Yamaha WR 125

Bagi perusahan yang terjun di dunia otomotif roda dua di Indonesia, terutama dikelas motor berkosep trail di kelas dengan harga menengah masih terbuka lebar, produsen yang bermain di kelas ini hanya perusahaan Kawasaki dengan KLX 150 nya, dan melenggang sendirian, tanpa saingan yang begitu berarti, padahal pabrikan Yamaha telah lama memproduksi motor varian trail dan selalu sukses di pasaran.

Sebenarnya pabrikan Jepang ini telah memproduksi motor berkonsep trail dan supermoto, hanya saja beredar di dunia otomotif benua Eropa dengan nama motor yamaha WR125R dan supermoto WR125X, entah apa yang menjadi halangan akan beredarnya motor ini di Indonesia, diliha dari spek motor ini di bandingkan Kawasaki D Tracker dan KLX 150,  dimensi Yamaha WR125R dan WR125X memang sedikit lebih bongsor. Ya mungkin, disesuai dengan postur tubuh pengendara di Eropa, panjangnya saja sampai 2 meter, sedang KLX 150 hanya 1,8 meter, begitu juga dengan tingginya Yamaha WR125R dan WR125X lebih jangkung. Karena WR125R (versi trailnya) sudah mengadopsi ban dengan ukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sedang KLX 150  pakai lingkar roda 19 inci dan 16 inci D Tracker masih 14 inci , suatu keuntungan sendiri bukan untuk WR 125 ini.

Mari kita membahas dapur pacu WR 125 ini, dari bentuk dan posisi mesin sama persis dengan produk yang sudah beredar di Indonesia sama memiliki konstruksi kepala silindernya mirip Yamaha Jupiter MX atau Yamaha Vixion dengan menggunakan pendingin air, Satu camshaft tapi memiliki dua rocker arm yang bercabang, Tiap rocker arm menggerakan dua klep artinya SOHC 4 klep, kapasitas mesinnya memang hanya 124,7cc, tapi Yamaha mengklaim powernya mencapai 14,7 dk. Bandingkan dengan Kawasaki KLX 150, khusus di Indonesia kapasitas mesinnya memang ditingkatkan hingga 150cc tapi powernya hanya 11,7 dk, pasti anda penasaran, tunggu saja kehadiran Yamaha WR 125 di negeri tercinta ini, apalagi penggemar motor trail dan supermoto kian bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *