Gejala Kerusakan Sabuk Serpentine/ Tali Kipas

0
189
Gejala Kerusakan Sabuk Serpentine/ Tali Kipas
Gejala Kerusakan Sabuk Serpentine/ Tali Kipas

Mobil Anda terdiri dari beberapa bagian yang bergerak, seperti alternator, pompa air, pompa power steering, dan kompresor AC. Agar kendaraan Anda berfungsi dengan benar, semua bagian ini harus bekerja serentak.

Sabuk penggerak serpentine atau aksesori terhubung ke pompa power steering Anda, alternator, AC, dan kadang-kadang, pompa air. Memberi daya pada semua bagian ini, itu adalah sabuk panjang yang memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Karena kekuatan berbagai komponen, sabuk ini juga dapat disebut sebagai sabuk power steering, sabuk alternator, atau sabuk kipas. Seharusnya tidak pernah bingung dengan timing belt.

Tidak peduli apa namanya, ketika mulai gagal, Anda akan memiliki beberapa masalah. Untungnya, gejala sabuk ular yang buruk mudah dikenali.

cara kerja sabuk penggerak
Ini mekanika sederhana. Ikat pinggang dihubungkan ke berbagai titik koneksi. Ketika motor menendang ke kehidupan, sabuk diaktifkan. Itu akan ditarik dan dikencangkan. Seperti yang terjadi, sabuk memberi tenaga komponen lain dalam sistem. Mereka bergerak karena sabuk tidak.

Jika Anda memiliki tensioner sabuk serpentin yang buruk, maka AC Anda, power steering, dan alternator akan terpengaruh.

Ini adalah masalah serius, dan jika sabuk terkunci, Anda akan menemukan bahwa mobil menjadi lebih sulit untuk dikendarai. Terlebih lagi, jika sabuk terkunci di bawah tekanan tinggi saat digunakan, itu dapat merusak sistem kritis lainnya juga. Yang terbaik adalah memperbaiki masalah ini sesegera mungkin.

Berikut adalah lima cara Anda akan tahu sudah waktunya untuk mengganti sabuk serpentine Anda:

1 – Pendingin Udara Anda Tidak Berfungsi
pendingin ruangan tidak bekerja
Jika AC Anda tiba-tiba berhenti bekerja, ini bisa menjadi masalah. Anda harus memperhatikan bahwa AC tidak berfungsi dan tidak akan ada suara datang darinya. Juga tidak akan ada udara dingin keluar dari ventilasi.

Beberapa hal dapat mencegah AC bekerja tetapi periksa sabuk drive aksesori untuk berjaga-jaga.

2 – Suara Memekik
Jika kedengarannya seolah-olah mobil Anda sedang berlatih untuk kontes panggilan babi, segera periksa sabuk ular. Ini biasanya terjadi ketika sabuk tergelincir atau belum disejajarkan dengan benar dan sering terlihat pada pagi yang dingin sebelum mesin menghangat.

Kedua situasi ini merupakan perbaikan sederhana — kencangkan sabuk dan pastikan bahwa sabuk itu berbaris dengan sempurna. Situasi lain berarti membeli sabuk baru sebagai gantinya.

3 – Tidak Ada Power Steering
setir membuat suara saat berbelok
Hilangnya tenaga dalam mekanisme kemudi bisa sedikit menakutkan. Seolah-olah mobil Anda menjadi mustahil untuk dikendalikan dalam semalam. Power steering sangat bagus saat berfungsi, tetapi ketika terjadi kesalahan, Anda merasa seolah-olah sedang mengendarai tank yang berat.

Meskipun dimungkinkan untuk mengemudi tanpa power steering (kebanyakan mobil yang lebih tua tidak memilikinya), dibutuhkan banyak upaya, terutama pada kecepatan rendah. Pompa power steering yang salah atau kekurangan cairan sebenarnya bisa menjadi penyebabnya, tetapi ada baiknya memeriksa sabuk serpentine Anda.

4 – Mesin Terlalu Panas
Di mobil tempat sabuk menggerakkan pompa air, masalah ini biasa terjadi. Jika sabuk rusak, maka pompa air tidak akan berfungsi, dan mesin akan kepanasan. Jika Anda terus mengemudi dengan masalah ini, Anda mencari masalah.

Jika Anda harus mengemudi ke mekanik, perhatikan suhu. Berkendara perlahan dan hati-hati untuk mencegah mesin dari kepanasan dan pengikatan Taruhan paling aman adalah memiliki mobil yang ditarik — harganya sedikit lebih mahal, tetapi tidak sebanyak mesin baru.

5 – Belt Retak
sabuk penggerak retak
Inspeksi perawatan cepat setiap beberapa minggu atau ketika Anda mengganti oli adalah bijaksana. Periksa sabuk dan komponen lainnya di dalam mobil. Apakah ada yang perlu diperketat? Atau diganti?

Jika Anda melihat bahwa sabuk serpentine retak atau rusak, saatnya untuk mendapatkan yang baru. Anda bisa menunggu sampai sabuk terkunci, tetapi itu berisiko lebih banyak kerusakan pada mobil Anda.

Sabuk cukup mudah diganti dalam banyak kasus dan tidak semahal itu. Tidak ada alasan untuk menunda perbaikan ini.