Kendaraan Offroad Terbaik 4 WD

0
264
Kendaraan Off Road Terbaik 4 WD
Kendaraan Off Road Terbaik 4 WD

Mengemudi Dalam Drive 4 Roda

Anda mungkin tahu bahwa kendaraan dapat menawarkan mode atau drivetrains yang berbeda untuk kondisi berkendara yang berbeda: 4WD, 2WD, AWD, FWD dan RWD. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana perbedaannya, kapan menggunakan apa, atau apa yang terjadi jika Anda secara tidak sengaja beralih dari 2WD ke 4WD di jalan raya.

Sementara jawaban singkat umum adalah penggerak empat roda tidak disarankan pada jalan yang rata, mulus, dan kering, itu jauh lebih bernuansa, karena 4WD saja memiliki pengaturan yang berbeda.

Untuk benar-benar menjawab pertanyaan ini, dan juga masalah kapan harus digunakan dan kapan tidak menggunakan 4WD, kita perlu memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana 4WD bekerja secara berbeda dari mode AWD, FWD dan RWD lainnya.

Artikel ini akan membahas dasar-dasar drivetrain kendaraan, atau tata letak mesin dan transmisi, sehingga Anda akan tahu di mana kondisi mengemudi untuk melibatkan mereka. Ini akan mencakup secara mendalam pengaturan 4WD yang berbeda, ketika mengemudi di 4 wheel drive di jalan raya relatif aman, cara menggunakan dan memelihara sistem 4WD sehingga akan bertahan lama, ditambah bonus tips mengemudi 4WD.

4WD off-roading
Penggerak empat roda ideal untuk off-road.
Tata Letak Mesin dan Transmisi berbeda
Jika Anda menemukan istilah umum mobil ini “4WD”, “AWD”, “FWD” dan “RWD” tetapi bertanya-tanya apa yang sebenarnya mereka rujuk, ini adalah singkatan untuk penggerak roda empat, semua, depan, dan belakang. . Mereka adalah berbagai jenis tata letak mesin dan transmisi, atau drivetrain kendaraan.

Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga digunakan dalam situasi mengemudi tertentu untuk memastikan keamanan dan kemudahan dalam mengendalikan kendaraan. Misalnya, sistem ini akan sangat memengaruhi seberapa banyak bahan bakar yang terbakar mobil, atau kinerja mobil di trek yang sulit dan tidak rata.

4WD – Penggerak Empat Roda
Penggerak empat roda dan semua roda adalah fitur umum dari crossover dan SUV modern. Kedua istilah mobil ini salah digunakan secara bergantian. Bahkan, mereka sangat berbeda, kecuali untuk kesamaan umum adalah bahwa keempat roda menerima tenaga dari mesin.

Penggerak empat roda populer di truk dan SUV seperti Jeep Wrangler dan Toyota Land Cruiser, kendaraan berat yang ditujukan untuk eksplorasi hutan belantara di trek yang sulit, bergelombang, atau traksi rendah.

Toyota Land Cruiser 4WD
Toyota Land Cruiser, kendaraan 4WD yang populer.
Sebagian besar sistem 4WD adalah sistem paruh waktu yang dapat digunakan saat diperlukan dan kemudian dinonaktifkan, menempatkan kendaraan dalam penggerak dua roda.

Dalam sistem 4WD, setiap roda akan berputar pada kecepatan konstan yang sama dengan yang lainnya. Ini akan lebih menjamin stabilitas dan traksi mobil di tanah yang licin, keras, dan tidak rata saat berkendara di luar jalur.

Sebaliknya, menggunakan 4WD di jalan biasa tidak ideal. Misalnya, ketika mobil 4WD berbelok, roda luar memiliki lebih banyak tanah untuk ditutup sehingga harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam, membuat mobil melompat atau menciptakan suara gosokan ketika Anda mendekati kunci penuh.

14 Kendaraan Off Road Terbaik Yang Bukan Jeep Wrangler
Kapan Menempatkan Kendaraan Anda Di Penggerak 4 Roda?
Pendeknya:

Kapan menggunakan 4WD:
Off-roading.
Jika medannya basah atau licin.
Saat mengangkut atau menarik ke atas atau ke bawah.
Dalam kondisi hujan atau bersalju.
Ketika tidak menggunakan 4WD:
Melakukan perjalanan dengan 4WD di jalan yang datar, mulus, dan kering tidak disarankan, karena akan merusak drivetrain Anda. Juga, ingat bahwa penggerak empat roda memberikan lebih banyak torsi dan menggerakkan semua ban untuk dipindahkan, sehingga tidak membantu Anda berhenti. Selalu bepergian dengan kecepatan yang memungkinkan Anda berhenti dengan aman.

Sementara secara teknis mengemudi di penggerak 4 roda di jalan raya dimungkinkan, namun hanya relatif aman dalam kondisi tertentu. Baca terus untuk mengetahui.

Catatan penting: Penanganan
4WD tidak membantu Anda mengerem lebih baik atau memberi Anda stabilitas lebih saat berbelok. Jadi perlambat ketika Anda berputar dan mengerem lebih cepat.

Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat menggunakan 4WD dalam kondisi hujan atau bersalju, 4WD tidak meningkatkan penanganan di jalan yang tertutup es dan salju. Jika Anda mengemudi lebih cepat daripada kondisi yang memungkinkan, Anda akan jauh lebih mudah untuk membalik dan berguling karena pusat gravitasi yang lebih tinggi.

Catatan penting: Jarak tempuh gas

Saat Anda berada di 4WD, Anda menggunakan lebih banyak roda gigi dan driveshaf dan membuatnya berputar untuk menghasilkan tenaga kuda yang cukup untuk memutar empat roda, bukan hanya dua. Ini memakan lebih banyak bahan bakar daripada 2WD, yang menurunkan jarak tempuh gas Anda. Jika Anda tidak membutuhkan 4WD, matikan dan simpan beberapa adonan di pompa bensin.

Selain itu, ini juga berarti Anda memberikan tekanan berlebih pada drivetrain 4WD Anda, casing diferensial, dan roda gigi. Memperbaiki semua bagian itu akan sangat mahal jadi idealnya, Anda ingin menghindari menggunakan mode 4WD kecuali kondisi jalan dan mengemudi benar-benar diperlukan.

Pengaturan berbeda untuk 4WD
1. Empat Tinggi (4H)
Dalam 4WD rentang tinggi, Anda dapat melakukan perjalanan pada semua kecepatan normal. Sederhananya, 4H digunakan untuk mengemudi pada kecepatan normal ketika Anda membutuhkan traksi ekstra.

Libatkan pengaturan ini saat Anda berada di jalan raya dan basah.