Perbaikan Sistem Power Steering

0
247
Perbaikan Sistem Power Steering
Perbaikan Sistem Power Steering

Di masa lalu, menyetir kendaraan membutuhkan pengemudi untuk memiliki lengan yang kuat dan tubuh bagian atas yang kuat. Jika mereka tidak melakukannya maka akan sangat sulit bagi mereka untuk mengarahkan.

Untungnya, power steering diciptakan untuk memberi pengemudi kemampuan mengendalikan kendaraannya dan berbelok tanpa banyak usaha. Sistem power steering melibatkan penggunaan oli power steering, selang, rak dan pinion serta pompa power steering.

Gejala Kebocoran Sistem Pengarah Daya
Hal pertama yang mungkin Anda perhatikan ketika ini terjadi adalah noda yang tidak biasa di jalan masuk atau lantai garasi Anda. Tetapi gejala nyata akan terlihat ketika Anda benar-benar mengendarai kendaraan Anda di jalan.

Begitu cairan power steering mulai bocor, setir akan menjadi sulit untuk berputar yang berarti pengemudi harus menggunakan lebih banyak kekuatan tubuh bagian atas untuk memutar setir.

Pengemudi mungkin juga mulai mendengar rengekan atau gerutuan ketika mereka memutar roda. Pada titik ini, Anda perlu memastikan reservoir fluida power steering Anda penuh dan mati jika perlu. Maka Anda ingin memecahkan masalah penyebab kebocoran power steering atau membawanya ke mekanik untuk diperbaiki.

Biaya Perbaikan Rata-rata untuk Kebocoran Sistem Pengarah Daya
Ada 6 komponen utama dari sistem power steering hidrolik. Mereka termasuk:

Unit pompa power steering
Tangki reservoir power steering
Selang hidrolik tekanan tinggi
Selang kembali cairan power steering
Rak kemudi dan unit pinion
Cairan power steering

Karena itu, ada banyak area yang memungkinkan terjadinya kebocoran. Kebocoran bisa berasal dari pompa, tangki reservoir, selang tekanan tinggi, selang kembali atau rak dan pinion.

Untuk mengetahui dari area mana kebocoran itu berasal, Anda bisa mengcek di bawah kendaraan Anda untuk mencoba menentukan area bocor atau atau memanggil orang profesional untuk menemukan kebocoran. Di bawah ini adalah perkiraan biaya untuk memperbaiki atau mengganti area bocor pada sistem power steering Anda.

Biaya Perbaikan Pompa Power Steering
Biaya rata-rata untuk memperbaiki pompa power steering bekisar antara Rp 200 dan Rp 350.

Untuk mengganti pompa power steering dengan komponen baru, tergantung model mobil.

Biaya Penggantian Tangki Reservoir Power Steering
biaya penggantian reservoir power steering
Kebocoran tangki penampungan power steering umumnya berasal dari tutup dan konektor selang. Namun terkadang, penyumbatan dari saringan tangki reservoir dapat menyebabkan tumpahan atau kebisingan terutama saat berputar.

Biaya rata-rata untuk mengganti tangki reservoir power steering adalah tergantung pada kendaraan dan seberapa sulitnya untuk mengakses reservoir.

Biaya Penggantian Selang Power Steering
biaya penggantian selang power steering
Selang power steering biasanya terbuat dari karet dan membawa cairan power steering ke rak dan pinion dari sistem power steering. Sayangnya, selang karet ini cenderung retak setelah beberapa saat yang menyebabkan cairan yang dibawanya bocor.

Pekerjaan perbaikan yang sebenarnya kemungkinan akan terdiri dari mengganti selang tekanan tinggi power steering atau selang power steering kembali karena retakan yang bocor.

Biaya untuk mengganti dengan selang baru, untuk suku cadang, tergantung pada merek dan model kendaraan Anda. Biaya tenaga kerja untuk penggantian tergantung kesulitanya.

Biaya tenaga kerja tergantung pada tingkat kesulitanya di dalam proses perbaikannya yang dibebankan oleh mekanik.

biaya perbaikan selang power steering
Jika ingin alternatif yang lebih murah dan sementara untuk mengganti selang, atau jika berada di luar kota dan membutuhkan perbaikan darurat, Anda dapat memperbaiki sendiri selang. Yang Anda butuhkan adalah menemukan toko onderdil mobil lokal dan membeli coupler kuningan selang, dan sesuatu untuk memotong selang.

Solusi sementara ini akan menelan biaya yang memungkinkan Anda untuk kembali ke jalan. Anda pada akhirnya ingin mengganti selang sepenuhnya karena kondisinya sudah cukup buruk sehingga kemungkinan akan terjadi kebocoran lainnya.

Rak Power Steering dan Biaya Perbaikan Pinion
biaya perbaikan rak dan pinion
Biaya rata-rata untuk memperbaiki kebocoran pada rak kemudi dan perakitan pinion kemungkinan besar akan berkisar antara jauh lebih mahal daripada bagian lain dari sistem power steering karena Anda perlu merombak sepenuhnya.