Gejala Kerusakan Pada Sistem Listrik di Mobil & Regulator

0
185
Gejala Kerusakan Pada Sistem Listrik di Mobil & Regulator
Gejala Kerusakan Pada Sistem Listrik di Mobil & Regulator

Kami tidak hanya berbicara tentang tenaga kuda, tetapi lebih pada output energi secara umum. Energi yang dibutuhkan mobil dipasok oleh bahan bakar dan baterai.

Anda membutuhkan banyak daya untuk menjaga mesin tetap hidup. Untuk sistem yang lebih kecil di dalam kendaraan, Anda tidak membutuhkan kapasitas sebanyak itu.

Beberapa sistem listrik di mobil Anda akan menggoreng jika terkena arus mentah, yang merupakan tempat regulator tegangan alternator ikut berperan. Ini membantu memoderasi kekuatan ini sehingga tidak merusak sistem kritis.

Ini mirip dengan mengisi daya HP Anda langsung dari transformator energi. Secara teori, ponsel Anda akan terisi.

Bagaimana Cara Kerja Regulator Tegangan Alternator?
bagaimana cara kerja regulator tegangan
Ada beberapa jenis regulator,Mereka semua memiliki fungsi yang sama. Mereka mengubah arus searah menjadi arus tetap yang tidak akan merusak sistem lain di dalam kendaraan.

Mari kita lihat berbagai komponen yang membentuk sistem untuk memahami fungsi regulasi secara lebih lengkap.

Bagian-bagian dari Sistem Pengisian Mobil
Baterai
Baterai adalah reservoir untuk menyimpan energi. Itu tetap siaga untuk fungsi seperti menyalakan mobil dan menyediakan daya ketika catu daya rendah.

Namun, jika Anda hanya mengandalkan daya baterai, mobil Anda tidak akan berjalan lama tanpa diisi daya.

Alternator
Itu sebabnya kami memiliki alternator. Alternator adalah komponen yang menghasilkan tenaga itu. Saat Anda berkendara, alternator menciptakan energi untuk menyalakan sistem sementara energi berlebih digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Regulator tegangan
Regulator tegangan memastikan bahwa jumlah maksimum tegangan dalam rangkaian dijaga konstan. Karena itu, dapat mendorong alternator untuk meningkatkan produksi atau mendorongnya untuk mengurangi produksi energi.

Idenya adalah untuk menciptakan aliran arus yang stabil yang dapat memberi daya pada kendaraan secara konsisten. Kelebihan daya tidak sia-sia karena mengisi daya baterai.

8 Gejala Regulator Tegangan Buruk
Berita baiknya adalah bahwa kegagalan regulator tegangan adalah salah satu masalah yang berkembang seiring waktu. Ini juga cukup mudah untuk didiagnosis. Ada berbagai teknik pemecahan masalah yang akan membantu Anda mendiagnosis masalah ini.

Berikut adalah delapan tanda umum yang harus diperhatikan:

1 – Output Tegangan Tinggi
tegangan baterai
Aki mobil biasa harus mengeluarkan sekitar 12,6 volt di sirkuit terbuka (mobil tidak berjalan). Setelah mobil berjalan, voltase harusnya sekitar 2 volt lebih tinggi di sebagian besar kendaraan.

Jika tegangan output berukuran 16 volt atau lebih, sangat mungkin Anda memiliki regulator tegangan yang salah. Tegangan yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen listrik. Paling umum, lampu di lampu depan atau lampu belakang Anda akan terbakar sebelum waktunya.

2 – Sesekali Dips in Power
mobil bergetar ketika berakselerasi
Jika Anda memiliki regulator yang buruk, itu dapat menyebabkan banyak komponen seperti pompa bahan bakar, sistem penyalaan, atau bagian lain yang membutuhkan jumlah tegangan minimum untuk tidak berfungsi dengan benar.

Anda mungkin mengalami sputtering mesin, idle kasar, atau hanya kurangnya akselerasi saat Anda membutuhkannya. Ini mungkin tidak terlihat seperti masalah besar, tetapi ini penting karena menunjukkan bahwa kekuasaan tidak diatur dengan benar.

3 – Instrument Cluster Tidak Bekerja
instrument cluster tidak berfungsi
Seperti komponen listrik lainnya, kluster instrumen memerlukan sejumlah tegangan untuk menampilkan semua informasi yang Anda butuhkan saat mengemudi. Regulator tegangan buruk dapat menyebabkannya tidak berfungsi atau berperilaku tidak menentu.

Anda mungkin tidak dapat menyalakan mobil sama sekali, tetapi bahkan jika Anda bisa, tidak akan bijaksana untuk melakukannya tanpa mengetahui seberapa cepat Anda mengemudi, berapa banyak bahan bakar yang tersisa, dan info penting lainnya .

4 – Lampu Peredupan atau Berkedip
Anda biasanya akan melihat ini dengan lampu depan Anda tetapi itu dapat mempengaruhi lampu interior Anda dan bahkan sistem stereo Anda. Ini lagi menunjuk ke arus yang tidak dikontrol secara memadai.

Gejala ini ada untuk masalah terkait baterai tetapi juga bisa berarti regulator tegangan yang harus disalahkan.

5 – Balok Tinggi Tidak Bekerja
balok tinggi tidak berfungsi
Salah satu sistem yang dapat dipengaruhi oleh tegangan terlalu banyak atau terlalu sedikit adalah lampu depan Anda. Lampu depan balok tinggi terutama membutuhkan daya yang cukup untuk beroperasi. Balok yang tidak akan menyala dengan benar menunjukkan bahwa ada masalah.

6 – Korosi
korosi aki mobil
Penyebaran korosi pada terminal dan bagian atas baterai dapat menjadi pertanda kegagalan regulator tegangan.

7 – Baterai Mati
aki mobil lemah