Cara Mengecek dan Mengukur Ban dengan Benar

0
239
Cara Mengecek dan Mengukur Ban dengan Benar
Cara Mengecek dan Mengukur Ban dengan Benar

Meskipun mungkin tampak seperti tugas biasa, menambah angin ban jauh lebih penting bagi mobil Anda daripada yang Anda kira, dan ini menghasilkan pengalaman yang lebih aman dan lebih ekonomis di jalan. Inflasi ban yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan ekonomi bahan bakar kendaraan sangat irit. Penanganan kendaraan juga akan sangat ditingkatkan karena semakin besar beban jejak ban yang meningkat dikarenakan kurangnya tekanan angin, semakin berat untuk keseimbangan tarikan laju mobil.

Sebelum memulai
Untuk menemukan tingkat inflasi ban Anda yang tepat, lihat stiker di pinggir pintu sisi pengemudi. Ini menampilkan pembatasan berat kendaraan dan informasi ban termasuk tekanan ban yang direkomendasikan. Info ini juga ditemukan di bagian perawatan atau perawatan mobil dari manual pemilik kendaraan.

Jangan merujuk pada tanda dinding samping pada ban Anda, yang sebagian menentukan tekanan ban maksimum – bukan tekanan yang disarankan untuk mobil Anda.

Kecuali jika ban Anda terlihat kempes, jangan menilai inflasi hanya dengan melihatnya; Anda harus menggunakan pengukur tekanan ban untuk mendapatkan pembacaan pound per inci persegi (PSI) yang benar. Ada tiga jenis pengukur tekanan ban: digital, slide internal dan dial. Harga berkisar bervariasi untuk yang digital, memiliki tombol pelepas udara. Semua akan melakukan pekerjaan itu, tetapi Anda mungkin ingin mempertimbangkan kondisi di mana Anda akan menggunakan pengukur.

Kiat untuk Memeriksa dan Mengisi Ban
Pabrik ban menyarankan untuk memeriksa ban saat ban kedinginan untuk pembacaan yang paling akurat. Temperatur luar dapat menyebabkan tekanan ban bervariasi sebanyak 1 psi per 10 derajat; suhu yang lebih tinggi berarti bacaan psi lebih tinggi.

Suhu memainkan peran besar dalam psi ban, menambahkan bahwa waktu paling penting pengecekan ini untuk memeriksa tekanan adalah pada musim dingin ketika hari-hari lebih pendek dan suhu rata-rata anjlok.

Periksa ban mobil anda di pagi hari sebelum pergi ke mana pun, karena segera setelah Anda berada di belakang kemudi untuk waktu yang lama, psi akan naik. Jika Anda sudah lama berada di jalan dan melihat psi lebih tinggi di ban mobiAnda, jangan biarkan udara keluar, karena peningkatan tekanan telah meningkat karena ban yang hangat dan terus bergerak.

Apa yang harus dilakukan
Tarik mobil Anda ke permukaan yang rata di tempat teduh.
Lepaskan tutup debu dari batang katup ban.
Dengan menggunakan pengukur ban Anda, tekan dengan kuat ujung pengukur lurus ke batang katup ban untuk sesaat.
Pengukur ban harus memberikan bacaan psi; jika angka tersebut tampak sangat rendah atau tinggi – misalnya, 85 psi atau 1 psi – Anda perlu mengulangi langkah sebelumnya, memastikan bahwa ujung pengukur ban benar-benar menyentuh batang katup.
Jika pembacaan rekaman ban lebih tinggi dari peringkat yang disarankan pabrik, tekan ujung gauge pada batang katup sampai Anda mendengar udara keluar. Periksa kembali tekanan ban.
Jika bacaan lebih rendah dari yang disarankan, Anda harus mengisi ban dengan udara. Jika Anda tidak memiliki kompresor udara di rumah, Anda harus membawa mobil Anda ke tempat pengisian angin ban.  Jangan sekali-kali mengendarai mobil dengan kondisi ban kempes; itu tidak aman dan dapat merusak roda itu sendiri.
Untuk mengisi ban, tekan dengan kuat ujung selang udara ke batang katup. Anda akan mendengar udara memasuki ban dengan pelan. Jika Anda mendengar udara bocor atau menyembur keluar, Anda perlu memeriksa ulang bahwa sambungan antara selang udara dan batang katup ban aman.
Saat Anda merasa telah menambahkan atau mengeluarkan cukup udara, periksa tekanan beberapa kali dengan pengukur.
Pasang kembali tutup debu katup.