Cara Kerja Ball Joint Mobil Atas dan Bawah

0
1873
Cara Kerja Ball Joint Mobil Atas dan Bawah
Cara Kerja Ball Joint Mobil Atas dan Bawah

Sama seperti setiap sistem kerangka memiliki tulang rawan untuk melindungi dan meluruskan tulang pada sambungan, setiap kendaraan memiliki busing lengan kendali pada sambungan antara lengan kontrol atas dan bawah dan rangka kendaraan.

Busing ini terdiri dari silinder karet atau poliuretan yang berikatan dengan silinder logam yang lebih besar dan lebih kecil di area luar dan dalam.

Lengan kontrol adalah potongan logam yang menghubungkan bingkai kendaraan dengan buku jari kemudi, tempat roda dan ban terpasang. Ini penting untuk kemudi dan suspensi kendaraan.

Sebagian besar mobil ekonomi penggerak roda depan hanya memiliki lengan kontrol yang lebih rendah, tetapi mobil lain dan kendaraan yang lebih besar seperti SUV dan truk memiliki lengan kontrol atas dan bawah dalam perakitan suspensi double-wishbone.

Ujung lengan kontrol yang melekat pada buku jari memiliki sendi bola untuk memungkinkan gerakan belok untuk pindah ke roda. Ketika Anda memiliki bushing arm kontrol usang atau rusak, itu dapat sangat mempengaruhi bagian kendaraan di kesetabilan setir kemudi..

Cara Kerja Arm Kontrol Armhing
Tujuan dari lengan kendali bushing adalah untuk mengurangi jumlah getaran yang dibuat antara bingkai dan roda dan untuk menjaga lengan kontrol selaras. Getaran terbatas membuat drive nyaman dengan gangguan.

Tanpa busing fungsional, kontak logam-ke-logam tidak dapat dihindari yang menyebabkan peningkatan getaran, ketidaknyamanan dalam berkendara, dan masalah-masalah iritasi lainnya yang berpotensi berbahaya.

Gejala Bushing Lengan Kontrol rusak
Seperti sebagian besar kendaraan Anda, bushing lengan kontrol akan aus setelah beberapa saat. Keausan dapat dipercepat dengan kondisi mengemudi yang keras seperti offroading, faktor lingkungan, atau dengan mengemudi dengan ban aftermarket seperti ban “plus-size” yang mentransfer lebih banyak getaran ke melalui busing karena mereka memiliki dinding samping yang pendek agar pas dengan pelek dengan diameter besar.

Setelah busing mulai dipakai, Anda dapat mengharapkan banyak masalah muncul saat Anda mengemudi. Beberapa tanda yang paling umum dijelaskan di bawah ini.

1 – Roda Kemudi Bergetar
Ketika bus lengan kendali mulai memburuk pada kendaraan Anda, kemungkinan gejala pertama yang akan Anda perhatikan adalah peningkatan getaran yang sering dirasakan di roda kemudi.

Biasanya getaran akan meningkat saat berakselerasi, yang dapat dengan cepat menjadi menjengkelkan. Ini disebabkan roda goyah karena kelebihan bermain di sistem.

2 – Suara Berdenting / Membenturkan
Ketika bushing lengan kontrol menjadi terlalu longgar atau aus, maka Anda akan mulai mendengar suara gemerincing yang datang dari bawah mobil Anda, yang disebabkan oleh bushing yang terlempar di antara rangka dan lengan kendali.

Suara ini akan meningkat intensitasnya jika Anda mengemudi di atas permukaan berbatu atau kasar, meskipun gundukan kecil atau pengereman normal dapat menyebabkan bunyi gedoran.

3 – Mengemudikan Kemudi
Roda kemudi yang menarik ke kiri atau ke kanan saat mengemudi dapat disebabkan oleh ketidaksejajaran yang disebabkan oleh bushing yang aus. Karena busing menahan rangka kendaraan dan mengendalikan lengan dengan pas di tempatnya, busing yang buruk meninggalkan ruang untuk gerakan abnormal dan berlebih dalam sistem yang tidak selaras dengan roda.

Meskipun busing yang aus menyebabkan ketidaksejajaran pada suspensi, penjajaran dilakukan tidak akan bekerja jika bushing aus menjadi penyebabnya karena komponen tidak akan tahan posisi. Saat kendaraan dinaikkan atau diangkat, pastikan untuk memeriksa busing terhadap kerusakan atau gerakan abnormal.

4 –Pakai Banvenven
Periksa tapak ban pada kendaraan Anda secara teratur untuk memeriksa keausan tapak yang tidak rata. Masalah ini biasanya menunjukkan masalah dengan pelurusan, dan seperti yang dijelaskan di atas pelurusan dapat dipengaruhi oleh bushing yang aus.

Kendaraan juga dapat menunjukkan spesifikasi “normal” atau “dalam jangkauan” ketika sedang diluruskan secara profesional dan masih ada keausan ban yang tidak merata dalam kasus ini.

5 – Pengereman tidak stabil
Bushing lengan kontrol tidak terlibat langsung dalam sistem pengereman, tetapi ketidakstabilan dalam komponen suspensi dan kemudi dapat menyebabkan masalah dengan pengereman.

Ketika pengereman tiba-tiba, ujung depan mobil dapat terus berosilasi bolak-balik saat mobil melambat.