Berbagai Masalah Perpindahan Gigi Manual cek Plat Kopling, Dekrup atau Matahari

0
170
Berbagai Masalah Perpindahan Gigi Manual cek Plat Kopling, Dekrup atau Matahari
Berbagai Masalah Perpindahan Gigi Manual cek Plat Kopling, Dekrup atau Matahari

Rakayan kopling (terdiri dari plat kopling, dekrup matahari, roda gila), menghubungkan roda ke mesin kendaraan. Pedal kopling memberi kemampuan untuk melepas sementara roda dari engine yang dibutuhkan saat memindahkan gigi.

Dekrup matahari adalah komponen sederhana namun penting yang hanya digunakan saat pedal kopling ditekan. Ketika memiliki matahari yang lemah, itu akan mempengaruhi pemindahan gigi dan dapat menyebabkan kegagalan komponen kopling dan transmisi lainnya.

Gejala dekrup matahari kopling yang lemah
Singkatnya, dekrup matahari adalah komponen kopling yang untuk sementara waktu melepaskan mesin mobil dari transmisi selama perpindahan gigi. Saat mendorong pedal kopling dengan kaki, dekrup matahari pelepas kopling semakin dekat ke roda gila.

Ini menyebabkan jari-jari pelepas pelat tekanan terdorong masuk. Begitu itu terjadi, jari-jari pelat tekanan mendorong gaya pegasnya. Ini menyebabkan pemutusan antara mesin dan roda dan memungkinkan untuk berpindah ke gigi yang berbeda.

Ketika pedal kopling dilepaskan, dekrup matahari kembali ke posisi semula di mana daya dari mesin kendaraan sekali lagi ditransfer melalui transmisi ke roda penggerak mobil.

Semua komponen sistem kopling dan transmisi penting untuk keselamatan dan fungsionalitas kendaraan. Jika dekrup matahari tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar, akan melihat beberapa tanda-tanda itu mulai rusak atau gagal total.

Dekrup matahari mungkin rusak setelah bertahun-tahun aus dan robek atau bahkan mungkin karena kerusakan lainnya.

Di bawah ini adalah gejala dekrup matahari kopling yang melemah.

*Suara Aneh
getaran pedal kopling
Tanda paling umum dari dekrup matahari yang buruk adalah ketika menekan pedal kopling. Rol dalam bantalan memiliki toleransi yang ketat dan seharusnya berdekatan.

Tetapi jika ada terlalu banyak ruang di antara rol, maka berbagai jenis suara akan mulai terdengar. Ini dapat mencakup suara berderak, menggiling, memekik, menggeram, atau berputar.

Ini hanya karena rol dalam dekrup aus dari waktu ke waktu dan kehilangan sejumlah kecil bahan. Suara itu akan terdengar seperti berasal dari area transmisi.

Suara akan paling terlihat dengan pedal kopling sepenuhnya tertekan dan hilang saat melepaskan kaki dari pedal.

*Getaran Pedal Kopling

Ketika menekan pedal kopling, itu harus bergerak ke bawah dengan lancar. Tetapi jika mulai merasakan getaran yang berasal dari pedal, maka sangat mungkin matahari pelepas kopling rusak atau gagal.

Lebih khusus, getaran adalah hasil dari dekrup matahari yang tidak dapat sejajar dengan pelat tekanan. Kaki akan merasakan denyutan saat ini terjadi.

Pedal getar mirip dengan apa yang akan dirasakan oleh pedal rem jika rem cakram atau bantalan rem tidak rata dipakai.

*Masalah Pemindahan Gigi
transmisi manual sulit digeser
Perpindahan gigi harus mulus tanpa banyak hambatan. Jika menyadari bahwa mulai mengalami kesulitan untuk berpindah persneling, mungkin saja matahari keluar menjadi lemah.

Masalahnya adalah kopling tidak sepenuhnya menarik. Ini seharusnya tidak menjadi gejala pertama yang Anda alami dari masalah.

Jika terus membiarkan masalah itu tidak terselesaikan, maka akan ada masalah perpindahan gigi yang susah.

*Kopling Terlalu Kaku
pedal kopling kaku
Seperti sebagian besar komponen sistem transmisi, dekrup kopling diproduksi dengan sifat pelumasan khusus agar tetap bekerja dengan lancar untuk waktu yang lama. Sayangnya, sifat pelumasan akan aus karena bantalannya sendiri aus.

Semakin aus dekrup, semakin sulit untuk menekan pedal kopling. Ini akan segera mencapai titik di mana tidak dapat melepaskan kopling. Maka tidak akan bisa mengendarai kendaraan sama sekali karena tidak akan bisa memindahkan gigi.

Biaya Penggantian dekrup
biaya penggantian dekrup matahari
Karena ini adalah bagian yang sederhana, relatif tidak mahal. Masalahnya adalah jumlah tenaga yang dibutuhkan untuk sampai ke sana karena seluruh transmisi perlu pemeliharaan