Apa yang Terjadi Jika Salah Mengisi Bensin di Mesin Diesel ? Berikut Penjelasanya

0
181
Apa yang Terjadi Jika Salah Mengisi Bensin di Mesin Diesel
Apa yang Terjadi Jika Salah Mengisi Bensin di Mesin Diesel

Jika Anda berada di pom bensin dan Anda secara tidak sengaja mengisi kendaraan bermesin diesel dengan bensin biasa, maka hal itu dapat menyebabkan banyak masalah bagi kendaraan Anda. Soalnya, mesin diesel tidak tergantung pada busi seperti mesin bensin.

Mesin bensin tergantung pada busi untuk bahan bakar bensin untuk menyala di ruang bakar. Mesin diesel, di sisi lain, menggunakan kompresi udara dalam jumlah besar sementara bahan bakar diesel disuntikkan pada waktu yang tepat sesudahnya.

Itulah perbedaan antara kedua mesin dan karenanya mencampur bahan bakar dengan mesin yang salah hanya akan menimbulkan masalah.

Sebagian besar pompa bensin menggunakan nozel berbeda untuk memompa bensin atau solar ke tangki bensin kendaraan. Nozzle diesel memiliki diameter lebih besar dari nozzle gas. Sebagian besar kendaraan bermesin bensin modern (diproduksi setelah 1990) tidak akan membiarkan nosel diesel masuk secara fisik di leher pengisi tangki bensin.

Tetapi karena nosel bensin lebih kecil, itu dapat masuk ke leher pengisi kendaraan bermesin diesel sehingga mudah untuk memasukkan bahan bakar yang salah dalam mobil atau truk diesel.

Walaupun secara tidak sengaja menempatkan oli mesin yang salah di kendaraan Anda biasanya merupakan masalah kecil, menempatkan bahan bakar yang salah di dalam kendaraan Anda bisa menjadi bencana besar.

Efek Bensin dalam Mesin Diesel
Jika Anda menangkap masalah ini cukup awal, Anda mungkin dapat mencegah kerusakan serius pada kendaraan Anda. Tetapi jika Anda terus mengendarai kendaraan Anda dengan bahan bakar yang salah di dalamnya, maka Anda mungkin mengalami semua masalah ini.

Berikut ini enam masalah yang mungkin Anda alami jika Anda memasukkan gas tanpa timbal ke dalam mesin diesel:

1 – Tanpa Pengapian
Duramax diesel MPG
Mesin diesel tidak dirancang untuk menyalakan bahan bakar. Bensin dirancang agar tidak menyala secara otomatis (membutuhkan busi untuk menyala). Karena itu, ketika bensin mengalir ke mesin diesel, tidak akan ada pengapian yang terjadi.

Jika kebetulan ada kunci kontak karena diesel dicampur dengan gas, itu akan terlalu parah untuk apa yang bisa ditangani oleh mesin.

2 – Tidak Ada Pelumasan
mesin diesel
Banyak orang lupa bahwa bahan bakar diesel pada dasarnya sama dengan minyak karena melumasi komponen mesin diesel. Jika Anda memasukkan bensin (pelarut) ke mesin, itu tidak dibuat untuk melumasi bagian-bagian ini.

Sebaliknya, itu akan mencemari mereka saat mereka tidak menerima pelumasan. Akibatnya, komponen logam akan saling bergesekan dan menjadi rusak secara permanen.

3 – Kerusakan Sistem Bahan Bakar
pompa bahan bakar yang buruk
Bensin tentu akan mempengaruhi injektor bahan bakar, pompa bahan bakar, dan filter bahan bakar mesin diesel Anda. Ini merupakan keseluruhan sistem bahan bakar kendaraan Anda. Tanpa komponen-komponen ini bekerja dengan baik, Anda harus mengganti sistem bahan bakar Anda sepenuhnya.

4 – Kerusakan Gelombang Kejut
gejala cincin piston yang buruk dan segel katup
Ada banyak bagian dan komponen bolak-balik di dalam mesin diesel, seperti batang, piston, dan pin pergelangan tangan. Jika ada ledakan yang tidak biasa yang tidak dapat dikendalikan, gelombang kejut dari ledakan dapat merusak atau menghancurkan komponen-komponen ini.Bensin pasti dapat menyebabkan ledakan yang tidak dapat ditangani oleh komponen mesin diesel.

5 – Kerusakan Mesin
kerusakan mesin diesel
Jika masalah tertangkap cukup cepat, mesin dapat diselamatkan sebelum rusak terlalu parah. Tetapi semakin lama Anda mencoba mengemudi dengan bensin di mesin diesel, semakin besar kemungkinan mesin Anda akan hancur total. Dan seperti yang mungkin Anda ketahui, mengganti seluruh mesin sangat mahal.

6 – Asap Hitam
asap hitam dari knalpot
Karena suhu minimum yang diperlukan (titik nyala) untuk menyalakan bahan bakar diesel adalah 52 ° C tetapi bensin adalah -43 ° C, bensin akan lebih sulit dinyalakan dalam mesin diesel yang berarti banyak bahan bakar yang tidak terbakar.

Ini akan muncul ketika sejumlah besar asap hitam keluar dari knalpot Anda. Walaupun asap itu sendiri terlihat dan berbau tidak sedap, itu juga menandakan bahwa berbagai bagian dan sensor dalam sistem bahan bakar Anda pada akhirnya akan tersumbat karena jelaga.

Apa yang Harus Dilakukan dan Jangan Dilakukan
Jika Anda menyadari bahwa Anda memasukkan bahan bakar yang salah ke mesin diesel Anda di pompa bensin, jangan panik (baiklah, mungkin sedikit). Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan kendaraan Anda dari kerusakan yang sebenarnya. Di bawah ini adalah lima tips teratas yang harus Anda ikuti dalam situasi seperti ini.

JANGAN mencoba menghidupkan mesin. Tinggalkan kendaraan persis di tempat.
JANGAN mencoba menyalakan kunci kontak. Setiap upaya untuk memutar kunci kontak ke posisi “Aktif” akan menyebabkan pompa bahan bakar dan injektor bahan bakar aktif.
Jika Anda sudah berhasil menyalakan mobil dan mulai mengemudi sebelum Anda menyadari kesalahan Anda, menepi ke sisi jalan atau tempat parkir dan panggil truk derek.
Panggilan untuk