Kapan Mengganti oli Transmisi Manual dan Otomatis

0
42
oli Transmisi Manual dan Otomatis
oli Transmisi Manual dan Otomatis

Agar roda gigi di dalam kendaraan bergerak dengan lancar, mereka mengandalkan oli transmisi untuk melakukan pekerjaan. Memeriksa jumlah cairan transmisi yang tersisa sama dengan cara memeriksa tingkat oli mesin.

Transmisi Manual
Transmisi Manual

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda memeriksa 0li transmisi saat mesin sedang berjalan karena dikaitkan dengan sistem tertutup. Ini berarti tidak boleh kekurangan cairan transmisi. Maka segera tambah oli atau bawa kendaraan ke bengkel mobil.

Oli transmisi berkualitas baik Jika cairan transmisi berbau terbakar atau terlihat kecoklatan, maka Anda perlu mendapatkan oli transmisi baru. Jika berwarna merah tanpa bau terbakar, maka cairannya baik-baik saja.

Mengubah oli Transmisi
Mayoritas pemilik mobil tidak memikirkan cairan transmisi mereka. Satu-satunya hal yang cenderung Anda dengar adalah beberapa pemilik mobil transmisi otomatis yang mengatakan penting untuk memastikan tidak kekurangan oli transmisi dan bahwa sangat penting untuk mengubah dan menyiram cairan transmisi  pada aturan yang disarankan.

Namun, mereka yang memiliki kendaraan transmisi manual harus memperhatikan gearbox mereka. Jika minyak di dalamnya terlalu tua, akan ada penumpukan lumpur dan serutan logam.

Informasi yang dijelaskan di bawah ini membahas seberapa sering direkomendasikan untuk mengganti oli transmisi dalam kendaraan transmisi otomatis dan kendaraan transmisi manual.

Perubahan oli Transmisi Manual
Produsen sebagian besar kendaraan menyarankan mengganti cairan transmisi manual setidaknya setiap 30.000 mil atau paling banyak 60.000 mil, tergantung pada merek dan model kendaraan manual.

Memeriksa manual mobil untuk aturan yang disarankan yang sebenarnya. Tetapi jika Anda terus-menerus menempatkan transmisi manual dalam kondisi penuh tekanan, maka fluida tersebut harus diganti lebih cepat, bahkan mungkin pada jarak 20.000 mil.

Kondisi yang menekan untuk mobil manual akan secara teratur berputar jarak pendek seperti berhenti dan pergi lalu lintas kota sementara sangat jarang terjadi di jalan bebas hambatan atau luar kota. Perjalanan singkat ini memaksa roda gigi mobil manual harus berubah terus-menerus, yang membuat transmisi mengalami tekanan.

Cara lain menekan dapat terjadi adalah ketika driver baru pertama kali belajar cara yang tepat untuk mengubah persneling. Sering kali, mereka akan membuat kesalahan seperti menggiling gigi yang akhirnya menyebabkan tekanan tambahan pada gigi gearbox.

Interval Perubahan oli Transmisi Otomatis
Cairan transmisi pada kendaraan transmisi otomatis pada akhirnya akan memburuk dan menjadi rusak atau terbakar. Cairan akan memburuk lebih cepat jika Anda tidak secara teratur berhenti dan masuk lalu lintas kota, menarik trailer, atau membawa beban berat pada kendaraan.

Alasan ini membuat fluida memburuk karena transmisi lebih panas saat beroperasi. Semakin panas fluida, semakin banyak tekanan pada fluida dan transmisi itu sendiri. Dan karena fluida bertanggung jawab untuk memungkinkan roda gigi bergerak dengan lancar, cairan yang memburuk yang lebih tebal dari seharusnya, akan membuat roda gigi bekerja lebih keras dari biasanya.

Pabrikan dari kebanyakan mobil otomatis akan memberi tahu bahwa Anda harus mengganti cairan transmisi setiap 100.000 hingga 150.000 mil. Tetapi jika Anda bertanya kepada seorang mekanik, mereka mungkin akan memberi tahu bahwa ini terlalu lama untuk menunggu.

Cairan transmisi otomatis harus diganti setiap 50.000 mil. Tetapi sekali lagi, periksa manual pemilik untuk  perubahan dan flush yang tepat dan menggunakannya sebagai pedoman. Dalam skema besar, biaya untuk mengganti oli transmisi kecil dibandingkan dengan kemungkinan kerusakan pada transmisi.

Apakah Anda memiliki memiliki mobil transmisi otomatis atau manual, proses mengubah oli transmisi akan memakan waktu. Pertama, mekanik harus mendukung kendaraan dan kemudian mengalirkan cairan lama dari transmisi.

Sebelum fluida baru ditambahkan, setiap gasket atau segel untuk fluida perlu diperiksa untuk memastikan tidak ada kebocoran cairan transmisi. Jangan mencoba melakukan pekerjaan ini sendiri karena membutuhkan profesional yang tahu apa yang mereka lakukan.