Sistem Kelistrikan Dasar Bekerja di Mobil

0
528
Sistem Kelistrikan Dasar Bekerja di Mobil
Sistem Kelistrikan Dasar Bekerja di Mobil

Ada dua sistem kelistrikan dasar yang bekerja di mobil – primer dan sekunder. Sistem sekunder hanya menggunakan daya baterai. Sistem inilah yang memungkinkan jam mobil menjaga waktu saat kendaraan mati.

Sistem sekunder inilah yang berperan ketika Anda memilih untuk memindahkan kunci ke tempat kedua. Jika Anda mendengarkan musik di mobil saat Anda menunggu, sistem sekunder sedang dimainkan.

Sistem primer lebih kuat. Agar sistem ini dapat digunakan, sistem sekunder harus beralih. Ketika sakelar dihidupkan, sirkuit untuk sistem utama ditutup, dan daya dapat mengalir.

Daya bergerak ke solenoid starter dan berbagai komponen sistem pengapian termasuk motor starter, koil pengapian, dan busi. Percikan kemudian menyalakan bahan bakar, dan mobil mulai berjalan.

Untuk menggunakan sakelar pengapian kendaraan, Anda harus terlebih dahulu memasukkan kunci yang cocok ke sakelar yang biasanya terletak di kolom kemudi. Atau, banyak mobil baru menggunakan kunci kontak untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan sakelar pengapian. Alih-alih memutar tombol, Anda menekan tombol mulai.

Dalam hampir semua kasus, untuk alasan keamanan, sistem immobilizer mesin juga dimainkan dengan menggunakan microchip (transponder) di kunci atau fob kunci yang memberi tahu komputer mobil bahwa boleh saja menyalakan kendaraan. Jika sinyal transponder tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh immobilizer (atau tidak ada sinyal), kendaraan tidak akan mulai.

Bagaimana Anda tahu jika Anda berurusan dengan sakelar atau relai pengapian yang rusak? Berikut adalah lima dari tanda-tanda paling umum bahwa kunci kontak mungkin buruk. Saat Anda melihat setidaknya dua atau tiga gejala ini, kemungkinan besar kunci kontak adalah penyebabnya.

1 – Kunci Tidak Berputar

Ketika sakelar pengapian memiliki keausan yang berlebihan atau kerusakan di dalamnya, sakelar pengapian sering kali mencegah kunci agar tidak sejajar dengan lubang kunci. Ini biasanya sesuatu yang semakin buruk dari waktu ke waktu. Anda mungkin melihat kunci tidak masuk semulus sebelumnya dan masalah ini berangsur-angsur memburuk sampai kunci tidak masuk atau masuk tapi gagal untuk berbalik.

Pastikan kunci kontak tidak terhubung dengan memutar setir ke depan dan ke belakang saat Anda mencoba memutar kunci.

2 – Mobil Tidak Akan Mulai
kunci mobil dalam pengapian
Koil pengapian menarik daya baterai dan menggunakannya untuk menyalakan busi. Jika ada yang salah dengan sakelar ini, mobil Anda tidak akan mulai. Ada beberapa hal lain yang perlu diperiksa, seperti baterai, tetapi sistem pengapian adalah tempat yang sangat baik untuk memulai.

Dengarkan suara bising yang dihasilkan mobil Anda. Apakah itu benar-benar mati dan tidak akan berubah sama sekali? Lalu, itu mungkin baterai mati.

Itu tidak membuat Anda jelas. Baterai juga dapat mengering karena sistem pengapian yang salah.

3 – Lampu Dashboard Berkedip
instrument cluster tidak berfungsi
Dengan kendaraan yang lebih tua, keausan dapat menyebabkan kegagalan dalam beralih dari waktu ke waktu. Jika sakelar mulai aus, salah satu tanda pertama adalah bahwa Anda tidak mendengar relai primer mengklik. Periksa lampu di dasbor untuk memastikan.

Sekarang, masukkan kunci Anda ke posisi kedua. Jika kunci kontak adalah masalahnya, maka dasbor biasanya akan menjadi gelap. Pindahkan ke posisi awal dan perhatikan lampu peringatan yang muncul.

Jika lampu padam saat kunci dipindahkan kembali ke posisi kedua, ada masalah dengan kabel ke sakelar pengapian. Sering kali, Anda akan mengalami lampu berkelap-kelip di dasbor saat mengemudi. Ini adalah peringatan untuk memeriksa semuanya.

Ini adalah sesuatu yang harus Anda serahkan kepada ahli kelistrikan yang berkualifikasi. Arus yang mengalir melalui kabel-kabel ini dapat menyebabkan cedera parah jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan.

4 – Aksesori Tidak Akan Menghidupkan
radio tidak berfungsi
Jika tidak ada daya yang cukup untuk memulai mobil, maka tidak akan ada cukup untuk aksesori di dalam mobil. Jika radio Anda tidak berfungsi, atau AC tidak berfungsi