Cara Menyesuaikan Pedal Kopling Mobil

0
20
Cara Menyesuaikan Pedal Kopling Mobil
Cara Menyesuaikan Pedal Kopling Mobil

Cara Menyesuaikan Pedal Kopling (untuk Jumlah Bermain Gratis yang Tepat)

Pedal kopling adalah untuk mengubah gigi secara manual saat berkendara. Beberapa tingkat keterampilan diperlukan untuk menggerakkan tongkat persneling dan mengoperasikan kopling. Pengemudi membuat koneksi langsung dengan mobil yang memungkinkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan

Kelemahan potensial dari kendaraan transmisi manual dengan kopling adalah bahwa kadang-kadang penyesuaian pedal kopling akan menjadi perlu. Selain itu, ada kemungkinan harus mengganti seluruh rakitan kopling sama sekali jika kerusakan menjadi terlalu parah.

penyesuaian pedal kopling
Agar kopling bekerja secara efisien, jumlah permainan yang tepat dalam hubungan antara pedal kopling dan garpu kopling diperlukan. Jika tidak tersedia cukup permainan, kopling yang tergelincir akan menghasilkan.

Terlalu banyak bermain di sisi lain akan menghasilkan kendaraan yang selip maju ketika pedal kopling tertekan dan mobil berada di gigi.

Ketika  menyesuaikan kopling pada kendaraan, ada lebih dari satu cara untuk berhasil menyelesaikan tugas ini. Menyesuaikan kopling bukan hanya proses satu ukuran untuk semua, karena ada berbagai jenis rakitan kopling dan karenanya berbagai jenis penyesuaian kopling.

Berikut adalah dua cara utama bagaimana menyesuaikan pedal kopling di kendaraan Anda.
* Penyesuaian Kopling Menyesuaikan Diri
Secara teori, kopling yang dapat mengatur sendiri seharusnya menyesuaikan dirinya untuk jumlah permainan bebas yang benar. Tapi terkadang butuh sedikit bantuan. Karena menggunakan pedal kopling hidrolik, jenis penyesuaian kopling ini biasanya akan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan, tidak peduli apa tingkat pengalaman teknisi tersebut.

Dengan mesin menyala dan rem parkir diaktifkan, cukup letakkan kaki di bawah pedal kopling dan angkat ke atas dan ke arah Anda sendiri.

Anda kemudian dapat menguji dan memverifikasi hasil penyesuaian ini dengan menekan pedal kopling dan memasukkan kendaraan ke gigi. Periksa jarak yang harus dipegang kopling sebelum roda gigi dapat diubah.

Jika jenis penyesuaian kopling ini tidak memberikan hasil yang diinginkan untuk pemilik kendaraan, maka pemilik kendaraan atau mekanik disarankan untuk mencoba penyesuaian kopling manual.

* Penyesuaian Kopling Manual
Langkah pertama yang harus diambil ketika melakukan penyesuaian kopling manual adalah mematikan mesin dan mengaktifkan rem darurat. Anda ingin memposisikan diri Anda sehingga sebagian kepala Anda berada di bawah dasbor.

Ini akan membuat visibilitas dan akses yang diperlukan untuk melakukan penyesuaian manual. Mereka yang bertubuh lebih kecil dan memiliki fleksibilitas yang baik jelas akan memiliki waktu lebih mudah melakukan penyesuaian pedal tetapi hampir semua orang dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Sebagian besar kendaraan akan memiliki kabel kopling dengan batang berulir yang memiliki mur pengunci dan pengatur yang menentukan jumlah permainan bebas yang dimiliki pedal kopling. Anda ingin mencari dua mur yang terletak di atas pedal kopling.

Untuk menyesuaikan, cukup tarik ke atas kabel kopling dan kendurkan mur pengunci dan mur pengatur sedikit. Selanjutnya, perlahan tarik ke atas kabel kopling lagi. Anda akan merasakan titik di mana garpu kopling bergerak. Di sinilah kabel kopling harus disesuaikan.

Sambil menjaga tekanan pada kabel kopling sehingga berada di posisi yang tepat, kencangkan mur pengunci dan mur pengikat agar kabel tetap berada di posisi itu. Pedal kopling Anda sekarang harus dalam posisi optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here