Gejala Kerusakan Mesin Bertiup ke Filter Udara

0
223
Gejala Kerusakan Mesin Bertiup ke Filter Udara
Gejala Kerusakan Mesin Bertiup ke Filter Udara

Menemukan oli mesin di filter udara tidak selalu merupakan hal yang buruk, tetapi bisa mengarah ke beberapa masalah potensial. Kemungkinan besar, pelakunya adalah peniup.

mesin bertiup
Saat mesin berjalan, ada penumpukan alami tekanan di dalam bak mesin dari udara, bahan bakar, dan oli yang melewati cincin piston. Ini dikenal sebagai blow-by.

Sedikit blow-by benar-benar normal karena ring piston tidak dapat menutup dengan sempurna pada dinding silinder. Namun, blow-by yang berlebihan dapat menyebabkan masalah.

Ledakan berlebihan menyebabkan berkurangnya penghematan bahan bakar dan tenaga kuda, karena beberapa dari setiap siklus pembakaran terbuang dengan membuang campuran ke dalam bak mesin dan asupan udara.

Selain itu, blow-by membakar secara berbeda dari bensin murni dan mungkin sulit bagi sensor untuk mengukur, mengganggu rasio udara-bahan bakar dan secara efektif menurunkan peringkat oktan bensin.

Ini dapat menyebabkan ledakan (juga dikenal sebagai ketukan). Mengetuk dapat menyebabkan kerusakan mesin jika terjadi secara teratur atau jika terjadi ketika ada beban tinggi pada mesin. Jika kendaraan tampaknya mengalami blow-by yang berlebihan, ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

*Katup Ventilasi Crankcase Positif Tersumbat (PCV)
Katup PCV
Mobil tua digunakan untuk melampiaskan hembusan ke atmosfer, tetapi emisi ini berbahaya bagi lingkungan. Katup ventilasi kotak engkol positif (PCV) diperkenalkan sebagai salah satu kontrol emisi pertama, dan mengarahkan kembali secara tiupan ke asupan udara alih-alih membiarkannya mencemari lingkungan.

Katup PCV perlu diganti sesekali, seperti filter oli. Tekanan positif dalam bak mesin perlu tempat untuk pergi.

Jika katup PCV tersumbat, blow-by dapat berakhir dengan menyelinap melalui segel, di antara gasket, atau celah kecil lainnya di mesin yang dapat ditemukan. Katup juga bisa macet terbuka sehingga memungkinkan lebih banyak minyak masuk ke asupan daripada yang dimaksudkan.

*Cincin Piston Usang

Cincin piston menyediakan segel antara dinding silinder dan piston untuk memaksimalkan gaya yang diterapkan oleh pembakaran campuran udara-bahan bakar di ruang bakar. Semakin kuat kekuatannya, semakin besar kekuatan yang dimiliki mobil Anda.

Seiring waktu, cincin piston dapat aus karena jarak tempuh yang tinggi, perawatan yang tidak tepat, desain mesin yang buruk, atau menjalankan mesin dengan keras sebelum mencapai suhu operasi.

Saat mobil menua dan ring piston aus, Anda mungkin melihat jumlah tenaga kuda secara bertahap menurun dan blow-by secara bertahap meningkat ketika kualitas seal ini memburuk.

Ketika volume blow-by mulai meningkat, Anda mungkin melihat lebih banyak oli di dalam saringan udara, mungkin meluas sampai ke saringan udara itu sendiri.

Untuk mendiagnosis cincin piston yang aus, Anda dapat melakukan tes kompresi pada setiap silinder untuk memverifikasi tekanan.

Tekanan silinder harus relatif sama di semua silinder, dan manual pabrik akan mencakup spesifikasi pabrikan untuk kisaran kisaran yang dapat diterima untuk tekanan silinder. Untuk mengganti cincin piston yang aus, diperlukan pembangunan kembali mesin.

*Filter Udara Aftermarket
Filter udara K&N
Beberapa filter udara aftermarket seperti merek K&N yang populer (seperti ini) dapat digunakan kembali. Filter yang dapat digunakan kembali ini memerlukan film berminyak yang diterapkan pada bagian luar filter (sisi yang menghadap jauh dari mesin) sebelum digunakan.

Jika Anda melihat oli di bagian dalam saringan udara, Anda atau pemilik sebelumnya mungkin telah menerapkan oli terlalu banyak. Ikuti rekomendasi produsen filter untuk cara membersihkan dan menyiapkan filter sebelum digunakan atau digunakan kembali.

*Saluran Minyak Tersumbat
lumpur oli mesin
Oli mesin modern bertahan lama, tetapi tidak selamanya. Ketika interval penggantian oli diabaikan atau dilupakan, oli lama akan menebal dan membentuk endapan yang buruk.

Lumpur mesin ini dapat menyumbat saluran oli yang ada agar engine tetap terlumasi dengan baik dan menjaga oli mengalir melalui engine seperti yang dirancang.

Ketika saluran ini tersumbat, oli dan lumpur dapat menumpuk di area engine yang tidak dimaksudkan untuk dilalui, termasuk intake. Ini dapat mengurangi tenaga kuda dan penghematan bahan bakar, dan dapat menyebabkan kerusakan mesin total jika dibiarkan dalam waktu lama.

Kesimpulan
Jika Anda telah mencapai akhir artikel ini dan masih tidak yakin apa yang menyebabkan ada minyak di udara masuk, pertimbangkan untuk menambahkan tangkapan atau udara pemisah minyak ke kendaraan.

Perangkat ini digunakan untuk mengumpulkan atau menyaring gas yang dikeluarkan dari bak mesin yang berpotensi menawarkan mesin yang lebih bersih dan lebih lancar serta memperpanjang usia kendaraan.