Teknologi Yamaha Jupiter Z1

Persaingan pabrikan motor bebek di kelas menengah terutama bahan dasar motor balapan lokal(road race) semakin berat, dengan banyaknya perkembangan teknologi terbaru dari pabrikan-pabrikan besar, salah satunya teknologi hasil ramuan pabrikan Jepang Yamaha dengan hadirnya Yamaha Jupiter Z1, penyempurnaan dari teknologi terdahulu sangat terlihat pada mesin dan penyuplai bahan bakar, terbukti bebek Sport Injeksi yang merupakan motor pendominasi dan pemenang di kejuaraan balap nasional yaitu Indoprix 2013 lalu ini akan menawarkan beberapa perubahan. Nah apa sajakah perubahan Yamaha Jupiter Z1 dari versi sebelumnya.

Arena balapan lokal (pasar senggol) bisa dijadikan tolak ukur kemampuan dan ketahanan mesin, untuk spesifikasi dan desain yang dimiliki oleh Yamaha Jupiter Z1 terbaru ini bisa dibilang sama persis yakni memiliki kubikasi ruang pembakaran yang berkapasitas 115 cc dengan teknologi andalan mereka yakni FI (Fuel Injection System) dan Forged Piston yang mereka unggulkan. Yang menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya adalah penyegaran striping yang membuat lebih menarik dan tampil lebih sporty. Selain itu perbedaan lainnya yang menjadi keunggulan motor bebek andalan Yamaha Indonesia ini adalah emisi gas buangnya yang diklaim sudah memenuhi standar EURO 3 sehingga Yamaha Jupiter Z1 ini lebih ramah lingkungan. Selain itu juga masih banyak keunggulan lain pada motor Yamaha ini.

Dengan keberhasilan ramuan mesin pabrikan Yamaha ini, terbukti dengan banyaknya tim pasar senggol yang menggunakan produk Yamaha Jupiter Z1, pada bebek tangguh andalan Yamaha yang memiliki 6 varian striping ini ternyata spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 terbaru ini tidak membuat perubahan desain yang begitu terasa. Dimana Yamaha Jupiter Z1 ini masih tampil dengan konsep desain sport bebek modern saat ini yakni memiliki sayap samping yang tegas dengan dual layer semakin menambah kesan sporty pada motor ini. Apalagi pada dada bagian depan yang memiliki bentuk seperti bebek sport mereka yakni Jupiter MX di mana memiliki lampu sein di sampingnya akan memberikan kesan motor bebek tangguh sekaligus memberikan sistem aerodinamis yang maksimal.

Untuk urusan ketahanan dan kemampuan balap motor bebek kelas underbone produk hasil Yamaha sudah tidak diragukan lagi, dimensi rangka yang begitu signifikan karena Yamaha Jupiter Z1 bahan bakarnya adalah 4,1 liter yang dirasa sudah cukup banyak untuk dapat menempuh perjalanan jauh.ini sangat potensial dalam berlaga di ajang balap nasional baik itu Indoprix maupun Motoprix. Di mana Yamaha Jupiter Z1 ini telah memenangkan ajang balap tersebut.

Mengenai proses ruang bakar Yamaha hampir sama dengan mesin terdahulunya, penyempurnan dilakukan pada kepala silinder atau head, platuk dan noken as menggunakan bearing, dengan hal ini Jupiter Z1 lebih enteng mendapat torsi putaran bawah kapasitas mesin masih menggunakan mesin 4 langkah berkapasitas 113,7 cc dengan SOHC 2 valve berpendingin udara yang akan menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10.06 PS dengan torsi maksimal mencapai 9.9 Nm tentu akan terasa sangat powerfull. Perlu diketahui bahwa dengan tenaga yang tangguh tersebut menempatkan Yamaha Jupiter Z1 pada posisi puncak pada motor bebek underbone dikelasnya. Ketangguhan tersebut sudah dibuktikan di ajang balap nasional yaitu Indoprix dan Motoprix. Di mana Yamaha Jupiter Z1 ini keluar sebagai juara pada beberapa musim balap belakangan ini. untuk kendaraan harian motor ini menggunakan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System maka aliran bahan bakar akan semakin efisien dalam melakukan proses pembakaran bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *