Gejala yang Terjadi Jika Kenalpot dan Manipol Bocor

0
201
Gejala yang Terjadi Jika Kenalpot dan Manipol Bocor
Gejala yang Terjadi Jika Kenalpot dan Manipol Bocor

Setiap kendaraan dengan mesin pembakaran panas dan sistem pembuangan terikat untuk memiliki perangkat yang disebut manipol atau peredam. Biasanya terletak di bagian belakang kendaraan, sebuah knalpot di mobil dan truk baru dibuat untuk bertahan seumur hidup kendaraan.

Tetapi, jika mengemudi di daerah dengan musim dingin atau hujan dan di mana garam jalan digunakan atau dekat laut, knalpot mungkin terpengaruh oleh korosi yang akhirnya dapat menyebabkan lubang untuk berkembang di logam. Ini pada gilirannya berarti penggantian manipol (atau manipol pada beberapa kendaraan knalpot ganda) diperlukan.

Sebelum kita masuk ke tanda-tanda apa yang harus dicari jika memiliki lubang di knalpot atau knalpot , inilah sedikit tentang knalpot itu sendiri.

Sebuah knalpot mobil sebenarnya melayani tiga tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk menurunkan jumlah kebisingan yang dihasilkan oleh sistem pembuangan. Knalpot mengalihkan suara ini sehingga keluar dari pipa knalpot. Dengan begitu, para penumpang dan semua orang yang dekat dengan kendaraan tidak akan terganggu oleh suara-suara.

Tujuan kedua dan sisanya dari sistem pembuangan adalah memungkinkan gas buang dari mesin pembakaran panas mengalir menjauh dari mesin. Ini memungkinkan gas buang mendingin melalui ekspansi dan akan mencegah percikan atau nyala api dari mesin keluar dari knalpot.

Seperti disebutkan, garam adalah musuh manipol dan sistem pembuangan  secara umum baik itu dari penggunaan garam jalan atau tinggal di dekat laut, tetapi ada bahaya lain.

Berkendara secara teratur melalui lubang atau kecepatan berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada knalpot. Semakin lama  menempatkan kendaraan di bawah kondisi ini, semakin besar kemungkinan knalpot akan patah atau bocor karenanya. Hasilnya bisa penyok kecil atau benar-benar merobek lubang ke komponen knalpot. Setelah itu terjadi, ia akan gagal melakukan tugasnya dengan benar.

Gejala yang terjadi jika kenalpot dan manipol bocor
Ketika sebuah lubang mulai terbentuk di manipol, ada beberapa tanda peringatan yang perlu di perhatikan. Segera setelah melihat gejala-gejala ini, perlu segera mengganti knalpot atau komponen knalpot lainnya. Berikut adalah lima gejala yang paling umum.

1 – Suara-Suara Keras
Jelas, gejala lubang di knalpot adalah kebisingan. Karena knalpot yang berfungsi seharusnya mengurangi kebisingan, knalpot dengan lubang di dalamnya akan gagal dalam tugasnya. Ini berarti suara yang biasanya akan berkurang sekarang akan lebih keras.

Jika tidak segera mengganti manipol, lubang hanya akan mengembang dan menjadi lebih besar di manipol. Kemudian, suara gemuruh ini akan tumbuh lebih keras pada saat yang sama. l.

2 – Karbon Monoksida
manipol mencegah karbon monoksida dari gas buang masuk ke kabin interior tempat semua orang duduk di dalam kendaraan. Tetapi jika manipol memiliki lubang di dalamnya, memiliki kebocoran gas buang di mana karbon monoksida akan dapat menemukan jalan ke kabin.

Yang menakutkan adalah  tidak akan bisa mencium, melihat atau merasakan gas beracun ini. Sebaliknya, hanya akan merasakan efeknya. Beberapa efek ini termasuk pusing, sakit kepala, kelelahan, dan kesulitan bernapas. Jika menghirupnya terlalu lama, itu dapat menyebabkan kematian.

3 – Kegagalan Uji Emisi
Tidak dapat melihat emisi karbon ketika mereka keluar dari knalpot, tetapi mereka ada di sana. Asap putih yang keluar dari knalpot tidak harus berarti emisi berlebih. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah menghasilkan lebih sedikit emisi karbon adalah dengan mendapatkan tes emisi.

Sebagian besar negara bagian mengharuskan untuk mendapatkan tes ini sementara beberapa tidak. Jika kebetulan hidup dalam keadaan yang mengharuskan untuk mendapatkan tes dan kemudian gagal, ini bisa disebabkan oleh lubang di manipol.

4 – Lubang Karat
Knalpot biasanya memiliki lubang kecil yang disebut “lubang menangis.” Tujuan dari lubang ini adalah untuk membiarkan air mengalir keluar dari manipol sehingga karat tidak terbentuk. Tetapi jika melihat lubang karat membentuk dekat dengan pipa knalpot, ini bukan lubang menangis. Setiap kali melihat lubang karat, harus khawatir.

5 – Engine Misfires
Penting bagi seluruh sistem pembuangan agar berfungsi untuk memastikan mesin bekerja dengan lancar. Jika salah satu komponen sistem knalpot rusak atau aus, maka dapat menyebabkan mesin macet. Lubang pada knalpot adalah salah satu cara yang memungkinkan mesin dapat macet.