Penjelasan Penyebab Terjadi Kerusakan Pada Transmisi mobil

0
167
Transmisi mobil adalah salah satu komponen terpenting dari setiap mobil. Anda tidak dapat mengoperasikan kendaraan bermotor tanpa roda gigi berfungsi sebagaimana mestinya.
Transmisi mobil adalah salah satu komponen terpenting dari setiap mobil. Anda tidak dapat mengoperasikan kendaraan bermotor tanpa roda gigi berfungsi sebagaimana mestinya.

Transmisi mobil adalah salah satu komponen terpenting dari setiap mobil. Anda tidak dapat mengoperasikan kendaraan bermotor tanpa roda gigi berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi kadang-kadang, Anda mungkin mengalami masalah yang menyebabkan satu atau lebih gigi tidak berfungsi.

Gigi mundur khususnya, mudah diterima begitu saja. Ketika kita ingin mundur dari jalan masuk atau tempat parkir, kita cukup meletakkan mobil “mundur” dan pergi. Banyak pengemudi (penggemar mobil khususnya) ingin kembali ke tempat parkir sebelum mereka parkir.

1 – Cairan Transmisi Rendah (Manual atau Otomatis)
tanda-tanda cairan transmisi rendah
Jika Anda memiliki sedikit cairan transmisi di kendaraan Anda, Anda bisa mengalami masalah membalikkan kendaraan Anda. Cairan transmisi yang rendah dapat menyebabkan semua jenis masalah pada roda gigi, seperti selip gigi, masalah pemindahan gigi, dan roda gigi yang terlalu panas.

Mungkin saja gigi mundur Anda mungkin terpengaruh oleh panas berlebih jika transmisi Anda tidak memiliki cukup cairan di dalamnya untuk melumasi dan membuat roda gigi dan komponen internal tetap dingin. Jika cairan transmisi rendah, tutup cairan untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah dan mencari tanda-tanda kebocoran cairan transmisi. Dalam kasus memiliki cairan rendah, Anda kemungkinan akan mengalami masalah bergeser dengan gigi lain juga. Jadi, jika mobil Anda tidak akan terbalik tetapi drive baik-baik saja, masih layak untuk memeriksa tingkat cairan tetapi penyebabnya mungkin sesuatu yang lain.

2 – Sensor Posisi Transmisi yang Salah (Otomatis)
setel peralatan ke taman
Terkadang yang terbaik adalah memulai dari sumbernya. Ketika mobil transmisi otomatis shift Anda menjadi mundur menggunakan tuas shift, sebuah sensor elektronik memberi tahu modul kontrol powertrain bahwa transmisi kendaraan harus digeser menjadi terbalik.

Jika sensor ini mulai gagal atau mengalami kegagalan fungsi, itu mungkin tidak memungkinkan mobil bergeser mundur. Ini mungkin sering menempatkan mobil ke mode lemas di mana Anda tidak akan bisa bergeser di atas gigi ke-3.

Cari lampu mesin periksa dan cari kode masalah yang sesuai melalui alat diagnostik mobil untuk mengkonfirmasi masalah.

3 – Tubuh Katup Usang (Otomatis)
gejala tubuh katup transmisi buruk
Setiap transmisi otomatis memiliki tubuh katup. Ini adalah komponen besar, seperti labirin yang mengarahkan aliran cairan hidrolik ke katup. Inilah yang memungkinkan mobil untuk memindahkan persneling dengan lancar setiap kali situasi membutuhkannya.

Dalam kasus bodi katup transmisi yang buruk, Anda mungkin mengalami penundaan pemindahan gigi menjadi mundur atau tidak terjadi apa-apa setelah pemindahan gigi mundur dan menginjak gas.

4 – Mekanisme Shifter Kerusakan (Manual)
transmisi manual sulit digeser
Ketika mobil Anda tidak akan mundur dengan transmisi manual dan sulit untuk bergeser, kerusakan dalam shifter biasanya disalahkan. Terkadang mungkin perlu banyak upaya untuk membalikkan shifter atau rasanya ada sesuatu yang menghalangi shifter masuk ke slot mundur.

Paling sering masalahnya adalah dengan linkage shifter atau kabel karena ada sesuatu yang bengkok atau rusak. Pada beberapa mobil, bushing shifter adalah biang keladinya dan menggantinya adalah langkah pertama yang baik (dan murah) untuk memperbaiki masalah tersebut.

5 – Cairan atau Filter Transmisi Kotor (Manual atau Otomatis)
gejala cairan transmisi rendah
Kadang-kadang cairan transmisi terkontaminasi dengan endapan yang cukup mengeras atau gunk lainnya yang benar-benar memengaruhi kendaraan yang berpindah ke gigi mundur atau lainnya.

Meskipun bukan masalah umum, mengganti cairan transmisi dan filter (jika mobil Anda memilikinya) adalah tindakan yang murah.

Periksa kondisi cairan transmisi Anda (lihat bagan warna kami) untuk melihat apakah perlu diganti. Bahkan jika itu tidak memperbaiki masalah gigi mundur, Anda mungkin telah mencegah masalah transmisi di masa depan.

6 – Gigi Rusak pada Gigi Mundur (Manual atau Otomatis)
gigi transmisi rusak
Ini paling umum terjadi pada mobil transmisi manual karena penyalahgunaan driver atau mereka yang belajar mengendarai tongkat dan tidak menggeser gigi dengan benar. Seringkali, Anda akan mendengar bunyi klik atau bunyi yang sangat keras ketika Anda mencoba untuk beralih ke mundur.

Sayangnya, tidak ada perbaikan yang mudah untuk ini dan transmisi harus ditarik dan gigi diganti.

7 – Dering Lockout Ring (Manual)
cincin penguncian terbalik yang buruk
Tujuan dari cincin penguncian adalah untuk mencegah Anda secara tidak sengaja bergeser ke belakang saat mobil bergerak maju (yang akan sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan serius).