Cara Menangani Pengisian Bahan Bakar Salah Dalam Mobil

0
174
Cara Menangani Pengisian Bahan Bakar Salah Dalam Mobil
Cara Menangani Pengisian Bahan Bakar Salah Dalam Mobil

Diesel dan bensin berinteraksi dengan mesin dan sistem bahan bakar secara keseluruhan dengan cara yang berbeda. Keduanya berfungsi sebagai bahan bakar tetapi diesel juga merupakan pelumas sementara fungsi bensin sebagai pelarut. Jadi, bahan bakar yang salah di mobil dapat menciptakan efek merusak. Mesin bensin dengan bahan bakar diesel tidak dapat menyala karena suhu pembakaran kedua bahan bakar yang berbeda. Demikian pula, bensin tidak dapat cukup melumasi mesin diesel.

Apa yang harus dilakukan jika Anda memasukkan bahan bakar yang salah ke dalam mobil?
Sejumlah besar orang melakukan kesalahan dengan mengisi bahan bakar kendaraan mereka dengan bahan bakar yang salah. Jadi, itu adalah kesalahan umum. Untuk menjaga kerusakan pada tingkat minimal, jangan nyalakan kunci kontak. Melakukan hal itu akan menyebarkan bahan bakar yang salah ke mesin dan sistem bahan bakar, meningkatkan tingkat kerusakan.

Seberapa parah mobil dan komponen internalnya dapat terpengaruh? Gas dalam mesin bahan bakar akan meningkatkan gesekan antar komponen. Saluran bahan bakar dan pompa adalah yang pertama terpengaruh. Mobil akan bergetar pada saat mengemudi. Diesel dalam mesin gas akan menyebabkan lebih sedikit kerusakan karena tidak akan menghidupkan mesin karena memiliki properti yang lebih tebal. Satu masalah kecil adalah penumpukan jelaga di busi.

Jika Anda perlu memindahkan mobil dari pompa bensin, jangan mengendarainya. Lepaskan rem parkir dan minta seseorang untuk membantu Anda mendorong mobil. Saat berada di tempat yang aman, gunakan rem parkir, dan hubungi layanan mobil.

Hubungi Layanan Pinggir Jalan
Ada beberapa toko yang menawarkan layanan drainase seluler. Ini sebenarnya kendaraan yang memiliki tangki bahan bakar kosong di atas kapal dan pompa yang kuat, yang menghisap bahan bakar buruk dari tangki mobil Anda dan menyimpannya di dalam tangki kosong. Layanan semacam itu tidak termasuk mengganti pompa dan filter Anda tetapi akan mengguyur saluran bahan bakar. Juga, mereka akan menambahkan pelarut khusus ke dalam sistem untuk melarutkan sisa jejak bahan bakar yang salah.

Tow ke Garasi
Jika Anda tidak bisa mendapatkan layanan perbaikan pinggir jalan, tarik mobil ke garasi untuk menghabiskan bahan bakar. Ini lebih cocok jika Anda sudah menyalakan mobil dan melakukan beberapa kerusakan.

Sisi positifnya adalah garasi memiliki alat dan waktu untuk menilai kerusakan dengan benar dan mengganti setiap bagian di sana dan kemudian. Mekanik di sana memiliki alat yang tepat untuk mendiagnosis tingkat cedera dan memperbaiki bagian yang rusak. Perbaikan di pinggir jalan agak berisiko dalam arti bahwa beberapa bahan bakar yang salah mungkin masih tertinggal dalam sistem. Tetapi ini tidak akan terjadi ketika Anda membawanya untuk diperbaiki di garasi.

Lakukan Drainase DIY
Atau, Anda bisa memperbaiki masalahnya sendiri dengan alat siphon. Hanya menyedot bahan bakar yang salah di dalam mobil ke dalam wadah dan membuangnya dengan aman. Tangki bahan bakar di beberapa kendaraan memiliki sumbat drainase. Dalam hal ini, Anda harus mengalirkan cairan dengan melepas steker.