomatis keduanya harus memiliki cairan transmisi yang bersih dan dapat mengalir bebas di dalam transmisi Anda. Jika cairan transmisi Anda terkontaminasi oleh kotoran atau bahan lain, maka responsnya akan sangat lamban dan lamban.

Setelah itu mulai terjadi, pemindahan gigi Anda akan menyebabkan gigi berubah terlalu cepat atau terlalu lambat saat Anda mengendarai kendaraan. Jika Anda mengendarai mobil dengan transmisi manual, itu bisa sangat sulit untuk pemindahan gigi biasa dan Anda bahkan mungkin tidak bisa masuk ke gigi tertentu sama sekali.

4 – Suara-Suara Aneh Saat Dipakai

Transmisi yang beroperasi dengan benar harus diam untuk pengemudi. Tetapi jika Anda mulai mendengar suara berderak atau ketukan yang berirama saat di persneling dan tidak saat berada di tempat parkir atau netral, Anda mungkin memiliki masalah dengan konverter torsi Anda karena mobil kekurangan cairan transmisi.

Jika Anda mendengar suara gerinda atau gemerincing saat mengganti persneling, itu mungkin tanda lain bahwa tidak cukup cairan transmisi dalam sistem.

5 – Transmisi Terlalu Panas

Mirip dengan bagaimana motor membutuhkan jumlah oli mesin yang tepat untuk melumasi semua bagian dan mempertahankan suhu operasi yang benar, transmisi memerlukan tingkat cairan transmisi yang memadai untuk menjaganya pada suhu operasi yang tepat. Dengan tidak cukupnya cairan transmisi, transmisi Anda akan cepat menjadi terlalu panas karena gesekan berlebih di antara bagian yang bergerak. Anda mungkin melihat bau yang kuat dari cairan transmisi yang terbakar atau bahkan asap yang berasal dari area transmisi.

Jika Anda melihat salah satu dari ini saat mengemudi, tarik mobil Anda segera dan biarkan semuanya menjadi dingin untuk sementara waktu. Jika suhunya terlalu tinggi, maka Anda mungkin mengalami kerusakan internal yang serius dan mungkin perlu membangun kembali transmisi lengkap.

6 – Selipkan Transmisi Gear
gigi transmisi rusak
Cairan transmisi rendah dapat mengurangi tekanan hidrolik dalam sistem. Jika Anda tidak memiliki tekanan hidrolik yang cukup, Anda tidak akan dapat tetap berada di ge saat ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here