Penyebab Utama Dan Cara Mengatasinya Asap Putih Dari Knalpot

0
185
Asap Putih Dari Knalpot: Penyebab Utama Dan Cara Mengatasinya
Asap Putih Dari Knalpot: Penyebab Utama Dan Cara Mengatasinya

Segala jenis perubahan warna asap, asap putih dari knalpot, misalnya, tentu merupakan pertanda bahwa ada masalah dengan mobil kesayangan Anda. Tingkat keparahannya bisa bervariasi tergantung pada jenis asapnya. Masalahnya mungkin disebabkan oleh pengumpulan kondensasi dan mungkin tidak memiliki implikasi yang jelas. Tapi pengemudi perlu mengerti, apa artinya asap putih? Dalam artikel ini, pakar Car From Japan akan memberi Anda jawaban yang jelas tentang penyebab utama masalah asap putih dan cara terbaik untuk memberantas masalah-masalah yang mengganggu ini. Pada akhirnya, kami juga menyebutkan beberapa pertanyaan umum yang terkait erat dengan masalah ini.

Asap putih adalah masalah ketika mobil Anda melepaskan asap putih dari pipa knalpot. Asap putih bisa menjadi masalah besar atau tidak, tergantung pada ketebalannya. Asap putih adalah hasil kondensasi normal yang menumpuk di dalam sistem pembuangan. Jadi jika tipis seperti uap, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena akan menghilang dengan cepat. Di sisi lain, asap tebal adalah masalah yang cukup besar.

Asap tebal biasanya berasal dari kerusakan pada pendingin engine, yang dapat menyebabkan banyak masalah serius seperti kepala silinder yang rusak, paking kepala yang ditiup, blok mesin yang retak … yang mungkin membuat pengemudi terbebani biaya cukup besar. Dalam situasi ini, kami menyarankan untuk tidak mengabaikannya. Kebocoran cairan pendingin, meskipun kecil, dapat menyebabkan risiko serius kerusakan pada kendaraan Anda yang tercinta.

Apa Mobil Anda Mencoba Memberitahu Anda Dengan Asap Putih Dari Knalpot
Asap putih dari knalpot yang terlihat seperti gumpalan tipis adalah topik untuk hari ini. Dan tidak seseram kelihatannya, asap putih seharusnya tidak menjadi masalah. Akumulasi kondensasi hanya menemukan jalan keluar dari pipa.

Asap putih alasan paling umum adalah suntikan yang rusak.
Apakah mobil Anda menggunakan diesel? Jika jawabannya positif dan jika banyak asap putih keluar saat menghidupkan mesin, itu berarti waktu injeksi pompa bahan bakar berhenti bekerja.

Memeriksa injeksi atau mengubahnya sendiri bukan merupakan rekomendasi dari kami karena tugas ini membutuhkan banyak keterampilan yang tidak boleh dicoba oleh pengemudi pemula. Alih-alih itu, tanpa membuang waktu punya mobil Anda diperiksa oleh mekanik.

Pendingin yang bocor mungkin menjadi alasan mengapa asap mobil Anda berwarna putih
Masalah asap putih lainnya adalah cairan pendingin yang bocor. Indikasinya jelas ketika asap putih muncul saat mobil berjalan, tetapi tidak ketika Anda memulainya.

Alasan untuk jenis asap putih ini adalah karena pendingin pendingin yang entah bagaimana tercampur. Atau yang lain, ketika mobil Anda kekurangan pendingin, mobil mungkin memanas dan mengeluarkan asap putih. Karena itu, memahami suhu mobil juga sangat penting. Jangan jalankan mobil saat pendinginnya hampir habis – karena dapat menyebabkan sesuatu menjadi lebih parah.

Masalah dari bagian mobil kecil lainnya juga dapat menyebabkan asap putih.
Sering kali, banyak asap putih yang meletihkan, ketika mobil berjalan, bisa menjadi indikator masalah mahal dan rumit. Ketika kepala silinder, paking kepala, saringan bahan bakar rusak, atau mesin tersumbat atau retak, gas putih keluar dalam jumlah besar. Memperbaiki atau mengganti bagian-bagian ini mungkin mahal.

Masalah dengan masalah seperti itu adalah Anda tidak bisa berlengah-lengah. Seiring berjalannya waktu mereka mengambil bentuk yang lebih berat dan biaya perbaikan langsung naik. Pemeliharaan rutin membantu Anda untuk melacak masalah secepatnya dan menghemat uang Anda.

Cara Memperbaiki Asap Putih Dari Knalpot
Untuk memperbaiki asap putih dari masalah knalpot, selain membawanya ke bengkel, Anda bisa melakukannya di rumah:

Asupan gasket adalah bagian pertama yang memeriksa apakah Anda memiliki asap putih dari knalpot
Di dalam kendaraan, ada gasket yang menyegel manifold ke kepala. Bagian-bagian ini mengambil peran distribusi campuran pembakaran, bersama dengan pendingin ke port intake yang terpisah. Port-port ini akan ditempatkan di kepala silinder. Anda harus memahami ini sekarang: Jika rusak, cairan pendingin akan masuk ke port dan ruang bakar, menghasilkan asap putih saat mengemudi.

Untuk memperbaikinya, pengemudi harus menghapus intake manifold dan memeriksa intake gasket. Jika ada kebocoran atau karat, Anda tahu di mana harus diperbaiki. Jika tidak apa-apa, kami pindah ke langkah nomor 2.

Ingatlah untuk hanya melakukan langkah ini ketika gasket asupan bekerja dengan baik. Setelah itu, kita akan sampai di paking kepala.

Ini adalah bagian mobil yang menyegel kepala silinder untuk mencegah cairan pendingin masuk ke silinder. Setiap kebocoran atau kerusakan pada bagian ini menciptakan asap putih.