Cara Membersihkan Filter Kabin Mobil dan Filter AC

0
318
Cara Membersihkan Filter Kabin Mobil dan Filter AC

Filter AC, juga dikenal sebagai filter kabin, adalah salah satu filter yang paling diabaikan dalam kendaraan. Ini terutama karena sepupu mereka yang lebih populer dan kritis seperti filter oli, filter udara, dan filter bahan bakar.

Namun, jika filter kabin tidak diganti atau dibersihkan secara teratur, ini dapat membuat sangat tidak menyenangkan. Filter AC yang kotor tidak hanya akan menghambat sistem HVAC di mobil, tetapi juga akan menjadi tempat berkembang biak bagi berbagai kuman dan bakteri yang akan mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan.

Filter AC mungkin tidak termasuk dalam komponen kunci kendaraan, tetapi yang terpenting adalah komponennya.

Membaca ini mungkin telah memicu pikiran untuk membersihkan filter A / C di pikiran Anda dan itu adalah pekerjaan yang cukup sederhana. Tetapi jika Anda tidak tahu cara melakukannya dengan benar, maka Anda dapat berakhir dengan biaya untuk membeli filter baru jika Anda merusak saat sedang proses pembersihan.

Meskipun mengganti filter kabin dengan yang baru sangat ideal, sering dapat memperoleh lebih banyak daya tahan dari filter ini dengan hanya membersihkannya sehingga udara dapat mengalir kembali. Berikut cara membersihkan kabin atau filter pendingin udara mobil dengan benar.

Cara Bersihkan Filter Kabin
cara mengganti filter pendingin udara
Untuk membersihkan filter kabin di mobil, pertama-tama harus Posisi filter dapat bervariasi dari produsen ke produsen atau model ke model, jadi pastikan untuk memeriksa panduan mobil untuk menemukan di mana ia berada.

Biasanya ditempatkan di belakang kotak sarung tangan atau di bawah papan dasbor di sebagian besar mobil tetapi periksa petujuk pemilik atau online untuk mengonfirmasi. Bentuk dan ukurannya dapat bervariasi tergantung pada kendaraannya, tetapi bentuk umum filter pendingin udara mirip dengan filter udara di mesin tetapi lebih kecil. Biasanya itu adalah bingkai persegi panjang atau persegi dengan filter kain tenun di dalamnya.

Setelah menemukan filter kabin (beberapa kendaraan memiliki lebih dari satu), tarik perlahan dari tempatnya dan letakkan di tanah atau di meja kerja. Akan membutuhkan kompresor udara atau sumber udara tekan lainnya.

Pegang filter kabin dengan lembut dan tiupkan udara ke dalamnya. Pastikan untuk meniup udara melalui setiap slot filter sehingga debu yang bersembunyi di setiap sudut filter disiram. Setelah meniup udara secara menyeluruh melalui filter.

Setelah menyemprotkannya, biarkan mengering selama beberapa menit dan dengan lembut masukkan kembali ke dudukan yang Anda ambil. Nyalakan kendaraan dan nyalakan sistem HVAC sehingga meniup udara keluar dari ventilasi. Setelah beberapa detik, akan melihat perbedaan besar dalam kesegaran udara.

Selama proses pembersihan, jangan gunakan aksesori pembersih seperti sikat pembersih atau semacamnya. Filter AC adalah salah satu bagian paling rumit dari sistem HVAC dan dapat dengan mudah rusak.

Hindari juga menggunakan deterjen. Jangan mencuci dengan air untuk membersihkannya. Mencuci dengan air memiliki risiko lebih tinggi untuk merusak filter pendingin udara dan filter tersebut perlu dikeringkan dengan udara tanpa sistem pengeringan lain yang dapat menghabiskan banyak waktu.

Selain membersihkan filter, bersihkan juga ventilasi di dashboard mobil untuk memaksimalkan sistem HVAC.