Ukuran dan Baut Roda Mobil

0
242
Ukuran dan Baut Roda Mobil
Ukuran dan Baut Roda Mobil

Memahami bagaimana berbagai ukuran dan jenis mur roda dapat bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lain adalah sangat penting untuk dapat menggantikannya ketika hilang atau rusak.

Sebenarnya ada berbagai mur roda yang berbeda dan baut roda di toko onerdil. Masing-masing dari delapan jenis berbeda memiliki fitur yang berbeda. Banyak yang jarang Anda temui.

Baud roda berbentuk kerucut sejauh ini merupakan jenis baud roda yang paling umum. Kursi mengecil ke dalam pada (biasanya) sudut 60 derajat.

Mur roda berbentuk kerucut ini dirancang agar sesuai dengan lubang berbentuk kerucut. velg mobil dalam banyak kasus sangat mudah untuk bekerja dan terpusat.

Berbentuk kerucut, kursi pada mur roda berbentuk bulat. Meskipun tidak cukup umum seperti lug berbentuk kerucut, mur roda dapat ditemukan pada kendaraan Honda, Audi, dan Volkswagen tertentu.

Kepala terlihat hampir sama dengan mur roda berbentuk kerucut sehingga mungkin sulit untuk melihat yang mana jika dipasang.

Seperti namanya rata dan menyerupai washer. Dari semua jenis baud roda, yang duduk datar mungkin sulit untuk dikerjakan. Masalahnya adalah bahwa memusatkan mereka bisa sangat rumit karena mereka memiliki tong kecil yang masuk ke velg.

Jika tidak berada di tengah dengan sempurna, batang dapat menangkap sehingga sepertinya mur roda dikencangkan padahal sebenarnya tidak. Karena permukaan yang rata memiliki area permukaan yang lebih banyak daripada yang lain, mereka lebih rentan tersangkut.

Mirip dengan mur roda berbentuk kerucut standar, mur roda tambahan menambah manfaat batang yang lebih panjang. Ini sangat membantu dalam kasus di mana panjang kancing roda dan permukaan pemasangan roda tidak memungkinkan keterlibatan batang yang cukup saat menggunakan mur roda biasa.

Panjang ulir yang lebih panjang memungkinkan perikatan yang lebih baik untuk menjaga roda longgar dengan lebih aman.

Ini adalah tipe lain dari baud ulir yang diperpanjang, kali ini dengan kursi. Ini digunakan dalam situasi yang serupa di mana batang yang lebih panjang diperlukan tetapi bukannya bagian bawah yang kerucut, meruncing, mereka memiliki kursi datar.

Banyak jenis mur roda, terutama untuk Honda dan mobil tuner Asia lainnya, dirancang dengan lubang berdiameter lebih kecil untuk mur roda. Standar tidak akan cocok sehingga tuner mur roda gaya yang lebih sempit diperlukan.

Untuk mengencangkan atau mengendurkan mur roda kursi kerucut ini, kunci roda khusus juga diperlukan yang pas di atas mur. Kunci ini disertakan ketika membeli satu set mur roda tuner tetapi juga dapat dibeli secara terpisah jika kunci itu hilang atau mobil tidak disertai kunci roda.

Karena mur roda gaya tuner terbuka di batang dan menyebabkan korosi. Karena itu, gaya tuner lug tidak lagi umum digunakan alternatif yang jauh lebih baik.

Seperti mur roda gaya tuner, mur berdiameter kecil dan unik ini memiliki kursi kerucut dan menggunakan kunci khusus. Perbedaannya adalah bahwa di tengah, mur roda spline drive memiliki alur sempit di bagian atas dan sisi mur roda untuk menerima kunci profil rendah. Mereka tidak memiliki masalah yang sama dengan kemungkinan korosi.

Digunakan terutama pada kendaraan Jerman seperti BMW, Mercedes, Audi, dan Volkswagen, ini adalah mur roda dengan studi / baut terpasang. Mereka disambungkan langsung melalui batalan rem ke hub.

Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa orang Jerman menggunakan baut atau mur roda agar mudah untuk mengganti baut roda yang rusak.