Gejala Saringan Bahan Bakar yang Tersumbat

0
970
Gejala Saringan Bahan Bakar yang Tersumbat
Gejala Saringan Bahan Bakar yang Tersumbat

Karena tangki bahan bakar secara konstan menarik debu, kotoran, dan serpihan dari waktu ke waktu, partikel-partikel yang terkumpul dapat menyebabkan kerusakan pada filter bahan bakar dan bahkan membahayakan pompa bahan bakar. Akhirnya, semua kontaminan ini akan mulai menyumbat filter bahan bakar dan itu tidak akan bekerja secara efektif untuk memungkinkan bahan bakar yang cukup untuk melewati pompa bahan bakar.

Membiarkan filter bahan bakar mobil Anda tersumbat oleh kotoran dan puing-puing untuk waktu yang lama tanpa penggantian dapat sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Dengan saringan bahan bakar yang tersumbat, penyumbatan tidak akan memungkinkan cukup bahan bakar untuk melewati saringan, yang dapat membuat pompa bahan bakar bekerja terlalu keras.

Untuk memastikan filter bahan bakar Anda tetap bersih dan fungsional, Anda harus menggantinya sesuai dengan interval penggantian pabrikan kendaraan alih-alih menunggu filternya aus sepenuhnya. Dengan betapa murahnya filter bahan bakar, biaya penggantian tidak boleh menjadi alasan yang menghasilkan filter bahan bakar yang buruk.

Filter bahan bakar membersihkan bahan bakar dari kotoran seperti partikel debu atau segala bentuk puing yang ada di tangki bahan bakar yang cukup besar untuk terjebak oleh filter bahan bakar. Tujuan dari filter bahan bakar adalah untuk “menyaring” bahan bakar dari kotoran semacam itu sebelum mencapai pompa.

Cara kerjanya mirip dengan cara filter oli membersihkan oli engine dan filter udara membersihkan udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Puing-puing di tangki bahan bakar bisa dalam berbagai bentuk seperti karat. Karat ini dapat terbentuk karena penahan kelembapan tangki gas. Karena karat ini, bahan bakar dapat terkontaminasi dan karenanya, harus dibersihkan oleh filter bahan bakar.

Dengan membersihkan bahan bakar, filter bahan bakar melindungi mesin dari potensi kerusakan yang dapat disebabkan oleh kontaminasi tersebut dengan memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke pompa bahan bakar bersih dan murni.

Tetapi bahkan filter bahan bakar terbaik di dunia memiliki umur yang terbatas. Semakin banyak kontaminan yang terperangkap, semakin sedikit bahan bakar yang dapat mengalir. Ketika cukup tersumbat, Anda akan memiliki masalah aliran bahan bakar. Anda ingin mengganti filter sebelum mencapai tahap itu.

Kapan Mengganti Filter Bahan Bakar Anda
Interval penggantian filter bahan bakar
Interval penggantian filter bahan bakar ditentukan oleh dua cara: jarak tempuh dan waktu. Mengganti filter pada jarak tempuh yang ditetapkan adalah cara normal untuk menentukan kapan harus mengganti filter bahan bakar Anda.

Untuk mobil dan truk yang lebih tua, interval penggantian filter bahan bakar yang disarankan biasanya antara 20.000 dan 40.000 mil. Jika kendaraan tidak sering dikendarai, Anda tetap ingin menggantinya setiap 2-3 tahun.

Untuk kendaraan modern, Anda biasanya bisa menunggu lebih lama sebelum mengganti saringan bahan bakar. Sebagian besar produsen memberi tahu Anda untuk mengganti filter bahan bakar di suatu tempat antara 40.000 dan 80.000. Tetapi beberapa produsen tidak menentukan interval, memiliki interval yang sangat tinggi (150.000 mil untuk Mercedes Benz), atau bahkan mengatakan filter bahan bakar tidak perlu diganti (seperti Toyota).

Hal terbaik untuk dilakukan adalah mengikuti rekomendasi pabrikan yang biasanya dapat ditemukan di manual mobil Anda. Jika karena alasan tertentu Anda tidak memiliki akses ke sana, hubungi dealer setempat atau cukup gunakan 60.000 mil sebagai interval penggantian jika Anda memiliki kendaraan yang diproduksi dalam 15 tahun terakhir.

Mereka yang memiliki mesin diesel kemungkinan akan perlu mengganti filter bahan bakar mereka lebih cepat. Misalnya, truk GM dengan mesin diesel Duramax harus mengganti filter bahan bakarnya setiap 22.500 mil untuk beberapa truk baru mereka sementara banyak truk diesel Ford memiliki interval penggantian 15.000 mil.

Jika Anda kehilangan jejak jarak tempuh hitungan dan waktu yang berlalu sejak penggantian filter bahan bakar terakhir, maka Anda harus mengawasi munculnya gejala umum yang mungkin mengindikasikan bahwa filter bahan bakar Anda perlu diganti.

Gejala filter bahan bakar yang tersumbat berikut ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah dengan cepat dengan tujuan menyelamatkan Anda dari tangki bahan bakar yang rusak pada akhirnya.

1 – Keraguan atau Ketidakpuasan
Setelah Anda melihat bahwa mesin Anda secara acak ragu-ragu ketika Anda menginjak pedal gas, Anda harus mempertimbangkan memeriksa filter bahan bakar karena mungkin ada banyak kotoran yang menyumbatnya. Setiap tingkat penyumbatan akan mencegah aliran gas normal ke mesin yang mengarah ke pembakaran yang tidak biasa dan pengurangan daya dan reaksi kendaraan.

Selain ragu-ragu, filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan mesin macet secara sporadis, terutama saat berakselerasi. Ini karena tidak ada aliran bahan bakar yang mantap karena filter yang tersumbat sebagian.

2 – Mesin Tidak Mulai

Setiap mesin mobil membutuhkan kombinasi udara dan gas untuk memulai. Karena itu, tanpa gas yang cukup melalui filter bahan bakar, itu tidak akan mulai sama sekali. Ini berarti Anda memiliki filter bahan bakar yang sangat tersumbat yang perlu segera diganti. Kalau tidak, bahan bakar yang cukup tidak akan sampai ke engin