Bagaimana Cara Kerja Turbo Pada Mesin Mobil

0
2111
Bagaimana Cara Kerja Turbo Pada Mesin Mobil
Bagaimana Cara Kerja Turbo Pada Mesin Mobil

Ketika orang berbicara tentang mobil balap atau mobil sport berkinerja tinggi, topik turbocharger biasanya muncul. Turbocharger juga muncul di mesin diesel besar. Sebuah turbo dapat secara signifikan meningkatkan tenaga kuda mesin tanpa secara signifikan menambah bobotnya, yang merupakan manfaat besar yang membuat turbo begitu populer!

Pada artikel ini, kita akan belajar bagaimana turbocharger meningkatkan output daya sebuah mesin sambil bertahan dalam kondisi operasi yang ekstrem. Kita juga akan belajar bagaimana wastegate, pisau turbin keramik dan bantalan bola membantu turbocharger melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Turbocharger adalah jenis sistem induksi paksa. Mereka memampatkan udara yang mengalir ke mesin (lihat Bagaimana Mesin Mobil Bekerja untuk deskripsi aliran udara pada mesin normal). Keuntungan dari mengompresi udara adalah memungkinkannya menekan lebih banyak udara ke dalam silinder, dan lebih banyak udara berarti lebih banyak bahan bakar yang dapat ditambahkan. Karena itu, Anda mendapatkan lebih banyak daya dari setiap ledakan di setiap silinder. Mesin turbocharged menghasilkan lebih banyak daya secara keseluruhan daripada mesin yang sama tanpa pengisian. Ini secara signifikan dapat meningkatkan rasio daya-terhadap-berat untuk mesin (lihat Bagaimana Horsepower Bekerja untuk detailnya).

Untuk mencapai peningkatan ini, turbocharger menggunakan aliran gas buang dari mesin untuk memutar turbin, yang pada gilirannya memutar pompa udara. Turbin di dalam turbocharger berputar dengan kecepatan hingga 150.000 putaran per menit (rpm) – sekitar 30 kali lebih cepat daripada kebanyakan mesin mobil. Dan karena terhubung ke knalpot, suhu dalam turbin juga sangat tinggi.

Teruslah membaca untuk mengetahui berapa banyak lagi daya yang dapat Anda harapkan dari mesin Anda jika Anda menambahkan turbocharger.