Gejala Master Kopling Rusak

0
35
Gejala Master Kopling Rusak
Gejala Master Kopling Rusak

Silinder master kopling menghubungkan kaki kiri Anda ke kopling dalam kendaraan tiga pedal dengan kopling hidrolik. Jika master silinder gagal total, kemungkinan Anda akan terdampar, kecuali Anda dapat menemukan cara untuk tanpa menggunakan kopling. Ini sangat berbahaya jika rem dan kopling berbagi reservoir yang sama, karena terdapak keggagalan/tanpa rem juga.

Untungnya, mode kegagalan paling umum dari master silinder kopling adalah kebocoran cairan kopling, yang dapat memberi Anda beberapa tanda peringatan dini sebelum sistem gagal sepenuhnya.

Cara Kerja Master Silinder Kopling
Kendaraan modern dengan transmisi manual menggunakan cairan hidrolik (biasanya minyak rem) untuk memindahkan gerakan pedal kopling ke aktuasi garpu kopling. Saat Anda menekan pedal kopling, batang yang terpasang pada unit pedal kopling mendorong cairan hidrolik dalam silinder master kopling.

Karena fluida ini tidak dapat dimampatkan, ia dipaksa untuk melakukan perjalanan menuruni garis kopling ke silinder pendukung, yang melekat pada garpu kopling. Garpu kopling memaksa kopling terpisah dari pelat tekanan dan roda gila, memungkinkan mesin dan roda berputar secara independen.

Gejala Master Kopling Buruk Kopling Buruk
Berikut adalah empat dari tanda-tanda paling umum silinder master kopling Anda mulai gagal atau sudah sepenuhnya gagal. Perhatikan bahwa hal-hal berikut ini mungkin hanya membantu jika Anda memiliki masalah kopling hidrolik, dan tidak berlaku untuk sistem kopling yang dioperasikan dengan kabel.

Fluida Kopling Rendah
cairan kopling rendah
Silinder master kopling akan memiliki tanda rendah dan tinggi di sisi reservoir yang mengindikasikan volume cairan kopling yang aman. Jika tingkat cairan kopling Anda jatuh di bawah tanda rendah, sekarang saatnya untuk menambah. Tutup reservoir atau manual pemilik harus memberi tahu Anda jenis cairan apa yang digunakan.

Setelah Anda mengisi cairan kopling, perhatikan levelnya. Level cairan kopling tidak akan turun seiring waktu seperti yang Anda lihat pada minyak rem. Tingkat cairan rem turun seiring waktu karena piston caliper rem meluas lebih jauh saat bantalan rem Anda aus, tetapi kopling tidak beroperasi dengan cara ini.Kehilangan cairan kopling yang kronis merupakan indikasi master kopling bocor atau silinder pendukung.

Pedal Kopling Lembut atau Spongy
cara mengatur pedal kopling
Pernahkah Anda memperhatikan pedal kopling Anda terasa sedikit lebih ringan dan lebih mudah ditekan daripada biasanya? Tidak seperti cairan kopling, udara bisa kompres. Jika Anda memiliki udara di dalam silinder master kopling, pedal akan mulai terasa sangat lembut, bahkan jika kopling tampaknya bekerja dengan sempurna.

Coba cairan kopling untuk menyelesaikan masalah. Jika masalah kembali setelah sedikit waktu berlalu, silinder master kopling mungkin rusak.

Jika ini terjadi pada Anda, mungkin ide yang baik untuk membuka penutup dan memeriksa level cairan kopling.

Jika reservoir cairan kopling kosong, mungkin ada sedikit cairan yang tersisa di garis untuk membuat Anda tetap berjalan, tetapi Anda pasti akan melihat perbedaan dalam keterlibatan kopling, jika Anda bahkan bisa membawanya ke gigi sama sekali .

Fluida Kopling kotor
cairan hidrolik gelap
Jika Anda mengganti cairan kopling Anda baru-baru ini tetapi menyadari tiba-tiba menjadi sangat kotor, salah satu segel internal dalam silinder master kopling mungkin gagal. Potongan karet di segel ini dapat rusak dan mencemari cairan kopling, dengan sangat cepat mengubah warna isi reservoir.

Jika Anda belum mengganti cairan kopling Anda baru-baru ini, periksa manual pemilik Anda untuk interval perawatan yang disarankan. Cara yang tepat untuk mengganti fluida kopling adalah menyiram sistem dengan fluida segar,cairan pada garis kopling dalam proses.

Sedot cairan kopling lama dari reservoir
Tutup reservoir dengan cairan segar.
Tunggu beberapa hari untuk melihat apakah cairan baru menjadi kotor.
Jika cairan menjadi kotor dalam beberapa hari, kemungkinan memiliki segel yang gagal dalam master silinder kopling, terutama jika Anda menunjukkan gejala lain yang tercantum di atas.

biaya penggantian master silinder kopling
Tergantung pada kendaraannya, mengganti master silinder kopling seringkali cukup murah dan mudah. Bahkan mungkin bagi sebagian besar mekanik rumah untuk menangani pekerjaan ini sendiri.