Tips Melakukan Kredit Motor Bekas

Kebutuhan kendaraan tidak dapat dipungkiri menjadi kebutuhan primer saat ini. Kehidupan yang dinamis menjadi alasannya, dimana waktu adalah uang. Jika kita tidak menghemat waktu maka ada banyak opportunity cost yang terbuang sia-sia sehingga menjadi sebuah kerugian. Dengan alasan menghemat waktu inilah, setiap orang setidaknya pasti memiliki motor sebagai penunjang efektifitas. Meskipun telah memiliki mobil, tapi rasanya jika tidak memiliki sepeda motor maka tetap saja ada yang kurang untuk menjalankan setiap aktifitas kita.

Pada dasarnya memiliki sepeda motor memang memiliki banyak keuntungan. Selain tentunya hemat waktu di atas, juga secara biaya lebih murah dibandingkan mobil. BBM yang irit meskipun harus menempuh perjalanan jarak jauh adalah salah satu buktinya. Sehingga seperti disampaikan di atas, meskipun telah memiliki mobil, orang tetap berusaha untuk membeli motor. Dengan demikian motor bekas adalah solusinya. Ada beberapa alasan mengapa orang membeli motor bekas dibandingkan motor baru:

  1. Secara harga lebih murah, apalagi jika membeli secara tunai.
  2. Motor terkadang diberlakukan seperti halnya fashion yang sering berganti mode, sehingga dengan membeli motor bekas maka dimungkinkan untuk sering berganti-ganti model sepeda motor.
  3. Bagi penggemar otomotif, motor bekas adalah sarana untuk menyalurkan hobi, bisa untuk modifikasi atau eksperimen lainnya.

Meskipun harganya secara tunai lebih murah dibandingkan dengan motor baru, namun ada kalanya orang melakukan kredit motor bekas untuk memiliki kendaraan ini.

Jika anda bingung berpikir bagaimana caranya? Maka sebenarnya ada banyak perusahaan finance atau pembiayaan yang menyediakan produk kredit kendaraan second seperti ini. Saking banyaknya perusahaan pembiayaan, terkadang banyak konsumen bingung memilih dan terkadang terjebak pada perusahaan yang salah. Akhirnya alih-alih memiliki motor, anda malah terlilit hutang dan bisa-bisa motor anda diambil paksa oleh perusahaan pembiayaan ini.

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan kredit kendaraan bekas:

  • Cermati bunga yang dibebankan. Lebih baik memilih perusahaan yang membebankan bunga dengan sistem prosentase daripada yang membebankan dengan jumlah nominal uang.
  • Lihat umur penggunaan dari kendaraan tersebut. Perhitungkan masa kredit anda dengan umur kendaraan tersebut. Jangan sampai harga jual dari kendaraan ini lebih kecil dari besaran kredit yang anda lakukan jika akan dijual kembali.
  • Lebih baik menggunakan uang muka yang lumayan besar agar anda tidak dibebani dengan bunga yang besar pula.

Ada baiknya anda menghitung kemampuan keuangan anda sebelum melakukan kredit ini. Artinya anda harus menghitung dengan cermat berapa angsuran yang harus anda lakukan tiap bulan, kemudian lihat apakah anda sebelumnya telah memiliki tanggungan. Usahakan total hutang anda termasuk pembayaran kredit ini tidak lebih dari 30% dari total penghasilan anda. Tidak masalah anda menanyakan semua persyaratan dan hal-hal yang berkaitan dengan perjanjian kredit motor bekas ini, toh anda barang pasti akan anda beli bukan?

Selain masalah pembayaran yang harus anda perhatikan, anda juga harus ingat bahwa ketika anda membeli kendaraan bekas berarti pada saat itu anda juga harus mempersiapkan dana perawatan yang sedikit lebih besar dibandingkan kendaraan baru. Karena semakin panjang umur motor dan telah digunakan sekian kilometer tentu ada beberapa onderdil yang harus dirawat bukan? Maka sebelum membeli periksa juga kilometer dari kendaraan ini, termasuk kondisi mesinnya. Akan lebih baik jika anda membeli kendaraan ini dari orang yang anda kenal sebelumnya, dan usahakan hanya dimiliki oleh satu orang sebelumnya. Bukan dari tangan kedua, usahakan masih dari tangan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *