Gejala yang di Hasilkan Jika Dudukan Mesin Rusak

0
1060
Gejala yang di Hasilkan Jika Dudukan Mesin Rusak
Gejala yang di Hasilkan Jika Dudukan Mesin Rusak

Mesin kendaraan menghasilkan banyak getaran saat berjalan. Tanpa komponen tertentu, getaran akan mentransmisikan ke seluruh mobil dan membuatnya sangat tidak nyaman bagi penumpang di dalam mobil.

Komponen yang sangat penting ini disebut motor mount (atau engine mount). Di bawah ini, kita akan membahas bagaimana cara kerja engine mount, gejala apa yang harus Anda cari jika Anda mencurigai Anda memiliki engine mount yang buruk, dan berapa biaya penggantian rata-rata engine engine.

Dudukan motor adalah bagian kecil yang memasang mesin ke kendaraan Anda. Biasanya, hingga empat dudukan digunakan untuk memasang motor ke rangka mobil atau dudukan mesin. Transmisi Anda juga menggunakan tunggangan.

Kebanyakan dudukan engine memiliki karet di dalamnya untuk mengurangi titik kontak logam mesin dengan bodi mobil. Ini membantu mengurangi getaran mesin dan kerusakan yang terjadi setelah ini.

Peredam getaran tambahan dapat dilakukan dengan mengisi dudukan dengan cairan sebagai gantinya, yang merupakan fitur yang terdapat di atas produk dudukan dan model mobil.

Getaran di blok mesin adalah penyebab paling umum kerusakan pada bagian-bagian mesin yang paling halus. Getaran yang berlebihan bisa menghabiskan biaya ribuan dolar untuk perbaikan. Tujuan dari pemasangan engine adalah untuk mencegah getaran ini berpindah di tempat yang seharusnya tidak terjadi.

Blok mesin diamankan dengan kuat ke rangka atau sub-rangka bodi mobil. Getaran dibasahi dan tidak berdampak pada bagian lain dari mesin hampir sama banyaknya. Koneksi antara mesin dan bodi mobil dipertahankan.

Fungsi tambahan dari pemasangan motor adalah mencegah getaran mencapai bagian mobil yang lain. Secara keseluruhan, selain menjaga mesin Anda terhubung ke rangka, dudukan adalah garis pertahanan pertama terhadap getaran yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda.

Gejala dan Efek Pemasangan Mesin
1 – Suara Dampak Berulang di Engine Bay
Ketika dudukan engine aus, salah satu gejala paling umum dari ini adalah kebisingan di ruang engine. Ini bisa dalam bentuk bunyi denting, gedoran, dan suara lain yang membuat Anda berpikir tentang dampak.

Suara-suara ini terjadi karena mesin tidak lagi aman. Ini bergeser dari sisi ke sisi, menabrak dinding buaian.

2 – Getaran Lebih Kuat Daripada Normal
Ini adalah tanda umum pemasangan engine yang sekarat. Setiap getaran berlebih di mobil Anda disebabkan oleh kegagalan pemasangan. Ketika karet atau cairan peredam dari mount aus, atau ketika mount itu sendiri tidak lagi aman, kemampuannya untuk mencegah getaran sangat terpengaruh. Anda akan mulai merasakan seluruh mobil bergetar dan bergetar.

3 – Mesin Bergerak
Jika mesin Anda cenderung bergerak di dalam teluk, Anda memiliki setidaknya satu pemasangan yang buruk. Menjaga mesin tetap aman adalah fungsi utama dudukan. Pemasangan yang usang memungkinkan engine bergerak ke segala arah. Anda dapat mendengar gerakan ini saat Anda berakselerasi dan mesin bergetar lebih kuat.

Anda biasanya akan mendengar suara benturan untuk menemani mesin yang tidak aman. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya keamanan di kabin mobil. Hal ini juga dapat menyebabkan bagian-bagian halus mobil yang rusak seperti ketika kipas radiator mengenai selubung di sekitarnya.

4 – Mesin Sedikit Miring
Ketika mesin mobil diamankan menggunakan tunggangan, itu juga selaras dengan benar. Ini berarti bahwa mesin berada pada satu tingkat, tanpa memiliki ketinggian yang bervariasi di seluruh penampangnya. Rangkaian pemasangan yang gagal menyebabkan engine terkulai ke satu sisi, atau bahkan miring.

Ini dapat dideteksi dengan mendengarkan suara getaran berlebih di ruang engine. Periksa mesin secara teratur dan cari kemiringan. Memiringkan sedikit tidak memengaruhi kemampuan mesin, tetapi mesin dapat benar-benar banjir dan gagal jika miring terlalu jauh ke satu sisi, yang menyebabkan kerusakan. Selalu periksa dan ganti tunggangan Anda sesuai kebutuhan.

5 – Kerusakan pada Blok Mesin Anda
Ini adalah salah satu situasi paling ekstrem yang dapat terjadi sebagai akibat dari pemasangan engine yang buruk. Jika dudukan rusak dan gagal serempak karena kelalaian menggantinya saat diperlukan, seluruh mesin Anda kemungkinan akan mulai memantul.