Apa Penggunaan Gigi Netral Dalam Mobil Transmisi Otomatis

0
31
Transmisi otomatis
Apa Penggunaan Gigi Netral Dalam Mobil Transmisi Otomatis

‘N’ atau ‘Netral’ adalah gear di mobil dengan gearbox otomatis? Pernahkah Anda memikirkan fungsi gigi netral ini? Sebagian besar orang tidak pernah memiliki alasan untuk menggunakannya sementara beberapa driver bahkan tidak tahu kapan dan bagaimana menggunakannya. Yah, ia memiliki beberapa fungsi unik dan bahkan dapat menyelamatkan hidup Anda juga dalam kondisi kritis.

Penggunaan Gigi Netral di Mobil Transmisi Otomatis
Pergeseran ke gigi netral dalam transmisi otomatis akan memutus hubungan antara mesin dan roda. Jadi, tidak ada daya yang akan ditransmisikan ke roda ketika Anda menekan pedal. Ini memungkinkan roda berputar bebas tanpa menarik banyak aksi dari mesin, tetapi Anda masih memiliki kendali atas mobil.

Pergeseran ke netral tidak banyak merugikan kecuali untuk sedikit membebani rem ketika niat Anda adalah menghentikan kendaraan. Namun, dong sering untuk waktu yang lama bisa merusak torque converter.

Kotak Gear Otomatis
Menempatkan gigi di Netral membantu dalam beberapa situasi kritis.

Kapan Menggunakan Gigi Netral
Ada beberapa kesempatan ketika memilih gigi ini akan berguna. Mari lihat:

Hentikan mobil dengan throttle macet
Pikirkan untuk melaju melewati jalan raya dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba menemukan bahwa Anda memiliki throttle yang macet! Menakutkan, bukan? Mendorong rem mungkin tidak cukup untuk menghentikan kendaraan karena kecepatannya tinggi. Jika demikian, taruhan yang aman adalah memindahkan gigi ke netral dan menggunakan rem untuk memarkir dengan aman.

Mematikan mesin bukan solusi teraman karena akan memadamkan tenaga hingga setir, sehingga tidak mungkin menghentikan mobil tanpa kerusakan.

Parkir aman selama kegagalan rem
Orang-orang kebanyakan merespons kegagalan rem dengan mematikan mesin. Itu pilihan yang salah karena akan membuat Anda tidak memiliki kendali atas setir. Selain itu, bahkan dapat mengunci mekanisme roda, membuat situasinya lebih berbahaya. Beralih ke gigi netral akan membantu Anda beralih di antara jalur dan parkir di tempat yang aman.

Menempatkan kendaraan dalam posisi netral selama penarik bukanlah cara yang ideal untuk melakukannya. Namun, Anda tidak punya pilihan ketika perusahaan penarik tidak memiliki penarik bonekanya. Gigi netral akan membantu menjaga mesin dan transmisi kerusakan minimal.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Peralatan Netral
Gigi sebenarnya tidak memiliki banyak kegunaan selain membantu menghentikan mobil dalam beberapa situasi kritis. Lihat FAQ untuk menghapus kebingungan Anda:

Apakah Ada Kerugian Menggunakan Gigi Netral?
Satu-satunya downside adalah bahwa Anda akan memiliki lebih sedikit kendali atas mobil. Untuk mengatasinya, Anda harus berlatih menjalankan mobil dalam mode roda gigi itu. Mungkin menyelamatkan hidup Anda dalam beberapa keadaan darurat.

Penggunaan Gigi Netral
Gigi netral tidak ada hubungannya dengan penghematan bahan bakar /
Apakah Ini Menghemat Bahan Bakar?
Ya, itu hanya mitos. Ini tidak ada hubungannya dengan efisiensi bahan bakar karena mesin masih berjalan di Netral. Jadi, sebagian besar kendaraan akan menggunakan jumlah bensin yang sama dalam keadaan siaga.

Apakah Mengemudi di Netral Berbahaya?
Ya bisa saja. Anda tidak boleh tiba-tiba beralih ke gigi itu ketika Anda mengemudi di jalan raya dengan kecepatan tinggi, kecuali untuk keadaan darurat. Ini secara drastis memperlambat mobil dan mengurangi banyak fungsi roda, yang dapat menyebabkan kecelakaan.