Apa Fungsi Gigi Rendah Dalam Transmisi Otomatis?

0
28
Apa Fungsi Gigi Rendah Dalam Transmisi Otomatis?
Apa Fungsi Gigi Rendah Dalam Transmisi Otomatis?

Roda gigi dalam sebuah mobil otomatis bergeser secara otomatis. Jadi, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah perlu menggunakan gigi rendah! Nah, melakukannya dapat meningkatkan kinerja mobil dengan memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan daya mesin. Yang harus Anda lakukan adalah mengetahui waktu mengemudi yang tepat dengan gigi rendah.

Apa itu Low Gear?
Juga dikenal sebagai gigi pertama, mode dalam transmisi otomatis ini memperlambat mesin dan memberikan torsi yang lebih besar. Di mobil otomatis, persneling secara otomatis bergeser dari ‘parkir’ atau ‘menganggur’ ke pertama dan kemudian secara bertahap hingga ke lima tergantung pada kecepatan kendaraan.

Pergeseran ke gigi rendah di otomatis berarti mobil akan tetap di gigi pertama meskipun mesin sedang bergeser ke gigi yang lebih tinggi. Ini menghasilkan lebih sedikit kecepatan, torsi bijih, dan lebih banyak tenaga untuk mesin.

L di sini adalah singkatan untuk Low. Ketika tuas berada dalam mode ini pada mobil, mesin akan berada pada level transmisi serendah mungkin, untuk lebih spesifik, ada di gir. Beberapa otomatis yang lebih tua menguncinya di gigi pertama tetapi untuk orang modern lainnya, ia dapat dipindahkan ke gigi berikutnya dengan kisaran putaran per menit (RPM) tertentu untuk mencegah kerusakan mesin dan transmisi mobil Anda.

Low Gear Secara Otomatis
Mengemudi di gigi pertama akan membantu dalam situasi tertentu.
Kapan Menggunakan Gigi Rendah di Transmisi Otomatis?
Pengemudi menggunakan gigi rendah di kendaraan otomatis untuk beberapa alasan tertentu. Untuk menjawab pertanyaan: Kapan harus menggunakan gigi L, mari cari tahu:

Untuk Towing
Itu salah satu alasan paling umum. Menempatkan kendaraan pada gigi rendah menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar, membuatnya lebih mudah untuk menarik beban yang berat. Mobil otomatis mengganti persneling dengan perubahan kecepatan dan RPM, yang dapat memengaruhi mesin jika Anda terus mengangkut sesuatu.

Cukup periksa batasan kecepatan kendaraan untuk gigi pertama dari manual pemilik dan jangan melewati batas itu saat menarik. Ini akan menjaga torsi tetap konsisten dan tidak akan membuat motor tertekan.

Mengendarai di Jalan yang curam
Menggunakan rem untuk memperlambat saat mengendarai jalan atau bukit yang tajam dapat membuatnya terlalu panas dan mungkin menyebabkan kegagalan rem. Anda dapat menggunakan gigi pertama untuk menghilangkan tekanan dari rem. Meskipun Anda masih membutuhkannya, mereka tidak akan mudah aus karena mesin akan melakukan ‘pengereman’ pada gigi rendah.

Mengemudi Dalam Gigi Rendah
Menempatkan mobil di gigi pertama akan membantu ketika Anda sedang berkendara di jalan.
Mendaki Bukit Curam
Saat Anda menaiki lereng, gravitasi bekerja pada kendaraan dan membuat mesin bekerja lebih keras. Karena situasinya hampir seperti penarik sesuatu yang berat, menggunakan gigi pertama akan membuat tugasnya sedikit lebih mudah untuk mesin.

Bagaimana Cara Menggunakan Gigi Rendah di Mobil Otomatis?
Kendaraan otomatis mengubah persneling secara otomatis ketika kecepatan meningkat / menurun dan ketika torsi mencapai RPM tertentu. Namun, jika Anda ingin memaksa mobil transmisi otomatis Anda turun ke gigi bawah, Anda harus mengurangi pedal gas pada awalnya. Kemudian, biarkan transmisi bergerak ke arah gigi yang lebih rendah dan pertahankan kecepatan pada tingkat itu selama Anda ingin mobil mengendarai gigi itu.

Banyak pengemudi mobil tidak pernah menggunakan gigi rendah dalam hidup mereka. Itu terjadi karena mereka tidak mengerti fungsinya atau menghadapi situasi yang sesuai. Nah, Anda tahu sekarang bahwa itu dapat membantu dalam situasi tertentu. Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati karena menggunakannya secara tidak benar dapat merusak transmisi.

Jika Anda tertarik dengan artikel kami dan juga beberapa tips mengemudi yang telah kami sediakan. Mari ikuti kami untuk artikel terbaru setiap hari untuk memenuhi permintaan Anda sendiri.