Alasan Mengapa bantalan Rem Cakram Tidak Merata

0
179
Alasan Mengapa bantalan Rem Cakram Tidak Merata
Alasan Mengapa bantalan Rem Cakram Tidak Merata

Setiap sistem pengereman disc mengandalkan bantalan rem untuk menciptakan gesekan yang diperlukan untuk memperlambat kendaraan. Bantalan rem diposisikan di dalam kaliper rem Anda.

Setiap kali Anda menginjak pedal rem untuk memperlambat kendaraan, bantalan rem akan menekan rotor rem cakram berputar dan menciptakan gesekan. Bahan gesekan di bagian depan bantalan rem dibuat untuk digunakan dari waktu ke waktu. Dalam sebagian besar keadaan, bantalan rem akan aus secara merata di kedua sisi kendaraan, apa pun jenis bantalan rem yang Anda gunakan.

Namun, ada situasi di mana bantalan rem dapat aus di setiap sisi. Banyak pemilik mobil bingung tentang hal ini dan tidak yakin mengapa ini terjadi.

Setiap kali Anda memiliki bantalan rem yang tidak rata di kendaraan Anda, Anda akan dipaksa untuk mengganti semua bantalan rem secara bersamaan. Ini bisa menjadi pengeluaran yang tidak perlu karena Anda akhirnya akan mengganti bantalan yang masih bagus dan belum sepenuhnya aus.

Tetapi Anda harus melakukan ini karena kendaraan Anda harus memiliki bantalan rem yang sama-sama dipakai. Jika tidak, itu dapat membahayakan dinamika sistem pengereman Anda dan mungkin dapat menyebabkan masalah dengan pengereman itu sendiri.

Di bawah ini adalah lima alasan paling umum agar bantalan rem aus di setiap sisi kendaraan.

1 – Variasi Ketebalan Rotor
Variasi ketebalan disk adalah istilah mekanis yang mengacu pada ketika rotor kendaraan memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Setiap kali ada variasi dalam tingkat ketebalan rotor Anda, itu akan menyebabkan bantalan rem lebih cepat aus.

Rotor akan memiliki lebih banyak bintik-bintik datar dimana bantalan rem akan bersentuhan. Begitu mereka melakukannya, keausan bantalan rem akan menjadi tidak rata di sudut kendaraan.

2 – Piston Caliper Lengket
Jika Anda beberapa puing atau karat pada satu atau lebih piston Anda, maka itu dapat menyebabkan kaliper rem lengket. Ini berarti bahwa piston tidak akan meluncur dengan benar, menyebabkan bantalan rem membuat kontak konstan dengan rotor yang sesuai. Ini akan menyebabkan material kampas rem digunakan lebih cepat daripada yang lain.

3 – Misalignment
Kadang-kadang ketika Anda memasang bantalan rem baru di kendaraan Anda, mekanik mungkin tidak meluruskannya secara merata, kadang-kadang karena braket yang tertekuk di bagian belakang bantalan. Kapan pun Anda memiliki bantalan rem yang tidak selaras, itu akan menyebabkan bantalan remnya tidak rata selama kegiatan pengereman Anda.

Anda harus memperhatikan masalah ini terjadi dalam beberapa hari setelah mendapatkan bantalan rem baru yang tidak selaras. Setelah Anda mulai mengalami masalah pengereman, Anda akan bertanya-tanya mengapa bantalan rem Anda sudah beraksi ketika Anda baru saja diganti. Nah, ini disebabkan bantalan rem aus karena tidak pas dengan kaliper.

4 – Rotor Kotor
Rotor yang kotor tentu saja merupakan salah satu kemungkinan penyebab keausan yang tidak rata pada bantalan rem Anda. Ini tidak perlu menjadi rotor tua juga. Kadang-kadang ketika rotor baru dipasang di kendaraan, mereka mungkin masih memiliki kotoran atau minyak di mana pun mereka disimpan.

Rotor perlu dibersihkan dengan pembersih rem yang diformulasikan untuk memastikan puing-puing ini dihilangkan darinya. Tidak hanya itu, Anda mungkin ingin menerapkan lapisan anti karat pada rotor untuk membantu mencegahnya berkarat. Lebih mudah dikatakan kemudian dilakukan.

5 – Rotator bengkok
Rotor bengkok berarti bahwa permukaannya tidak mulus sempurna, tetapi sedikit cacat atau bergelombang. Ini biasanya terjadi ketika air dingin bersentuhan dengan rotor panas yang membakar. Ketika Anda memiliki rotor bengkok, bantalan rem hanya membuat kontak dengan titik-titik tinggi rotor sementara bantalan lainnya melakukan kontak penuh. Ini menghasilkan keausan pad yang tidak rata.

Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh segera menyemprotkan air ke roda Anda dan mulai mencuci mobil segera setelah mengemudi dengan semangat. Anda ingin memastikan bahwa rotor telah diberi cukup waktu untuk mendinginkan sehingga cukup hangat saat disentuh dan tidak panas.

Untuk mengonfirmasi, cukup letakkan tangan Anda beberapa inci dari rotor. Jika Anda merasakan banyak panas, tunggu beberapa menit sebelum menggunakan air.

6 – Berbagai Jenis Bantalan Rem
Penting agar Anda tetap konsisten dengan jenis bantalan rem yang Anda pasang di sistem pengereman Anda. Jangan gunakan merek atau bahan bantalan rem yang berbeda karena cenderung akan aus pada tingkat yang berbeda dan memiliki masa pakai yang sama sekali berbeda.

Jika Anda tetap dengan model dan ketebalan yang sama pada bantalan rem Anda, maka Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mengenakannya secara merata.