Gejala Kerusakan Pada Komputer Mobil 

0
49
Gejala Kerusakan Pada Komputer Mobil 
Gejala Kerusakan Pada Komputer Mobil 

Modul Kontrol Powertrain (PCM) adalah mesin yang canggih. Ini menerima data dari berbagai sensor. Modul Kontrol Engine (ECM) dan Modul Kontrol Transmisi (TCM) adalah contoh sistem yang dipantau PCM.

Hebatnya, PCM juga menganalisis data yang dikumpulkannya. Ia menggunakan informasi itu untuk mengontrol sistem pengapian, injektor bahan bakar, dan banyak lagi. Ini akan bekerja di luar pengaturan terbaik untuk kinerja yang optimal dan beradaptasi sesuai.

Jika kendaraan Anda memiliki PCM yang rusak, Anda dapat mengalami beberapa masalah serius. Berikut adalah beberapa gejala umum untuk membantu mendiagnosis modul kontrol powertrain yang rusak serta biaya rata-rata untuk mengganti dan / atau memprogram ulang PCM.

Cara Kerja PCM
Tidak masalah jika Anda memiliki Ford atau Chevy, relai PCM akan serupa. Ini adalah otak mobil, dan mengendalikan semua yang ada di kendaraan.

Komputer mobil yang rusak adalah masalah besar. Masalah dengan sistem ini berarti tidak dapat mengirim pesan ke sistem lain di dalam kendaraan. Ini bisa berarti membuang waktu Anda dan sistem vital lainnya juga.

6 Gejala PCM Rusak
Cara terbaik untuk mendiagnosis masalah dengan sistem ini adalah dengan mengunjungi ahli listrik otomatis yang memenuhi syarat. Mereka memiliki peralatan khusus yang memungkinkan mereka membaca kode kesalahan yang dipancarkan PCM. Sementara itu, berikut adalah enam gejala klasik untuk mendiagnosis masalah PCM.

1 – Performa Buruk
Saat Anda lelah, Anda tidak beroperasi dengan efisiensi puncak. Jika Anda lelah atau sakit, Anda memiliki sejenis kabut otak yang membuatnya lebih sulit untuk berpikir. Sangat mudah untuk membuat keputusan yang salah dan membuat kesalahan.

PCM Anda mungkin tidak berisiko terkena flu, tetapi ketika sedang “sakit”, mekanisme tersebut akan membuat kesalahan. Itu bisa salah menafsirkan campuran udara / bahan bakar, misalnya, dan tidak mengirim mesin jumlah bahan bakar yang diperlukan.

Mediavine
Jika terlalu sedikit bahan bakar, mesin tidak akan berfungsi dengan baik. Itu akan mulai menyentak dan bahkan mungkin macet. Jika ini terus berlanjut dalam jangka waktu lama, mesin bisa menjadi rusak secara permanen karena tidak mendapatkan pelumasan yang dibutuhkan.

Namun, jika terlalu banyak bahan bakar, mesin tidak akan langsung rusak. Apa yang akan Anda perhatikan adalah peningkatan emisi dan penurunan ekonomi bahan bakar. Jika ini tidak diperbaiki dengan cepat, itu akan mengeluarkan terlalu banyak karbon dan berdampak buruk pada kinerja mesin juga.

2 – Menggeser Menjadi Bermasalah
Jika mobil mulai bergeser tidak perlu, itu merupakan indikasi yang masuk akal bahwa ada sesuatu yang salah dengan PCM atau TCM Anda. Tapi itu juga bisa menunjukkan masalah dengan badan katup transmisi atau hanya sedikit cairan transmisi.

3 – Ketidakcocokan atau Bumerang
Jika mesin salah banyak atau bumerang, Anda harus membawa mobil Anda ke mekanik. Mereka kemudian dapat menganalisis kode kesalahan dan memberi tahu Anda sifat masalahnya.

4 – Masalah Mulai
Agar mesin berjalan sebagaimana mestinya, PCM memastikan bahwa semuanya berada di posisi yang benar. Ini juga mengkoordinasikan waktu penyalaan. Jika waktunya mati, busi tidak akan menyala pada waktu yang tepat.

Ini menyebabkan masalah dalam menjalankan mobil. Jika ini masalahnya, kendaraannya mungkin terbalik, tetapi itu tidak akan mulai.

5 – Peningkatan Emisi
Kelemahan dari membakar lebih banyak bahan bakar adalah bahwa emisi Anda meningkat. Jika ada terlalu banyak bahan bakar, catalytic converter akan berjuang untuk memurnikan semua asap. Anda akan mengalami emisi yang lebih tinggi, dan Anda bahkan mungkin gagal dalam tes emisi, jadi Anda harus menyelesaikannya.

6 – Lihatlah Lampu Peringatan
Jika lebih dari satu lampu peringatan menyala, itu merupakan indikasi pasti adanya masalah di cakrawala. Mobil tidak beroperasi secara optimal, dan pasti ada masalah di antara sistem yang berbeda.

Jika dasbor Anda menyala seperti pohon Natal, pergi ke montir mobil yang berspesialisasi dalam pekerjaan listrik sesegera mungkin.

Biaya Penggantian PCM
Biaya penggantian PCM
PCM adalah sistem yang sangat penting sehingga Anda mengharapkan komponen menjadi mahal. Anda benar. Karena beberapa modul kontrol powertrain jauh lebih kompleks daripada yang lain, harga dapat sangat bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya.