Proses Pendinginan Udara Mobil Gejala Kondisi AC

0
1478
Proses Pendinginan Udara Mobil Gejal Kondisi AC
Proses Pendinginan Udara Mobil Gejal Kondisi AC

Sistem pendingin udara di mobil Anda dianggap sebagai kemewahan. Fitur dasar yang sering kita anggap remeh.

Anda ingin AC bekerja secara efisien dan efektif setiap kali Anda menggunakannya. Jika salah satu bagian dalam sistem A / C gagal, AC tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan jika itu berfungsi sama sekali.

Kondensor AC adalah komponen penting dari proses pendinginan udara dan pengeringan udara ini. Dengan kondensor AC rusak, Anda tidak akan menjadi orang yang sangat bahagia di tengah musim panas. Begini cara kerja bagian ini dan tanda-tanda apa yang harus Anda cari untuk mendiagnosis kondensor AC yang rusak.

bagaimana kondensor AC bekerja
Pendingin udara, baik di mobil maupun di rumah, bekerja berdasarkan pertukaran panas dan gradien tekanan. Di dalam mobil, zat yang disebut refrigeran diubah dari cairan menjadi gas dan kembali lagi dalam sistem yang hampir tertutup di mana kondensor AC adalah bagian yang sangat penting.

Gradien tekanan diperlukan agar ini berfungsi dengan benar, sehingga setiap kebocoran pada sistem pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan.

Kompresor A / C, digerakkan oleh poros engkol mobil, menekan refrigeran gas. Ini adalah titik dalam siklus di mana sistem A / C berubah dari tekanan rendah ke tekanan tinggi.

Selanjutnya, refrigeran bertekanan tinggi ini mengalir ke kondensor A / C, yang seperti radiator kecil di bagian depan mobil di mana panas dikeluarkan dari refrigeran dengan dipindahkan ke udara luar yang mengalir di atasnya. Ini menyebabkan gas mengembun kembali menjadi cairan. Kondensor AC adalah kunci untuk menghilangkan panas dari sistem.

Cairan yang didinginkan ini bergerak ke drier-penerima / akumulator yang menghilangkan kelembaban berlebih dan kotoran apa pun dari cairan.

Refrigeran kemudian bergerak ke katup ekspansi atau tabung lubang, yang merupakan bukaan kecil untuk memungkinkan hanya sedikit cairan masuk sekaligus. Ini mengurangi tekanan pada substansi, yang membawa kita kembali ke sisi tekanan rendah dari sistem.

Evaporator, yang terletak di bawah dashboard di sisi penumpang dalam banyak kasus, adalah perhentian berikutnya untuk cairan bertekanan rendah yang sangat dingin ini. Refrigeran masuk melalui evaporator sementara kipas A / C menggerakkan udara kabin melaluinya. Refrigeran menyerap panas (menyebabkan cairan mendidih dan berubah menjadi gas) dari udara, yang mendinginkan udara sebelum berhembus melalui dash ke kabin.

Refrigeran gas yang dipanaskan kemudian mengalir kembali ke kompresor AC untuk mengulangi proses ini.

Gejala Kondensor AC rusak
Sementara beberapa dari masalah ini hanya mengindikasikan masalah dengan sesuatu dalam sistem pendingin udara, masalah yang berhubungan dengan penumpukan panas biasanya mengarah ke kondensor AC karena melepas sistem panas adalah pekerjaan utamanya.

1 – ventilasi mobil
Ini mungkin hal pertama yang akan Anda perhatikan jika kondensor AC Anda rusak. Ketika Anda mengharapkan udara dingin, kondensor A / C harus diperiksa apakah ada penyumbatan atau cacat yang menyebabkan pembatasan aliran udara.

Jika aliran gas dan cairan terganggu di sini maka seluruh sistem tidak dapat berjalan pada efisiensi maksimumnya.

2 – Bau kebakar

Ketika kendaraan tidak dapat melepaskan panas, sistem A / C terbentuk, kemudian pada akhirnya suhu semua bagian akan meningkat ke titik di mana komponen mulai terbakar dan mengeluarkan bau sementara A / C dihidupkan.

Ini adalah masalah serius dan Anda mungkin perlu mengganti beberapa bagian sistem karena dapat meleleh begitu parah sehingga tidak lagi berfungsi.

3 – uap dari radiator
Untuk alasan yang sama, kendaraan yang tidak mengalirkan refrigeran melalui kondensor A / C berhasil tidak akan menghilangkan panas dengan baik sehingga akan menumpuk di sistem.

Biasanya, kondensor AC didinginkan oleh aliran udara yang diterimanya setelah kendaraan mulai bergerak lagi, tetapi jika terlalu banyak panas dibangun oleh kondensor yang rusak maka perilaku normal ini tidak akan cukup pendinginan.

4 – Kebocoran Pendingin yang Terlihat
kebocoran cairan pendingin
Karena kondensor A / C mengandung refrigeran di bawah tekanan tinggi, maka cenderung bocor jika ada kerentanan di bagian tersebut.

Kebocoran karena segel yang rusak adalah bagian normal dari penuaan kondensor, tetapi seluruh bagian harus diganti sebelum semua refrigeran bocor dari sistem.

5 – Lampu Peringatan di Dasbor
lampu peringatan tekanan oli rendah menyala
Beberapa kendaraan baru memiliki sistem peringatan yang mendeteksi masalah dengan sistem pendingin udara dan memancarkan lampu peringatan di dashboard. Periksa manual pemilik Anda untuk melihat apakah ini sesuatu yang harus Anda perhatikan.

Penyebab Kondensor AC rusak
Penyebab utama kondensor AC yang rusak adalah keausan sederhana pada segel dan tabung di bagian yang disebabkan oleh penuaan.