Gejala Kerusakan Ban Tidak Seimbang di Mobil

0
226
Gejala Kerusakan Ban Tidak Seimbang di Mobil
Gejala Kerusakan Ban Tidak Seimbang di Mobil

Ini mungkin tampak seperti semua ban, terutama yang baru, sangat simetris tanpa kesalahan dan harus mengarah pada pengendaraan yang sangat nyaman. Yang benar adalah bahwa tidak ada ban yang sempurna dan ketika berputar dengan kecepatan mengemudi, bahkan ketidaksempurnaan kecil pun bisa terasa seperti cacat besar. Inilah sebabnya mengapa ban Anda seimbang sangat penting.

Ban seimbang ketika berat didistribusikan secara merata di seluruh ban. Sangat penting untuk memiliki ban yang seimbang saat berkendara untuk kinerja, umur ban, dan keselamatan terbaik.

Ban baru dapat memiliki ketidaksempurnaan dari pabrikan, dan mengemudi juga menyebabkan aus. Penyeimbangan perlu terjadi setiap kali ban baru dipasang dan secara berkala setelah itu selama rotasi ban untuk perawatan yang tepat.

Memasang ban baru, mengganti ban musim panas / musim dingin, atau ban berputar adalah saat yang tepat untuk membuat ban seimbang. Periksa manual pemilik untuk kendaraan Anda untuk melihat seberapa sering ini harus dilakukan, meskipun biasanya tidak lebih dari dua tahun harus melewati antara pemeliharaan. Kendaraan yang berkendara secara teratur di jalan yang lebih kasar harus memiliki keseimbangan ban yang lebih sering.

Toko ban, dealer, dan banyak bengkel mobil memiliki mesin penyeimbang untuk menunjukkan bagaimana ban tidak seimbang. Mereka kemudian dapat menambahkan bobot kecil ke pelek sehingga ban benar-benar seimbang.

ban keluar dari gejala keseimbangan
Seringkali terlihat jelas ketika ban Anda tidak seimbang, karena Anda mungkin melihat satu atau lebih kelainan ini saat Anda mengendarai kendaraan Anda. Segera setelah Anda melihat salah satu gejala berikut, segera periksa roda dan ban Anda dan seimbang jika perlu.

1 – Getaran
Salah satu tanda peringatan paling awal dari ban yang tidak seimbang adalah merasakan getaran di setir. Setengah ons perbedaan berat pada ban sudah cukup untuk menyebabkan getaran yang nyata.

Ketika ketidakseimbangan memburuk saat ban aus, getaran akan meningkat dan mempengaruhi seluruh kabin kendaraan Anda, termasuk lantai dan kursi depan dan belakang.

Masalah lain juga dapat menyebabkan getaran, seperti ban rusak atau masalah pada perakitan roda. Penting untuk didiagnosis masalah dengan cepat untuk menghindari situasi berbahaya.

2 – Masalah Kemudi
Ban yang tidak seimbang akan menciptakan pengalaman berkendara yang tidak nyaman dengan membuat kemudi lebih sulit dan menunda waktu respons kemudi. Lebih penting lagi, Anda tidak akan bisa menyetir dengan lancar ke arah yang diberikan.

3 – Pakai Ban Tidak Rata
Penting untuk secara teratur memeriksa tapak ban, karena mereka dapat memberi tahu Anda banyak tentang seberapa baik ban Anda seimbang. Keausan ban yang tidak merata dapat disebabkan oleh ban yang tidak seimbang atau karena masalah lain dengan kemudi atau roda.

Kendaraan berisiko tinggi mengalami ban kempes jika ban dibiarkan tidak normal. Ban bisa menipis ke titik pecah spontan, yang bisa menjadi situasi berbahaya jika terjadi saat mengemudi.

Dalam keadaan darurat, memutar ban bisa menjadi solusi sementara sampai Anda punya uang untuk mengganti ban yang terlalu usang. Ban baru yang dipasang harus segera seimbang.

4 – Ekonomi Bahan Bakar Buruk
Ban yang tidak seimbang memberikan tekanan lebih pada mesin kendaraan Anda, karena hambatan yang diciptakan oleh ketidakseimbangan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras hanya untuk menjaga kendaraan tetap bergerak. Akibatnya, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk mempertahankan operasinya di bawah kondisi ini.

Ketika Anda mulai menggunakan bahan bakar lebih cepat dari biasanya, periksa ban Anda. Ban di bawah inflasi juga dapat menyebabkan kendaraan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada biasanya, tetapi jika tekanan ban normal, ban mungkin tidak seimbang. Jangan selalu bergantung pada TPMS Anda untuk memberikan pemberitahuan dan sebagai gantinya gunakan pengukur tekanan ban secara berkala.

Sangat cerdas untuk melacak penghematan bahan bakar kendaraan Anda. Sementara beberapa mobil baru memiliki indikator penghematan bahan bakar, ini mungkin tidak akurat. Catat jarak tempuh kendaraan (atau atur salah satu meter perjalanan ke nol) saat Anda mengisinya dengan bahan bakar, lalu catat jumlah galon yang dimasukkan ke dalam kendaraan.

Pada pengisian berikutnya, lakukan beberapa matematika sederhana untuk melihat berapa mil yang Anda dapatkan per galon selama tangki itu.

Terkait: Ekonomi Bahan Bakar Rata-Rata dari Truk Mesin Diesel Duramax

5 – Guncangan dan Bantalan yang Buruk
Guncangan, bantalan, dan komponen lain dari rakitan roda berada di bawah banyak tekanan ketika ban tidak seimbang sehingga mereka akan mengalami lebih banyak keausan daripada biasanya.

Jika ban tidak seimbang tidak diperbaiki tepat waktu, Anda akan mengganti lebih dari sekadar ban.