Apakah Anda Benar-Benar Perlu Mengganti Oli Setiap 3.000 Mil

0
238
Mengganti Oli

Jika Anda mengemudi, Anda mungkin telah diberitahu bahwa Anda membutuhkan penggantian oli setiap 3.000 mil. Ini adalah standar yang diterima secara luas dalam hal penggantian oli, tetapi apakah Anda benar-benar perlu mengganti oli mesin setelah menempuh 3.000 mil?

Jadwal penggantian oli 3.000 mil adalah perbaikan kadar pelumasan di minyak dan servis di beberapa dealer mobil baru. Penggantian oli yang disarankan sebenarnya sangat bervariasi dari satu produsen kendaraan, jadi selalu yang terbaik untuk membiasakan diri dengan manual pemilik untuk mengikuti perawatan yang disarankan.

Seberapa sering Anda perlu mengganti oli?
Bertahun-tahun yang lalu, itu adalah ide yang baik untuk sering mengganti oli mesin dan filter oli Anda, tetapi karena kemajuan dalam bahan-bahan mesin dan yang lebih ketat, serta oli yang masuk ke mesin, sebagian besar pabrikan merekomendasikan interval 7.500 mil atau lebih.

Merekomendasikan penggantian oli setiap 10.000 mil. Begitu juga Toyota pada beberapa mesin, termasuk Prius 1,8 liter empat silinder dan Camry 2,5 liter empat silinder. BMW mengatakan pemilik dapat mencapai 15.000 mil antara penggantian oli (dengan oli sintetis).

Berdasarkan pabrikan dan mesin, jadi bacalah manual atau jadwal perawatan pemilik untuk melihat seberapa sering mengganti oli di kendaraan Anda dan jenis oli apa yang digunakan.

Pabrikan menyarankan Anda mengganti oli lebih sering untuk kondisi mengemudi yang “berat”, seperti penarik trailer yang sering, mengemudi stop-go yang ekstensif atau dalam panas atau dingin yang ekstrem, atau mengemudi jarak pendek yang sering di mana mesin tidak mencapai suhu operasi penuh.

Fitur Kendaraan Modern Membuat Menjaga Dengan Perawatan Mudah
Beberapa perusahaan mobil, termasuk Ford dan GM, melengkapi sebagian besar kendaraan dengan monitor masa pakai oli yang memberi tahu pemilik mobil kapan saatnya mengganti oli berdasarkan kecepatan kendaraan, suhu mesin, kondisi iklim, jumlah start dingin dan faktor lainnya. Mereka semua dapat mengutip contoh dari pemilik yang mengatakan monitor masa pakai oli mengindikasikan bahwa mereka bisa lebih lama dari penggantian yang disarankan.

Jika Anda akan menempuh jarak 10.000 mil atau lebih di antara penggantian oli, maka lakukan setiap enam bulan, ketika Anda mungkin juga harus memutar ban. GM mengatakan untuk mengganti oli Anda setidaknya setahun sekali walaupun lampu peringatan indikator layanan tidak menyala. Dengan interval yang disarankan lebih lama antara penggantian oli, lebih penting untuk memeriksa level oli setidaknya sebulan sekali untuk memastikan Anda memiliki cukup.