Yamaha YZF R1

Kehadiran motor berkapasitas besar di Indonesia memang di batasi, karena dirasa para pabrikan motor berkonsep ini pemasaranya kurang epektif, dengan kemampuan daya beli masyarakat yang ada di Indonesia. tetapi dengan kemajuan perekonomian sekarang ini produsen motor Yamaha akan meluncurkan Yamaha dengan jenis Superbike terbaru, Yamaha YZF-R1 terbaru sudah rilis di EICMA Italia, secara desain dan teknologi mesin banyak sekali yang berubah! Risetnya pun melibatkan pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Wajar jika banyak fitur MotoGP ada di motor ini.

Perubahan karakter mesin pun dilakukan, pada komponen penting crankshaft, perubahan komponen ini dengan tujuan, lebih epektif dan ringan 20 persen saat melakukan langkah kerja, dari produk engkol motor sebelumnya, yang secara dramatis performa mesin meningkatkan respon throttle. Dan penyeimbang kopling primer ringan memiliki bobot diposisikan dekat silinder luar untuk percepatan kuat dan torsi tinggi secara konsisten, bahan dasar piston dibuat ringan berbahan aluminium kualitas tinggi juga merupakan bagian dari resep R1.

Proses perputaran pendinginan oli di bikin lebih cepat, sehingga oli yang di pompa dengan cepat bergerak mengalir dari bawah mengelilingi komponen mesin, hal ini dilakukan, untuk melindungi dan memperkuat daya tahan akan komponen mesin terjadinya gesekan, terutama bagian piston, dan tekanan mesin tinggi di butuhkan bahan ring piston yang kuat dan tahan akan panas, teknologi canggih Yamhaha kali ini menggunakan bahan lapisan karbon berlian-seperti pada wristpins, membantu mengurangi gesekan internal. Demikian pula dilapisi adalah mekanisme rocker-arm baru yang menyediakan angkat katup lebih tinggi durasi lebih lama dari produk terdahulunya.

Produk penyempurnaan kali ini mengadopsi desain utama Yamaha adalah untuk meningkatkan volume asupan udara sekaligus mengurangi kerugian daya. Airbox pada R1 baru adalah tebal 10,5 liter, 23 persen lebih besar dari kotak sebelumnya. Chip Controlled Injection Yamaha, dengan saluran panjang dan pendek elektronik diaktifkan untuk output daya yang optimal dan torsi, tetap digunakan, sementara baru dua-arah, 12-hole injectors semprot bahan bakar di belakang katup intake yang lebih besar, dengan mengalami perubahan dalam segi mesin di harapkan mendapatkan hasil performa dan power mesin yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *