3 Gejala Kebocoran paking manipol

0
1408
Gejala Kebocoran paking manipol
Gejala Kebocoran paking manipol

Komponen sebuah mesin memiliki gasket yang ditempatkan di antara mereka sebelum mereka dirakit. Gasket ini bertindak sebagai segel antara komponen sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan benar. Anda akan menemukan gasket biasanya terbuat dari logam, karet, kertas, atau ketiganya digabungkan bersama.

Dari semua gasket di engine, gasket intake manifold sangat penting untuk mempertahankan fungsi engine. Jika paking khusus ini mulai bocor, itu akan menimbulkan masalah bagi kendaraan Anda.

Itu sebabnya Anda perlu belajar tentang apa saja gejala dari intake manifold bocor. Setelah Anda mengenali ini, Anda dapat melanjutkan untuk memperbaiki masalah tanpa membuang waktu lagi.

Namun, Anda harus mengambil kesempatan untuk mempelajari tentang bagaimana fungsi gasket intake manifold sebelum Anda mulai mendiagnosisnya memiliki potensi kebocoran. Dengan begitu, Anda tidak akan mengacaukan gejala kendaraan dengan masalah potensial lain yang mungkin dialami.

Gasket intake manifold berada di antara kepala silinder dan intake manifold. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah kebocoran cairan pendingin, oli, atau udara.

Karena ekspansi dan kontraksi yang konstan dari perubahan suhu, pendingin dan kontaminasi oli, dan aliran udara masuk yang konstan, gasket intake manifold dapat perlahan-lahan rusak dan akhirnya mencapai titik di mana cukup buruk untuk menyebabkan kebocoran.

Jika terjadi kebocoran, paking harus diganti sesegera mungkin untuk menghindari kemungkinan kerusakan mesin atau kemungkinan terdampar.

Gejala Kebocoran Gasket Intake Manifold
1 – Kebocoran Pendingin Engine

Mesin pendingin disegel oleh gasket manifold masuk di mesin. Jika kerusakan terjadi pada segel, semua pendingin bertekanan yang ditahannya mungkin meresap melalui segel.

Seringkali, pendingin akan memiliki puing-puing dan kotoran di dalamnya yang akan membuat lebih banyak masalah. Jika puing-puing cukup tebal, itu akan menyebabkan lebih banyak keausan pada permukaan. Tidak hanya itu, pendingin yang bocor juga akan menyebabkan udara dari luar masuk ke mesin melalui seal.

Kapan saja oksigen hadir, itu akan secara drastis meningkatkan jumlah korosi yang terbentuk. Ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada permukaan.

2 – Mesin Terlalu Panas
pengukur suhu tinggi
Ketika cairan pendingin terus bocor, pada akhirnya akan menyebabkan mesin terlalu panas. Tetapi dalam beberapa keadaan, mesin masih bisa terlalu panas walaupun pendinginnya tidak bocor. Terkadang cairan pendingin akan keluar dari paking intake manifold dan langsung masuk ke intake manifold, menyebabkan mesin terlalu panas.

Di luar, Anda tidak akan melihat tanda-tanda kebocoran ini. Satu-satunya cara Anda akan tahu adalah ketika mesin mulai terlalu panas dan pengukur suhu di dasbor Anda naik ke tingkat yang tinggi. Kemudian Anda dapat menyelidiki dan menentukan apakah ini masalahnya. Jika demikian, perbaiki segera di bengkel mobil.

3 – Rasio Campuran Bahan Bakar Udara Akan Dipengaruhi
rasio bahan bakar udara
Udara dan bahan bakar harus dicampur tepat saat masuk ke intake manifold. Ini memungkinkan pembakaran yang tepat di mesin. Tetapi jika ada perubahan tingkat udara atau bahan bakar dalam campuran ini, itu akan berdampak negatif pada kinerja mesin.

Karena itu, jika Anda mengalami kebocoran dari gasket intake manifold yang rusak, maka lebih banyak udara yang masuk ke intake manifold dan menyebabkan rasio udara / bahan bakar yang tidak seimbang. Setelah itu terjadi, gejalanya biasanya akan menjadi idle kasar dan banyak kesalahan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, itu mungkin tidak memberi tahu Anda dengan tepat di mana masalahnya ada di intake manifold, tetapi Anda setidaknya akan tahu bahwa Anda perlu memeriksanya.

Biaya Penggantian Gasket Manifold Asupan
intake manifold biaya penggantian gasket
Asupan bermacam-macam gasket mungkin adalah gasket paling mahal di mobil karena persyaratan daya tahan dan bentuknya yang unik. Sebuah paking pengganti baru.

Memecahkan Masalah Kebocoran Beragam Intake
Jika mesin memiliki kepala silinder aluminium pada mereka, Anda dapat mengharapkan memiliki korosi di dekat port pendingin. Manik-manik segel intake manifold memiliki plastik di bawahnya yang dapat dimakan juga.

Jika Anda melihat ini, maka itu berarti segel tidak akan tahan dan rentan terhadap kebocoran. Akibatnya, paking tidak akan menjadi penyebab kebocoran dalam kasus ini.

Pengujian untuk kebocoran manifold intake tidak boleh dilakukan oleh mekanik pemula dan dalam kebanyakan kasus Anda harus membuangnya