Perbaedaan Lampu Hid Dan Halogen Motor

Hello para rider. Tertarik memakai lampu hid untuk motornya? Mahalkah harga lampu hid motor? lampu hid motor  terbilang standar. Tergantung brand dan warnanya Kali ini kami akan membahas apa itu lampu hid?

High Intensity Discharge lamps adalah sebuah tipe lampu elektronik yang sinarnya dikeluarkan oleh  busur listrik diantara elektroda tungsten yang berada di dalam gelas kaca, berbeda dengan jenis lampu halogen yang menggunakan filamen sebagai sumber pensinaran.

Perbaedaan Lampu Hid Dan Halogen Motor

Perbedaan High Intensity Discharge lamps  dengan lampu halogen biasa bisa diamati dengan jelas. Keunggulan yang paling terlihat adalah pada umumnya High Intensity Discharge lamps  menghasilkan sinar putih dan biru yang sangat terang, sedangkan lampu halogen hanya memancarkan sinar kuning biasa, corak High Intensity Discharge lamps  di tentukan oleh satuan kelvin, pilihan tersedia dari 3000k sampai 30.000 kelvin, semakin tinggi derajatnya maka sinar yang dikeluarkan semakin kebiruan.

selain temperatur 3000-30.000K, High Intensity Discharge lamps  juga tersedia dalam pilihan corak special colour yang menarik. corak putih, kuning, pink, hijau, biru adalah jenis corak khusus yang juga tersedia.

Dengan daya 35 watt, High Intensity Discharge lamps  bisa menghasilkan sinar hampir tiga kali lipat dibanding dengan sinar yang dikeluarkan oleh lampu halogen 55 watt. Dengan life time lebih dari 3000 jam maka High Intensity Discharge lamps  bisa diandalkan untuk menemani perjalanan malam rider.

Salah satu kekurangan High Intensity Discharge lamps  adalah harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan lampu Halogen, tetapi bersamaan dengan waktu harga High Intensity Discharge lamps  telah turun dengan drastis.

HID set type H4 untuk mobil yang dulu berharga 2 juta, sekarang bisa diperoleh dengan harga 800rb rupiah bergaransi 1 tahun, sinar super terang yang menjadi keunggulan High Intensity Discharge lamps  juga menjadi kelemahan, karena bisa menyilaukan pengendara didepannya, tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan penggunaan proyektor.

Proyektor akan memotong sinar berlebihan yang keluar dari High Intensity Discharge lamps  rider, selain itu penggunaan proyektor akan meningkatkan daya jangkau sinar HID karena sinar yang keluar akan lebih fokus, ada beberapa tipe proyektor yang tersedia sehingga memudahkan pemasangan dan beberapa tipe proyektor dilengkapi pula dengan Angel Eye dan Demon Eye terintegrasi sehingga menambah nilai estetika kendaaran rider.

Pilihlah proyektor yang berkualitas dan bergaransi panjang, minimal 1 tahun. karena proyektor berharga murah sering kali mengabaikan kualitas, setelah pemakaian beberapa lama akan mengakibatkan lapisan kromnya terkelupas, sehingga intensitas sinar yang  dikeluarkan jauh berkurang.

Kelengkapan HID berupa Bohlam Lampu, Ballast dan Kabel set/relay (pada beberap merk, kabel tersebut sudah menyatu atau satu set dengan Ballast).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *