Yamaha M1 MotoGP 2015

Persaingan adu cepat jet darat roda dua, dan adu kemampuan dan teknologi motor terbaru yang canggih di dunia, bisa di lihat dari perkebangan adu gengsi motoGP, dimana pabrikan-pabrikan besar motor dunia berlomba untuk mengeluarkan skill dan kemampuan akan teknologi sebuah motor. Untuk menyambut musim balap baru tahun 2015 ini, Sebuah tim balap MotoGP yang sudah tidak diragukan lagi akan kesiapan motor maupun skill pembalapnya, yakni Movistar Yamaha MotoGP yang mana mereka telah meluncurkan motor terbaru dengan type Yamaha YZR-M1 terbaru mereka untuk musim balap tahun 2015 ini. Pada tahun ini mereka juga masih mengandalkan pebalap yang memiliki skill yang mumpuni yakni Valentino Rossi (46/Italia) dan Jorge Lorenzo (99/Spanyol).

Sedikit bocoran tentang jeroan mesin yang akan membuat motor ini melesat meninggalkan lawannya, motor ini menggunakan teknologi mesin DOHC 4 Silinder Inline with Liquid Cooled berkapasitas 1000 cc yang juga didukung dengan adanya teknologi crossplane crankshaft diklaim dapat menghasilkan tenaga atau daya maksimal mencapai lebih dari240 HP yang dapat mencapai top speed hingga lebih dari 330 km/jam. Bahkan dengan bobot yang hanya seberat 158 kg ini akan menghasilkan angka PWR yang sangat tinggi sehingga membuat performa Yamaha YZR-M1 akan sangat agresif mulai dari putaran bawah sampai dengan putaran atas. Tenaga tersebut akan disalurkan melalui 6 Speed Cassete Gearbox Type yang sudah menggunakan SSG (Shif Seamless Gearbox) yang disempurnakan dari model tahun 2014 lalu sehingga motor akan melakukan perpindahan gigi secara optimal tanpa terjadinya gejala hentakan yang diakibatkan oleh pembakaran kurang sempurna sehingga akan menghasilkan performa yang lebih cepat demi mendapatkan lap-time sekecil mungkin.

Dengan kapasitas mesin yang besar tentu membutuhkan bahan bakar yang besar pula, maka tidak tanggung- tanggung motor ini menggunakan penyimpan bahan bakar dengan kapasitas jumbo  22 liter untuk menjalani balapan yang dilakukan pada kompetisi Grand Prix di tiap negaranya. Untuk si karet bundar Motor ini masih menganalkan merk kelas satu yakni Bridgestone. Untuk sedikit meringankan bobot motor, maka Yamaha YZR-M1 ini menggunakan frame Alumunium Twin Tube DeltaBox, Suspensi Ohline, Pengereman Brembo sedangkan untuk knalpotnya masih menggunakan model yang lama.

Dengan prestasi yang gemilang membuat sponsor enggan meninggalkan tim besar ini, terbukti sponsor utama Movistar masih terbubuh pada beberapa bagian motor balap ini. Menariknya logo “Semakin Di Depan” masih tertempel pada stiker sponsorship Yamaha YZR-M1, sehingga diketahui bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih mendukung secara penuh Yamaha Factory Racing (YFR) MotoGP. Dengan motor terbaru yang mengalami penyempurnaan pada semua bagiannya diharapkan VR|46 dan JL|99 dapat memberikan gelar Championship MotoGP musim 2015 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *