Gejala Kerusakan pada Tie rod atau Kendali Mobil

0
143
Gejala Kerusakan pada Tie rod atau Kendali Mobil
Gejala Kerusakan pada Tie rod atau Kendali Mobil

Tie rod sangat penting untuk kemudi yang tepat di semua kendaraan. Tie rod fungsional menghubungkan sistem suspensi dan kemudi ke roda depan oleh beberapa sambungan, sehingga roda berputar secara akurat saat roda kemudi diputar. Sistem seperti itu memungkinkan pengemudi menggunakan tenaga minimal untuk memutar kendaraan.

Tapi seperti segala sesuatu di dalam kendaraan, ujungnya akan menua seiring waktu. Mereka juga akan aus dan kerusakan lebih cepat jika tidak di rawat secara teratur mengemudi di atas gundukan atau jalan yang kasar.

Kondisi seperti itu dapat menyebabkan tie rod berakhir tidak berfungsi dalam beberapa tahun, tetapi yang pada kendaraan lain dapat bertahan bertahun-tahun tanpa penggantian. Gejala ujung batang yang rusak dapat muncul dengan berbagai cara.

Batang pengikat, terbuat dari batang pengikat bagian dalam dan batang pengikat luar, menghubungkan roda depan ke roda kemudi. Keduanya memiliki sambungan bola gemuk di ujungnya untuk memungkinkan gaya rotasi ditransmisikan melalui sistem.

Ujung batang pengikat luar dilindungi oleh sepatu karet untuk menjaga agar minyak dan kotoran tidak masuk, tetapi karet ini dapat retak seiring waktu dan memungkinkan uap air masuk ke dalam sambungan dan menyebabkan korosi.

Gejala Kerusakan Ujung Batang
Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana agar tahu jika ujung tie rod rusak? Nah, ada beberapa gejala yang sangat mencolok yang bisa Anda waspadai. Berikut adalah beberapa gejala umum dari ujung batang yang rusak.

*Roda Kemudi Bergetar atau
setir bergetar
Tie rod menjaga komponen suspensi tetap kokoh dan kencang. Jika ujung batang pengikat memburuk dan mengendur, bagian-bagian suspensi juga akan mengendur dan menyebabkan getaran dan getaran yang dapat dirasakan di roda kemudi saat kendaraan bergerak. Getaran setir ini memburuk saat mobil berakselerasi dan saat berbelok.

*Alignment Ujung Depan yang aus
perataan depan yang aus
Tie rod membantu menopang pelurusan ujung depan kendaraan, dan ujung tie rod yang rusak atau aus menyebabkan pelonggaran komponen. Ini akan menyebabkan ujung depan menjadi tidak selaras dan melacak dengan tidak lurus.

Perhatikan saat mengendarai akan mulai membelok ke kiri atau ke kanan seperti yang ditunjukkan ke depan. Ini mudah dilihat jika Anda melepas tangan sebentar dari setir setelah mengarahkannya langsung saat mengemudi. Kendaraan yang diluruskan dengan benar harus mempertahankan lintasan lurus.

*Roda Kemudi Terasa Longgar
setir sulit untuk berputar pada kecepatan rendah
Ujung batang pengikat yang aus juga dapat menyebabkan roda kemudi terasa longgar atau memiliki permainan yang berlebihan. Ini adalah kondisi berbahaya, karena dapat menyebabkan kurangnya kemudi. Bawa mobil ke bengkel jika melihat roda kemudi kendur.

*Suara Abnormal
mobil tersentak saat berakselerasi
Setiap derit saat kendaraan bergerak dapat menunjukkan kontak logam-ke-logam yang tidak diinginkan. Suara mencicit bernada tinggi saat mengendarai kendaraan, terutama di sekitar sudut, dapat menunjukkan boot karet ujung batang yang telah retak, memungkinkan hilangnya pelumasan.

Bunyi gemerisik atau berderak juga bisa terdengar dari ujung depan mobil. Karena suara aneh tidak secara otomatis menyiratkan ujung batang yang gagal, ingin melihat apakah ada gejala lain pada bagian ini.

*Pakai Ban Abnormal
keausan ban tidak rata
Keausan ban adalah kejadian normal, dan harus merata di kedua sisi. Keausan yang tidak merata pada satu atau lebih ban dapat mengindikasikan adanya masalah. Batang pengikat yang buruk akan menyebabkan tepi bagian dalam atau luar ban lebih cepat aus daripada bagian ban lainnya.

Anda dapat memeriksa keausan ban yang tidak normal dengan berdiri di depan kendaraan dan melihat bagian dalam dan luar tepi ban depan.

Keausan ban yang tidak rata juga dapat menyebabkan penyebab lain seperti ketidaksejajaran yang buruk, tekanan ban yang tidak tepat, atau ban yang tidak seimbang sehingga sebaiknya diperiksa oleh mekanik.

*Kendaraan Bergetar
mobil bergetar ketika berakselerasi
Setelah ban mulai aus tidak merata, seluruh kendaraan dapat mulai bergetar. Getaran ini meningkat dengan akselerasi, yang membuatnya sulit dikendarai dengan nyaman. Kenyamanan mungkin adalah yang paling di utamakan dalam berkendara.

Getaran kendaraan juga dapat disebabkan oleh kegagalan batang pengikat yang hampir sempurna, yang merupakan situasi yang sangat berbahaya. Dalam hal ini ban longgar dan bergetar sendiri, dan Anda mungkin hampir kehilangan kemudi. Minta kendaraan segera diperbaiki.