Gejala Busi Rusak

0
810
Gejala Busi Rusak
Gejala Busi Rusak

Busi adalah komponen penting untuk mesin pembakaran internal. Tanpa mereka, tidak akan ada bahan bakar yang menyala di dalam ruang bakar. Tidak mengherankan jika busi kotor atau kotor adalah penyebab umum banyak masalah mesin.

Di sini Anda akan mempelajari cara kerja busi serta gejala umum busi buruk yang harus Anda waspadai.

Daftar Isi
Apa yang Busi Lakukan?
cara kerja busi
Busi adalah komponen mesin pembakaran internal yang menggunakan sinyal listrik yang beralih dari baterai ke koil penyalaan untuk menciptakan percikan api yang menyalakan campuran udara dan bahan bakar di setiap silinder.

Arus listrik mengalir melalui busi dan melompati celah di ujung busi, membentuk busur listrik, jika arusnya cukup tinggi. Busur ini adalah percikan yang menyalakan campuran yang mudah terbakar.

Busi dapat berhenti bekerja karena sejumlah alasan berbeda. Apa pun yang mengganggu aliran listrik, seperti penumpukan minyak, bahan bakar, atau karbon, dapat menyebabkan kegagalan fungsi.

Kesenjangan yang salah kemungkinan akan menyebabkan masalah. Busi aus seiring waktu sehingga plug lama mungkin memiliki celah yang berlebihan.

Beberapa orang memilih untuk “celah” busi mereka, atau menekuknya untuk memiliki celah yang benar. Ini adalah opsi bagi pemilik mobil yang berpengetahuan luas untuk memperpanjang umur busi mereka.

Kadang-kadang busi yang salah dipasang di kendaraan, sehingga rentang panas akan berbeda. Ini dapat menyebabkan masalah juga.

Tentu saja, colokan yang rusak mungkin tidak berfungsi. Terkadang mereka dapat terkorosi atau terbakar karena umur panjang atau kondisi yang keras.

Top 6 Gejala Busi Buruk
Karena busi yang buruk dapat menyebabkan kebakaran (salah satu gejalanya), banyak bendera merah yang umum tumpang tindih. Jika Anda mencurigai bahwa Anda memiliki busi yang buruk, penting untuk memeriksa kendaraan Anda oleh seorang profesional sebelum mengendarainya lebih jauh.

1 – Ketidaknyamanan
silinder menyebabkan macet
Ketidakcocokan terjadi ketika ada masalah dengan pembakaran campuran bahan bakar udara di dalam sebuah silinder. Kegagalan dapat terjadi ketika campuran menyala awal, terlambat, atau tidak sama sekali.

Bahan bakar yang tidak terbakar dapat menyebabkan peningkatan emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan dan membuat pipa knalpot berbau kuat oleh bahan bakar. Kerusakan mesin tidak terhindarkan saat terjadi kebakaran yang tidak diperbaiki.

2 – Kasar dan / atau Idle Loud (dengan Getaran)
mobil bergetar ketika berhenti
Kendaraan dengan busi buruk mungkin memiliki idle kasar atau keras dan mungkin atau mungkin tidak bergetar dengannya. Hal ini terjadi karena bahan bakar yang tidak terbakar dari kebakaran yang disebabkan oleh busi yang rusak membingungkan sensor O2.

Hal ini menyebabkan mereka mengeluarkan bahan bakar dari silinder yang menghasilkan campuran lean. Berlari menuntun ke arah idle kasar dan lebih banyak kebakaran.

Saat dalam keadaan idle, Anda mungkin memperhatikan bahwa RPM melonjak. Ini bisa dilihat pada tachometer di dasbor atau didengar dengan mendengarkan mesin.

Suara bernada tinggi berasal dari putaran tinggi sedangkan suara bernada rendah berasal dari putaran bawah. Hasil lompatan dari unit kontrol mesin (ECU) mencoba untuk mengkompensasi masalah.

3 – Akselerasi Kasar dan / atau Lambat
akselerasi lambat
Respons abnormal terhadap pedal gas sangat terasa ketika akselerasi keras diperlukan. Keraguan saat berakselerasi adalah masalah lain yang disebabkan oleh kebakaran yang menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang ramping.

Jika Anda melihat mobil Anda tersandung atau tersandung ketika tiba-tiba menusuk gas, ini mungkin menandakan Anda membutuhkan busi baru.

4 – Ekonomi Bahan Bakar yang Buruk
ekonomi bahan bakar yang buruk
Memiliki campuran udara / bahan bakar yang kaya atau silinder yang tidak berfungsi tidak efisien dan boros. Kendaraan perlu menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk mempertahankan tingkat kinerja yang sama seperti yang diminta pengemudi, karena sebagian bahan bakar membuat kendaraan tidak terbakar atau terbakar di bagian yang salah dari sistem di mana ia tidak menambah daya.

Itu selalu merupakan ide bagus untuk melacak konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Ada banyak kemungkinan penyebab ekonomi bahan bakar yang buruk tetapi penurunan ekonomi bahan bakar yang tiba-tiba dapat mengindikasikan busi kotor atau rusak.

5 – Kesulitan Memulai Kendaraan

Busi buruk dapat menyebabkan kendaraan macet atau kesulitan ketika mencoba untuk memulai. Untuk mengatasi inersia ketika mobil duduk masih membutuhkan input energi yang relatif besar, itulah sebabnya saat ini kendaraan paling berjuang.

Jika kendaraan gagal untuk memulai sepenuhnya masalah kemungkinan dengan baterai daripada busi, karena busi biasanya tidak semua gagal pada saat yang sama.

6 – Periksa Lampu Engine
periksa lampu engine menyala
Busi yang gagal akan memicu macet yang menyebabkan lampu engine menyala di dasbor. ECU akan menghasilkan kode yang dapat diperiksa menggunakan pembaca OBD2 pada kendaraan yang dibuat pada tahun 1996 dan yang lebih baru.