Gejala Kerusakan Rocker Arm dan Cara Kerja Katup Klep Mobil

0
623
Gejala Kerusakan Lengan Rocker dan Cara Kerja Katup Klep Mobil
Gejala Kerusakan Lengan Rocker dan Cara Kerja Katup Klep Mobil

Rocker arm adalah bagian yang kurang dikenal tetapi penting dari beberapa jenis mesin pembakaran panas. Kerusakannya dapat menyebabkan kinerja mesin yang lemah atau bahkan kegagalan, jadi penting untuk mengetahui kapan penggantian diperlukan dan seberapa besar biaya perbaikan.

Apa itu Lengan Rocker dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Lengan ayun biasanya terletak di antara pushrod dan katup masuk dan buang. Mereka didorong dan ditarik oleh pushrods ke atas dan ke bawah, membuka dan menutup katup buang dan katup intake dari ruang bakar pada mesin dengan poros bubungan di bawah mesin.

Pushrods bergerak ke atas dan ke bawah saat camshaft di bawahnya berputar, digerakkan oleh crankshaft. Dengan cara ini, tenaga dapat mengalir dari ruang bakar mesin melalui berbagai bagian ke roda untuk membuat kendaraan bergerak.

Dengan lengan ayun yang patah atau longgar, katup buang dan katup masuk tidak dapat berfungsi dengan benar dan silinder yang terkait dengan lengan ayun yang rusak akan dinonaktifkan. Ini pada akhirnya akan membatasi kinerja mesin dan kemampuan untuk mengendarai mobil dengan lancar dan aman.

Gejala Umum Lengan Bad Rocker
perakitan lengan ayun
Mesin mungkin menunjukkan satu atau lebih dari gejala berikut jika satu atau lebih lengan ayun gagal. Meskipun, mungkin ada bagian cacat lain yang menyebabkan masalah. Apa pun penyebabnya, masalahnya harus diselesaikan sendiri atau oleh mekanik sebelum kendaraan digerakkan lagi.

*Mengklik atau Berdetak Bunyi
Suara bising yang tidak biasa yang melibatkan katup sering terdengar seperti bunyi klik cepat atau detak, mirip dengan mesin jahit. Anda harus memeriksa lengan ayun dan bagian sekitarnya saat mesin bekerja jika Anda mendengar suara ini. Lengan ayun yang rusak dapat macet atau membuka dan menutup katup secara tidak efektif.

Ada banyak kemungkinan penyebab lain dari suara aneh di ruang bakar dan bagian sekitarnya, seperti kurangnya pelumasan antara bagian yang bergerak, katup bengkok, dan lobus poros bubungan yang aus.

Jika lengan ayun tampak bekerja dengan baik pada inspeksi visual, sedikit pemecahan masalah yang dilakukan sendiri atau mekanik adalah langkah selanjutnya untuk menyelesaikan masalah.

*Kinerja Mesin Lemah atau Mengulur
Pengaturan waktu yang cermat adalah segalanya bagi mesin pembakaran internal yang fungsional. Untuk efisiensi maksimum, katup harus membuka dan menutup pada waktu yang tepat. Jika lengan ayun kendaraan yang rusak menghalangi proses ini, Anda akan melihat penurunan daya dan akselerasi yang buruk.

Dalam kasus yang parah, mesin dapat mengalami titik berhenti saat mengemudi. Akhirnya, kendaraan tidak akan mulai sampai komponen yang rusak diganti.

*Periksa Lampu Engine Hidup
periksa lampu mesin
Kendaraan akan mengenali kinerja mesin yang lemah juga, dan akan memperingatkan pengemudi dengan menyinari lampu mesin periksa. Sinyal ini seharusnya tidak pernah diabaikan. Anda ingin menggunakan pemindai diagnostik untuk memeriksa kode yang tersimpan.

*Kerusakan Fisik
Inspeksi visual dari lengan ayun juga dapat mengungkapkan adanya retakan atau keausan. Setelah melepaskan penutup katup, cari potongan logam di bawah lengan ayun, karena mereka dapat menggiling pada titik pivot dan katup ketika mereka dalam kondisi yang buruk.

Lengan ayun yang rusak harus diganti bahkan jika tidak ada gejala lain, karena masalah akan segera menyusul.