Kamu Butuh Kerja Sampingan? Ayo Lihat Lima Peluang Berikut

Kerja Sampingan

Kerja sampingan membuatmu nggak bergantung sepenuhnya pada pemberian orang tua. Bisa memenuhi kebutuhan sendiri apakah itu seluruhnya atau sebagian. Selain itu juga bisa me latihan mental dan kemandirian serta manajemen waktumu. Tapi pekerjaan sampingan apa ya yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu? Yang pasti nggak mengganggu jam belajar dan bisa menambah pengetahuan dan pengalamanmu. Ayo simak lima peluang  berikut khusus untuk kamu.

Pertama, dropshipper. 

Ini kerja sampingan yang gampang banget. Nyaris tidak pakai modal dan bisa dikerjakan dari mana saja, kapan saja asalkan ada kuota dan jaringan internet. Kalau kamu tertarik pada bidang otomotif misalnya, kamu bisa jadi dropshipper sparepart mobil atau motor. Atau dropshipper aksesoris mobil. Peluangnya cukup besar dan labanya pun lumayan.

Kedua, magang di bengkel motor atau bengkel mobil di dekat kampus atau kos-kosan mu. 

Selain mendapat uang tambahan, magang di bengkel bisa menambah pengetahuan otomotifmu.  Selain itu pekerjaan sampingan ini bisa menjadi tabungan pengalaman bagimu jika kelak kamu ingin membuka bengkel motor sendiri atau bekerja di bengkel motor yang lebih besar.

Image result for Kerja Sampingan otomotif



Ketiga, sopir travel freelance. 

Peluang kerja sampingan bidang otomotif ini nyaris tidak sulit asalkan kamu punya SIM A dan kemampuan menyetir yang baik. Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai supir travel. Biasanya saat weekend banyak keluarga yang ingin bepergian ke luar kota. Nah daripada weekend mu hanya diam di kos-kosan kenapa tidak menyupiri mereka? Gajinya lumayan loh. Sehari antara Rp100.000 hingga Rp300.000, tergantung jauhnya perjalanan. Hal penting lainnya, akomodasi beserta konsumsi biasanya ditampung oleh penyewa mobil.

Keempat, montir panggilan. 

Kadang-kadang teman-temanmu motornya mogok di kampus dan nggak bisa mendorong ke bengkel. Kenapa bukan kamu saja yang jadi montir panggilan dan  memperbaiki motor mereka di tempat? Peluang konsumen lainnya, mahasiswi yang biasanya malas atau tidak punya waktu untuk membawa motor mereka ke bengkel. Langkah awal promosi, kamu bisa sebarkan pamflet atau flyer yang mencantumkan nama, nomor telepon, dan jenis servis yang bisa kamu layani. Kelemahannya adalah modal untuk peralatan servis dan waktu. Jika panggilan datang saat kamu sedang kuliah, misalnya. Solusinya, buat jadwal dan temukan partner agar bisa berbagi shift. 

Kelima, tutor menyetir freelance

Modal yang kamu perlukan hanya SIM A, kemampuan menyetir yang baik, dan kemampuan mengajar. Karena freelance, kamu bisa mengambil jadwal sesuai jadwal kuliahmu. Hasilnya lumayan, lho. 

Dari lima peluang kerja sampingan di atas, ada yang sesuai dengan minat dan waktumu? Segera dieksekusi, karena kesempatan hanya datang sekali. Siapa tahu kamu malah mendapat ide cemerlang yang membuat peluangmu makin besar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *