5 Gejala Bantalan Roda Depan & Belakang yang Rusak

0
819
gejala roda depan mobil rusak
gejala roda depan mobil rusak

Bantalan roda digunakan di roda depan dan belakang. Setiap roda memiliki bantalan roda sendiri dan mungkin saja salah satu dari bantalan tersebut aus sementara yang lain masih dalam kondisi baik.

Itulah mengapa Anda tidak perlu harus mengganti semua bantalan roda Anda jika hanya satu yang aus. Banyak mekanik akan memberi tahu Anda bahwa semua harus diganti atau keduanya pada poros yang sama. Ini biasanya tidak perlu.

Ada gejala tertentu yang dapat Anda cari yang menunjukkan bantalan roda buruk atau montir akan dapat memberi tahu Anda jika Anda memiliki bantalan roda yang perlu diganti ketika membawa mobil Anda untuk perawatan rutin.

Untuk menentukan kondisi bantalan roda Anda, ada 5 tanda umum yang bisa Anda perhatikan.

1 Tingkat aus pada Ban Tidak Rata
keausan ban tidak rata
Ketika bantalan roda aus, mereka cenderung aus dari yang lain. Ini akan menyebabkan ban yang sesuai memiliki keausan ban yang abnormal dibandingkan dengan yang lain.

Dalam situasi normal di mana ban Anda aus, semua ban akan aus karena hanya dikendarai. Jadi jika mereka aus tidak merata, itu bisa jadi menjadi bantalan roda yang buruk.

Tentu saja, masalah lain seperti pelurusan roda yang buruk, ban tidak seimbang, dan lain-lain juga bisa menjadi penyebab keausan ban yang tidak merata sehingga jangan menganggap itu bantalan roda kecuali gejala lain cocok.

2 – Grinding Noise
Gejala umum dari bantalan roda yang buruk adalah ketika ban Anda memiliki bunyi gerinda keras yang berasal dari mereka. Ini disebabkan ketika bantalan roda kehilangan lubrikannya dan membangun banyak panas di dalamnya.

Ini hampir seperti mendengar dua potong logam digiling bersama. Biasanya, Anda hanya akan mendengar suara datang dari satu roda daripada semuanya karena bagaimana roda aus dengan tidak merata. Kebisingan paling terlihat saat bergeser atau berputar.

3 – Roda Kemudi Bergetar
setir bergetar
Jika masalah menjadi sangat buruk maka setir Anda akan mulai bergetar. Anda akan melihat getaran ini ketika Anda mengemudi dengan kecepatan lebih lambat tetapi masalahnya akan semakin buruk saat Anda menginjak pedal gas dan mempercepat kendaraan.

Banyak orang berpikir gejala ini ada hubungannya dengan ban tidak seimbang pada kendaraan mereka. Sementara gejala keduanya mirip, getaran dari ban yang tidak seimbang terjadi pada kecepatan tinggi. Tetapi bagaimanapun juga, Anda harus membawa kendaraan Anda ke montir dan meminta mereka secara resmi mendiagnosis masalahnya.

4 – Kendaraan Menarik ke Satu Sisi
Saat bantalan roda aus dan terkorosi atau berlubang, lapisan halus yang dibutuhkan bantalan tidak lagi ada dan permukaan yang kasar menyebabkan getaran pada ban tersebut. Getaran ini dapat menyebabkan kendaraan Anda sedikit menarik ke sisi bantalan yang aus.

Anda juga dapat mengalami mobil Anda menarik ke samping saat mengerem. Walaupun ini adalah gejala khas rotor atau kaliper rem yang buruk, penyebab sebenarnya mungkin karena bantalan roda itu sendiri karena jumlah runout yang berlebihan yang disebabkannya.

5 – Kelebihan Goyangan atau Bermain di Roda
Yang ini agak sulit untuk didiagnosis karena Anda harus memiliki mobil Anda pada lift hidrolik atau kedua roda as roda di dudukan jack. Saat diangkat, ambil salah satu roda dan coba goyang-goyangkan dan perhatikan berapa banyak “bermain” atau gerakan yang dimiliki roda. Sekarang ulangi ini pada roda di ujung poros lainnya.

Jika roda bergoyang atau bergerak maju dan mundur saat Anda mengayunkannya, kemungkinan Anda memiliki bantalan roda yang buruk. Bantalan roda yang baik berarti roda hampir tidak memiliki goyangan atau permainan berlebih.

Biaya Rata-Rata untuk Mengganti Bantalan Roda Depan, Belakang, dan Hub
biaya penggantian bantalan roda
Bantalan Roda Depan
Kedua sisi