4 Jenis Busi Tembaga, Busi Iridium, Busi Platinum, Busi Platinum Ganda

0
207
4 Jenis Busi Tembaga, Busi Iridium, Busi Platinum, Busi Platinum Ganda
4 Jenis Busi Tembaga, Busi Iridium, Busi Platinum, Busi Platinum Ganda

Anda mungkin berpikir bahwa semua busi sama. Bagaimanapun, tujuan umum dari busi adalah untuk menghasilkan arus listrik untuk menyalakan udara dan bahan bakar yang terkompresi dalam ruang pembakaran.

Jenis Busi
Jenis Busi

 

Namun, ada beberapa perbedaan dalam hal busi. Yang tertentu lebih efisien dan berkinerja lebih baik daripada yang lain. Semuanya tergantung pada jenis busi apa yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda.

Semua busi memiliki elektroda pusat dan elektroda samping. Elektroda ini secara tradisional terbuat dari tembaga tetapi sekarang mereka dibuat dari bahan-bahan seperti iridium dan platinum.

Selain itu, elektroda tengah dibuat jauh lebih kecil dari sebelumnya. Ini berarti bahwa lebih sedikit tegangan akan diperlukan untuk menghasilkan arus listrik untuk ruang bakar.

Secara keseluruhan, Anda akan menemukan empat jenis busi utama adalah busi tembaga, busi iridium, busi platinum, dan busi platinum ganda.

Beberapa memiliki kegunaan yang lebih baik daripada yang lain, tergantung pada kendaraan yang Anda kendarai. Di bawah ini Anda akan menemukan detail lebih lanjut tentang busi ini dan apa manfaatnya.

Busi Tembaga
busi tembaga
Busi ini sebagian besar terbuat dari tembaga padat. Elektroda pusatnya terbuat dari paduan nikel dan memiliki diameter terbesar dari semua busi lainnya. Ini berarti perlu tegangan lebih untuk menghasilkan arus listrik.

Paduan nikel adalah bahan yang lunak dan tidak terlalu tahan lama. Ini berarti itu tidak akan bertahan lama. Cara terbaik adalah menggunakan busi tembaga di kendaraan yang lebih tua yang tidak memiliki kebutuhan listrik yang tinggi.

Busi Iridium
busi iridium
Busi Iridium akan bertahan paling lama. Iridium adalah logam yang lebih keras dan lebih tahan lama dibandingkan platinum. Meskipun Anda harus membayar lebih banyak uang untuk busi iridium, Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar.

Busi ini memiliki elektroda pusat kecil yang berarti mereka menggunakan lebih sedikit tegangan untuk menghasilkan arus listrik. Itulah sebabnya banyak produsen mobil mulai merekomendasikan busi iridium untuk kendaraan mereka.

Jika Anda sudah memasang busi ini dan Anda memerlukan busi baru, jangan turunkan ke platinum atau tembaga karena busi tersebut akan mengurangi kinerja kendaraan Anda.

Busi Platinum
busi platinum tunggal
Busi platinum mirip dengan busi tembaga, kecuali bahwa elektroda tengahnya memiliki piringan platinum yang dilas ke area ujungnya. Busi tembaga hanya memiliki bahan paduan nikel di area ini.

Alhasil, busi platinum lebih tahan lama dan bisa bertahan hingga 100.000 mil.

Colokan ini juga menghasilkan lebih banyak panas, yang berarti bahwa penumpukan puing akan berkurang. Jika Anda memiliki mobil baru dengan sistem pengapian distributor elektronik, busi platinum disarankan.

Busi Platinum Ganda
busi platinum ganda
Jika sistem pengapian distributor Anda adalah sistem percikan limbah, maka colokan busi platinum ganda direkomendasikan. Sistem ini menyebabkan busi menyala dua kali, satu kali di dalam silinder langkah kompresi dan yang lainnya di dalam silinder langkah knalpot.

Percikan untuk yang terakhir akan sia-sia karena tidak ada kunci kontak di sana. Manfaat dari sistem percikan limbah adalah lebih dapat diandalkan dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan seperti hujan atau kelembaban.