Perbeda dari Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

0
199
Perbeda dari Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis
Perbeda dari Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

Seperti yang kita ketahui fakta tentang transmisi, ada dua jenis – manual dan otomatis. Mobil-mobil yang dijalankan dengan transmisi manual juga memiliki kopling yang harus didorong oleh pengemudi setiap kali untuk menggeser persneling. Jumlah roda gigi tergantung pada ukuran mesin. Namun, mobil transmisi manual tidak memiliki mekanisme pelepasan kunci shift.

Transmisi otomatis memilikinya. Namun, ini sangat berbeda dari transmisi manual. Inilah sebabnya mengapa orang yang terbiasa dengan kedua jenis transmisi merasa sulit untuk mengendarai mobil dengan transmisi lain.

Apa itu Release Lock Shift?
Proses pelepasan kunci shift
Mekanisme pelepasan kunci shift
Mekanisme kunci geser dan pelepasannya ada pada mobil dengan transmisi otomatis karena fungsi keduanya cukup berbeda. Di sini, tidak perlu menggeser persneling secara manual. Mereka memang memiliki perpindahan gigi. Pergeseran roda gigi ini, bagaimanapun, digunakan untuk beralih di antara opsi seperti mundur, parkir, netral, dll. Untuk bergeser di antara opsi-opsi ini, Anda memiliki opsi pelepas kunci shift.

Anda biasanya dapat menemukannya di tuas itu sendiri. Ini sebenarnya sebuah tombol. Ini memungkinkan Anda untuk beralih ke opsi, katakan parkir, dan kemudian memungkinkan Anda menguncinya sampai Anda beralih ke yang lain. Kemudian, kecuali jika Anda melepaskan kunci shift, Anda tidak akan dapat melakukan penggantian kunci shift.

MELIHAT LEBIH BANYAK

Cara Menggunakan Overdrive di Mobil Transmisi Otomatis
Apa itu Gigi Netral dalam Transmisi Otomatis dan Cara Menggunakannya
Bagaimana cara menggunakan Shift Lock Release?
Karena ini adalah tombol, tombol pelepas kunci shift secara khusus, yang perlu Anda lakukan adalah menekannya. Saat Anda menekan tombol, itu akan menyebabkan kunci terlepas, sehingga memungkinkan Anda untuk menggeser tuas ke opsi yang diinginkan. Saat Anda melepaskan kunci, tuas akan bergerak sesuai keinginan Anda. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah memilih opsi yang perlu Anda masukkan transmisi, dan kemudian tekan tombol lagi. Menekan tombol lagi akan memungkinkan Anda mengunci tuas pada pengaturan itu.

Selain itu, ini adalah fungsi keselamatan yang membantu Anda memindahkan mobil ketika perpindahan gigi tidak akan berpindah dari satu pengaturan ke pengaturan lainnya. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menggunakan pelepasan kunci shift ketika pemilih roda gigi tidak berfungsi:

Hal pertama – pakai rem parkir.
Sekarang, tarik kunci keluar dari kunci kontak.
Ambil obeng pipih atau sesuatu yang bisa melakukan pekerjaan serupa. Cobalah untuk melepas tutup penutup pengunci persneling. Itu akan berada di kanan atas pemilih gear.
Setelah Anda melepas penutup, masukkan kunci ke dalam slot ini.
Sekarang tekan tombol ke bawah dengan lembut. Secara bersamaan, tarik tombol yang terletak di bagian depan perpindahan gigi. Ini akan membuat Anda keluar dari tempat parkir.
Tarik kuncinya.
Pasang kembali penutup seperti sebelumnya.
Masukkan kunci kembali ke kunci kontak dan tekan pedal rem.
Sekarang, cukup engkol mesinnya.
Langkah-langkah untuk melepaskan kunci bergeser
Cara yang tepat untuk menggunakan rilis kunci shift
Cara yang tepat untuk menggunakan pelepasan kunci shift selalu disebutkan dalam manual pemilik mobil Anda. Bagi mereka yang tidak mengenal transmisi otomatis, mekanisme ini mungkin tampak berlebihan pada awalnya, tetapi mereka yang tahu bagaimana mengendarai mobil otomatis tahu bahwa itu sangat penting dari sudut pandang keselamatan. Dalam transmisi manual, karena pengemudi memiliki semua kendali di tangan mereka, mekanisme seperti ini tidak pernah menjadi keharusan. Namun, dalam kendaraan di mana kontrol ada di tangan kendaraan, pelepasan kunci shift memang merupakan keharusan.