PERAWATAN MESIN MOBIL  

 

Pengecekan berkala untuk kendaraan tentunya sering dilupakan karena mungkin mobil yang anda kendarai terasa aman dan nyaman, namun jangan salah jika hal perawatan mesin mobil anda sepelekan maka akan berakibat kerugian bagi anda sendiri. Kebiasaan banyak orang yang melakukan perbaikan mobil ketika terjadi kerusakan saja tanpa memperhatikan bagaimana cara merawatnya.

Tentu kerusakan tersebut kita sadari ketika mobil kita misalnya tiba – tiba mogok ataupun ketika diperiksakan ke bengkel ternyata harus ada yang diganti sampai harus memakan biaya yang cukup mahal, lalu kenapa harus menuggu hal yang tidak diingankan terjadi? Mencegah tentunya lebih baik kan daripada mengobati?

Nah karena kebiasaan tersebut mungkin ada alasannya, misalkan kita tidak terlalu paham apa yang harus kita lakukan untuk memeriksa mobil entah itu pada Rem, Oli, Oil Filter, dsb. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk mencegah mobil anda agar tidak terjadi masalah pada mesin dengan tiba – tiba.

Pastikan dipagi hari sebelum memanaskan mesin cek rutin seperti Volume oli, air accu, minyak rem, oli power stering, minyak kopling, air radiator, dan volume air washer. Catat saja dan biasakan untuk selalu di cek apakah masih banyak volumenya atau harus segera diganti, jangan sampai volume tersebut kering. Hal tersebut jika anda tidak mengetahuinya maka harus dirutinkan untuk service ringan ke bengkel, namun sedikit demi sedikit anda harus mencoba untuk dapat mengetahui letak komponen yang harus anda rawat.

Hati – hati juga pada saat akan melakukan perjalan jauh karena beresiko tinggi jika salah satu bagian mesin mengalami kahausan oli, karena jika mogok tentunya akan membuat anda khawatir apalagi harus melewati perjalanan pada malam hari. Jika anda melakukan service ringan dengan rutin maka itu akan menjaga mesin anda dari kerusakan fatal, dan bahkan mungkin suatu saat kendaraan anda harus turun mesin.

Mobil tentunya harus benar – benar dirawat apalagi pada Rem karena tidak sedikit kecelakaan terjadi karena salah satu komponen terpenting pada mobil gagal saat beroperasi. Pastikan anda mempunyai schedule untuk selalu memperhatikan kendaraan anda.

 

Comments are closed.