Berbagai Kendala Mobil Jika di Starter Tetapi Tidak dapat dinyalakan

0
234
Berbagai Kendala Mobil Jika di Starter Tetapi Tidak dapat dinyalakan
Berbagai Kendala Mobil Jika di Starter Tetapi Tidak dapat dinyalakan

Siapa pun yang memiliki kendaraan kemungkinan mengalami masalah yang membuat jengkel ketika mobil di starter tetapi tidak dapat dinyalakan, bahkan setelah berulang kali memutar kunci kontak. Namun, jangan biarkan membuat tidak bisa secara logis mencari tahu mengapa kendaraan ketika di starter tetapi tidak mulai dengan normal.

Star mobil memulai dengan starter untuk memberi energi mesin. Starter menyebabkan roda gila berputar yang memutar ketika semuanya bekerja dengan benar. Terkadang proses ini terputus ketika ada halangan dalam sistem, dan mesin mobil tidak akan terus berjalan.

Agar engine dapat hidup normal, diperlukan tekanan bahan bakar yang memadai, percikan yang disesuaikan waktunya, dan kompresi normal. Ketika tidak dimulai, masalahnya biasanya terletak pada salah satu dari sistem ini meskipun sistem starter juga bisa menjadi akar masalahnya. Di bawah ini adalah beberapa penyebab umum dari sebuah mesin ketika di starter tetapi tidak mulai dan beberapa tips pemecahan masalah untuk mengidentifikasi penyebabnya.

*Kurangnya percikan dapat terjadi karena modul pengapian yang rusak, sensor posisi yang salah, mesin yang banjir (kadang-kadang terjadi pada mobil yang lebih tua atau jarak tempuh tinggi), busi yang buruk, atau masalah di sirkuit pengapian, seperti kabel, sistem keamanan (aliran bahan bakar mungkin telah dimatikan untuk mencegah pencurian atau chip di kunci bisa rusak), atau sakelar pengapian yang tidak berfungsi.

Percikan yang waktunya tidak tepat dapat terjadi jika ada masalah dengan sistem pengaturan waktu. Ini bisa sulit untuk didiagnosis, tetapi lampu waktu adalah alat yang berguna untuk memeriksa apakah semua silinder menyala tepat seperti yang seharusnya.

Untuk menentukan apakah ada masalah dengan percikan, periksa secara visual tutup distributor (jika kendaraan Anda memilikinya) dan kabel busi, karena hal ini dapat menurun seiring bertambahnya usia. Penguji percikan harus digunakan untuk memeriksa busur yang tepat dari setiap kawat busi atau koil.

Jika Anda curiga mesin mungkin banjir setelah upaya berulang-ulang untuk menyalakan mobil, lepaskan busi dan biarkan kering, lalu pasang kembali dan coba lagi.

*Kurangnya Aliran Bahan Bakar
filter bahan bakar tersumbat
Masalah dengan aliran bahan bakar mungkin disebabkan oleh sekering yang rusak untuk pompa bahan bakar, pompa bahan bakar yang rusak, bahan bakar yang terkontaminasi atau tidak benar dalam tangki, filter atau injektor bahan bakar yang rusak atau tersumbat, atau hanya tangki bahan bakar kosong (pengukur bahan bakar tidak selalu akurat).

Memiliki tekanan bahan bakar yang tepat adalah penting untuk memulai atau menjalankan mesin mobil Anda, terutama untuk mesin injeksi bahan bakar. Dengarkan dengungan pompa bahan bakar selama beberapa detik saat Anda menyalakan kunci kontak ke posisi “on”.starter

Jika tidak terdengar dengungan dari dalam mobil atau belakang oleh tangki bahan bakar, pompa mungkin mati dan bahan bakar tidak mencapai mesin sama sekali.

Perhatikan bahwa beberapa pompa bahan bakar hanya mengalir saat mobil berputar sehingga beberapa mobil tidak memiliki detak yang dapat didengar. Konsultasikan dengan internet atau manual pemilik untuk informasi lebih lanjut untuk model spesifik kendaraan.

Jika Anda mendengar dengungan pompa bahan bakar, Anda dapat mencoba meletakkan obeng di atas masing-masing injektor (dengan pegangan di sebelah telinga Anda) saat mobil. Jika injektor menyala akan mendengar bunyi detakan samar dari masing-masing injektor, yang ditransmisikan oleh poros obeng.

Beberapa mobil memiliki fitur keselamatan yang disebut sakelar inersia yang mematikan aliran bahan bakar secara otomatis setelah tumbukan. Jika kendaraan baru-baru ini mengalami dampak, periksa manual pemilik untuk melihat apakah fitur ini ada di kendaraan Anda dan pelajari cara mengubahnya secara manual agar bahan bakar dapat mengalir lagi.

*Kompresi rendah
mesin kompresi rendah
Setiap silinder membutuhkan kompresi untuk fungsi engine yang benar. Rasio kompresi membandingkan volume silinder maksimum dengan volume silinder minimum selama setiap langkah piston. Jika satu atau lebih silinder memiliki kompresi rendah, udara dari siklus pembakaran bocor melewati ring piston yang membatasi jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan silinder untuk memutar poros.

Masalah kompresi dapat disebabkan oleh sabuk timing belt rusak atau longgar atau rantai overhead yang patah. Mesin yang terlalu panas adalah masalah berat lain yang dapat mencegah mobil dari start.

Coba gunakan pengukur kompresi atau tester untuk melihat apakah memiliki masalah dengan kompresi di mobil. Jika demikian, tes kebocoran adalah tes sekunder untuk memeriksa kebocoran di dalam silinder. Seorang mekanik profesional dapat melakukan tes ini dan memeriksa silinder.

* Aki mobil lemah
Masalah lain yang mungkin terjadi adalah motor starter lemah yang menggunakan banyak amp untuk menghidupkan mesin, kemudian tidak memiliki banyak setrum yang tersisa untuk menghidupkan injektor bahan bakar dan sistem pengapian. Dalam hal ini, mungkin akan melihat bahwa starter mengeluarkan suara yang tidak biasa ketika mencoba untuk menghidupkan mesin atau tidak berputar sama sekali.