Yamaha Jupiter MX 135

Yamaha Jupiter MX 135 merupakan penyempurnaan dan transformasi dari motor yamaha jupiter MX sebelumnya. Beberapa penyempurnaan jelas terlihat di motor terbaru ini diantaranya pada bagian striping baru yang lebih keren, atraktif dan sporty. Desain lampu depan juga mengalami pembaruan yakni desain eagle eye, yaitu mirip mata elang.

Mesin motor Jupiter MX 135 ini masih berkapasitas mesin sebesar 134,44 cc, 4 langkah, 4 valve SOHC (Single Overhead Camshaft) dengan pendingin cairan (liquid cooled). Sesuatu yang membuatnya beda dengan versi sebelumnya yaitu pada seri terbaru ini telah menggunakan transmisi dengan 5 kecepatan dan motor ini telah mengusung teknologi yang diadopsi dari motor yang tampil di seri MotoGP yaitu “Diasil Cylinder dan Forged Piston” yang berfungsi membuat tenaga yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. Karburator pada motor ini menggunakan karburator tipe Vakum Bikuni BS25 yang berteknologi TPS (Throttle Position Sensor) yang berperan membuat performanya semakin di depan.

Pembaruan lain pada motor ini dilakukan pada sistem transmisi gearnya. Pada seri sebelumnya mereka menggunakan transmisi dengan 4 kecepatan, maka pada seri terbaru ini telah dikembangkan dengan 5 kecepatan. Dengan berbagai pembaruan tersebut, mesin yang dipakainya mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 9,21 kW / 8500 rpm dan torsi maksimal yang mencapai 12,14 Nm / 6000 rpm.

Dalam sebuah uji coba (test ride) yang dilakukan untuk menguji kecepatan, motor ini memiliki akselerasi yang tinggi. Untuk gear 1 mencapai 40 km/jam, gear 2 mencapai 60 km/jam, gear 3 mencapai 80 km/jam, gear 4 mencapai 100 km/jam, dan gear 5 mencapai 120 km/jam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecepatan maksimal pada motor ini mencapai kecepatan 120 km/jam. Motor Jupiter MX memang sudal dikenal sebagai motor yang cepat. Namun selain itu motor ini juga terbilang irit bahan bakar meskipun belum menerapkan teknologi Injeksi Yamaha (YMJET-F1). Dari hasil uji coba, konsumsi bahan bakar dari motor ini mampu menempuh 47,7 km dalam 1 liter.

Untuk teknologi pengereman, motor ini dilengkapi dengan rem cakram dibagian depan dan belakang. Membuatnya berbeda dengan seri sebelumnya yang hanya menerapkan rek cakram di bagian depannya saja sedangkan bagian belakang masih menggunakan tromol. Pembaruan ini membuat pengereman semakin maksimal sehingga keamanan pengendara semakin terjamin.

 

Comments are closed.